Designing BMC Projects in Creative and Enterpreneurial Learning : A Case Study in Vocational Education
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i2.2171Keywords:
Perencanaan, Pembelajaran PKK, bmcAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisa perencanaan Proyek Pembuatan BMC (Business Model Canvas) pada Pembelajaran PKK (Projek Kreatif dan Kewirausahaan). Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran PKK melalui proyek pembuatan BMC meliputi penentuan tujuan, penentuan jadwal, penentuan guru, penentuan kelas, pembuatan modul ajar, pembuatan aturan serta penentuan fasilitas yang dibutuhkan untuk proyek BMC pada pembelajaran PKK. Agar perencanaan dapat berjalan dengan maksimal maka dibutuhkan koordinasi antara pihak-pihak yang terlibat didalamnya yaitu wakil kepala sekolah bagian kurikulum, kepala konsentrasi keahlian, wali kelas dan guru mata pelajaran PKK. Penelitian ini diharapkan mampu berkontribusi terhadap pengelolaan pembelajaran PKK pada praktek pembelajaran di SMK. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah dapat menjadi sumber referensi bagi pengelolaan pembelajaran PKK sehingga tidak hanya fokus pada pelaksanaan proyek tetapi juga perlu merancang sebuah perencanaan proyek yang matang.
Downloads
References
Adirmawan. (2022). Strategi Pengembangan Sekolah dengan Menerapkan Pembelajaran Berbasis Tefa (Teaching Factory) untuk Mewujudkan SMK BLUD di SMKN 1 Buer Kabupaten Sumbawa. Justek : Jurnal Sains Dan Teknolog, 5(2), 354–361. https://doi.org/10.31764/justek.v512.11795
Akyuwen, J. S., Kempa, R., & Rumfot, S. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Teaching Factory (TEFA) pada SMK Pusat Keunggulan yang Ada di Kota Ambon. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1145–1154. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.407
Ardita, Y. (2024). Manajemen Kelas Atlet di SMA Laboratorium Percontohan UPI Bandung. Universitas Negeri Surabaya.
Azmii, R., & Dyah Utami, R. (2022). Penguatan Disiplin dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Rules and Procedures pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6320–6328. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3238
Daulay, S. H., Fitriani, S. F., & Ningsih, E. W. (2022). Pengaruh Fasilitas Sekolah terhadap Kemampuan dan Motivasi Belajar Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3731–3738. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2553
Dwiputranti, M. I., Putri, I. G. A. P. T., & Nugroho, M. S. (2024). Pelatihan Penyusunan Business Model Canvas bagi Siswa SMKN 1 Mas Ubud untuk Meningkatkan Keterampilan Berwirausaha. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(2), 2793–2800. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i2.3372
Harahap, N. F., Siregar, S. U., & Harahap, R. D. (2023). Pengaruh Manajemen Kelas terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Fungsi Kuadrat. Jurnal Basicedu, 7(1), 612–620. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4662
Irawan, M. F., Zulhijrah, & Prastowo, A. (2023). Perencanaan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Project Based Learning pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Pionir : Jurnal Pendidikan, 12(3), 38–46.
Kemendikbudristek. (2024). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 032/H/KR/2024.
Kurniawan, A., Sari, M. N., Sianipar, D., Hutapea, B., Supriyadi, A., Rahman, A., Akbar, M. A., & Purba, S. (2022). Manajemen kelas (A. Yanto & T. P. Wahyuni (eds.)). PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI
Noviearty, L., Berliani, T., & Setiawan. (2020). Manajemen Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Equity In Education Journal, 2(1), 54–61. https://doi.org/10.37304/eej.v2i1.1687
Nursalim, M. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. In Bayu Mandiri. CV. Bayu Mandiri.
Rahmi, E., Cerya, E., & Friyatmi, F. (2022). Upgrading Skill Kewirausahaan Siswa SMK Melalui Pelatihan Penyusunan Business Model Canvass Berbasis Digital. Manaruko: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.24036/manaruko.v1i1.8i1
Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Winarji, B., Jumiatmoko, Zuhro, N. S., Fitrianingtyas, A., Agustina, P., & Widiastuti, Y. K. W. (2023). Manajemen Pembelajaran Proyek pada Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3159–3168. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4633
Riyanto, Y., & Oktariyanda, T. A. (2023). Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Unesa University Press.
Rokhmawati, Mahmawati, D., & Yuswandari, K. D. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Meningkatkan Mutu Pendidik). Joedu : Jurnal of Basic Education, 2(1).
Sari, D. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMKN 6 Yogyakarta. Dewantara Seminar Nasional Pendidikan, 1–9.
Sholahuddin, M., Ngafwan, Effendy, M., Wajdi, M. F., & Surono, A. (2023). Meningkatkan Kompetensi Wirausaha Siswa SMK melalui Pelatihan BMC. AJAD : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 413–418. https://doi.org/10.59431/ajad.v3i3.234
Sihwadi, S., Santoso, B., Kuat, T., & Mahmudah, F. N. (2023). Meningkatkan Jiwa Wirausaha Melalui Pengembangan Pembelajaran Berbasis Produk pada Siswa SMK. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 986–1000. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.320
Suhartini, Y., Muchlas, & Kuat, T. (2022). Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Edupreneurship di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 4833–4849.
Supriyati, A., Nyoman, N. A., & Miyono, N. (2023). Perencanaan Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada SMK Pusat Keunggulan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1037–1043. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1334
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Indira Missa Mallini, Amrozi Khamidi, Mochammad Nursalim, Yatim Riyanto, Ayu Wulandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).