Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun melalui Bermain Pasir Ajaib

Authors

  • Dwi Suratin Pendidikan Guru Pendidik Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Choirun Nisak Aulina Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i1.2175

Keywords:

Kemampuan Motorik Halus, Media Pasir Ajaib, Anak Usia Dini

Abstract

Kemampuan motorik halus sangat penting untuk dikembangkan karena akan berdampak pada masa depan anak saat besar nanti. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas kegiatan bermain menggunakan media pasir ajaib dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di KB Permata Sunnah Sidoarjo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart, melibatkan 12 anak sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Pada pra-siklus, kegiatan motorik halus menggunakan media konvensional menunjukkan hasil yang kurang optimal, dengan pencapaian sebesar 35,4%. Setelah intervensi menggunakan pasir ajaib pada Siklus I dan Siklus II, terjadi peningkatan signifikan menjadi 64% dan 97,2%. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan media pasir ajaib efektif dalam meningkatkan koordinasi mata-tangan, kemampuan menjumput, dan menggenggam anak. Implikasi dari penelitian ini menegaskan pentingnya penggunaan media bermain yang bervariasi dalam pembelajaran untuk mendukung perkembangan motorik halus anak secara optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprida, S. N., & Suyadi, S. (2022). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2462–2471. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1959

Case-Smith, J., Frolek Clark, G. J., & Schlabach, T. L. (2013). Systematic review of interventions used in occupational therapy to promote motor performance for children ages birth-5 years. American Journal of Occupational Therapy, 67(4), 413–424. https://doi.org/10.5014/ajot.2013.005959

Eliasson, A. C., Krumlinde-Sundholm, L., Gordon, A. M., Feys, H., & Klingels, K. (2020). The evidence-based use of play in pediatric rehabilitation: A review. Developmental Medicine & Child Neurology, 62(3), 350–358.

Fauziddin, M., & Ningrum, M. A. (2024). Symantic Literature Review : Manfaat Artificial Intelligence ( AI ) pada Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(6), 1475–1488. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6236

Ginsburg, K. R. (2008). The importance of play in promoting healthy child development and maintaining strong parent-child bonds. Nascer e Crescer, 17(4), 247–248. https://doi.org/10.1542/9781581108613-part05-the_importance

Kartika, W. (2022). Penggunaan Pasir Kinetik dalam Meningkatkan Motorik Halus Siswa PAUD. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 45–57.

Khalimah, N., & et al. (2019). Pengaruh Media Pasir Kinetik terhadap Koordinasi Motorik Halus Anak Prasekolah. Jurnal Psikologi Perkembangan, 7(2), 98–112.

Marzano, R. J. (2008). The art and science of teaching: a comprehensive framework for effective instruction. In Choice Reviews Online (Vol. 45, Issue 11). ASCD. https://doi.org/10.5860/choice.45-6316

Morgan, P. L., Farkas, G., & Wu, Q. (2011). Kindergarten children’s growth trajectories in reading and mathematics: Who falls increasingly behind? Journal of Learning Disabilities, 44(5), 472–488. https://doi.org/10.1177/0022219411414010

Nurhidayah, L. (2018). Manfaat Pasir Kinetik dalam Pengembangan Motorik Halus Anak. Journal of Early Childhood Learning, 4(3), 110–125.

Pianta, R. C. (2021). Enhancing the outcomes of preschool education through professional development interventions. American Psychologist, 75(5), 681–693.

Piek, J. P., Dawson, L., Smith, L. M., & Gasson, N. (2008). The role of early fine and gross motor development on later motor and cognitive ability. Human Movement Science, 27(5), 668–681. https://doi.org/10.1016/j.humov.2007.11.002

Santrock, J. W. (2021). Child Development (14th ed.). McGraw-Hill.

Smith, P. K., Cowie, H., & Blades, M. (2021). Understanding children’s development (6th ed.). Wiley.

Vygotsky, L. S. (1967). Play and Its Role in the Mental Development of the Child. Soviet Psychology, 5(3), 6–18. https://doi.org/10.2753/rpo1061-040505036

Downloads

Published

2025-01-29

How to Cite

Suratin, D., & Aulina, C. N. (2025). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun melalui Bermain Pasir Ajaib . Journal of Education Research, 6(1), 131–138. https://doi.org/10.37985/jer.v6i1.2175

Issue

Section

Articles

Categories