Designing BMC Projects in Creative and Enterpreneurial Learning : A Case Study in Vocational Education

Authors

  • Indira Missa Mallini Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Amrozi Khamidi Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Mochammad Nursalim Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Yatim Riyanto Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Ayu Wulandari Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i2.2171

Keywords:

Perencanaan, Pembelajaran PKK, bmc

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisa perencanaan Proyek Pembuatan BMC (Business Model Canvas) pada Pembelajaran PKK (Projek Kreatif dan Kewirausahaan). Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran PKK melalui proyek pembuatan BMC  meliputi penentuan tujuan,  penentuan jadwal, penentuan guru, penentuan kelas, pembuatan modul ajar, pembuatan aturan serta penentuan fasilitas yang dibutuhkan untuk proyek BMC pada pembelajaran PKK.  Agar perencanaan dapat berjalan dengan maksimal maka dibutuhkan koordinasi antara pihak-pihak yang terlibat didalamnya yaitu wakil kepala sekolah bagian kurikulum, kepala konsentrasi keahlian, wali kelas dan guru mata pelajaran PKK.  Penelitian ini diharapkan mampu berkontribusi terhadap pengelolaan pembelajaran PKK pada praktek pembelajaran di SMK. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah dapat menjadi sumber referensi bagi pengelolaan pembelajaran PKK sehingga tidak hanya fokus pada pelaksanaan proyek tetapi juga perlu merancang sebuah perencanaan proyek yang matang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adirmawan. (2022). Strategi Pengembangan Sekolah dengan Menerapkan Pembelajaran Berbasis Tefa (Teaching Factory) untuk Mewujudkan SMK BLUD di SMKN 1 Buer Kabupaten Sumbawa. Justek : Jurnal Sains Dan Teknolog, 5(2), 354–361. https://doi.org/10.31764/justek.v512.11795

Akyuwen, J. S., Kempa, R., & Rumfot, S. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Teaching Factory (TEFA) pada SMK Pusat Keunggulan yang Ada di Kota Ambon. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1145–1154. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.407

Ardita, Y. (2024). Manajemen Kelas Atlet di SMA Laboratorium Percontohan UPI Bandung. Universitas Negeri Surabaya.

Azmii, R., & Dyah Utami, R. (2022). Penguatan Disiplin dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Rules and Procedures pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6320–6328. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3238

Daulay, S. H., Fitriani, S. F., & Ningsih, E. W. (2022). Pengaruh Fasilitas Sekolah terhadap Kemampuan dan Motivasi Belajar Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3731–3738. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2553

Dwiputranti, M. I., Putri, I. G. A. P. T., & Nugroho, M. S. (2024). Pelatihan Penyusunan Business Model Canvas bagi Siswa SMKN 1 Mas Ubud untuk Meningkatkan Keterampilan Berwirausaha. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(2), 2793–2800. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i2.3372

Harahap, N. F., Siregar, S. U., & Harahap, R. D. (2023). Pengaruh Manajemen Kelas terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Fungsi Kuadrat. Jurnal Basicedu, 7(1), 612–620. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4662

Irawan, M. F., Zulhijrah, & Prastowo, A. (2023). Perencanaan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Project Based Learning pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Pionir : Jurnal Pendidikan, 12(3), 38–46.

Kemendikbudristek. (2024). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 032/H/KR/2024.

Kurniawan, A., Sari, M. N., Sianipar, D., Hutapea, B., Supriyadi, A., Rahman, A., Akbar, M. A., & Purba, S. (2022). Manajemen kelas (A. Yanto & T. P. Wahyuni (eds.)). PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI

Noviearty, L., Berliani, T., & Setiawan. (2020). Manajemen Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Equity In Education Journal, 2(1), 54–61. https://doi.org/10.37304/eej.v2i1.1687

Nursalim, M. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. In Bayu Mandiri. CV. Bayu Mandiri.

Rahmi, E., Cerya, E., & Friyatmi, F. (2022). Upgrading Skill Kewirausahaan Siswa SMK Melalui Pelatihan Penyusunan Business Model Canvass Berbasis Digital. Manaruko: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.24036/manaruko.v1i1.8i1

Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Winarji, B., Jumiatmoko, Zuhro, N. S., Fitrianingtyas, A., Agustina, P., & Widiastuti, Y. K. W. (2023). Manajemen Pembelajaran Proyek pada Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3159–3168. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4633

Riyanto, Y., & Oktariyanda, T. A. (2023). Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Unesa University Press.

Rokhmawati, Mahmawati, D., & Yuswandari, K. D. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Meningkatkan Mutu Pendidik). Joedu : Jurnal of Basic Education, 2(1).

Sari, D. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMKN 6 Yogyakarta. Dewantara Seminar Nasional Pendidikan, 1–9.

Sholahuddin, M., Ngafwan, Effendy, M., Wajdi, M. F., & Surono, A. (2023). Meningkatkan Kompetensi Wirausaha Siswa SMK melalui Pelatihan BMC. AJAD : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 413–418. https://doi.org/10.59431/ajad.v3i3.234

Sihwadi, S., Santoso, B., Kuat, T., & Mahmudah, F. N. (2023). Meningkatkan Jiwa Wirausaha Melalui Pengembangan Pembelajaran Berbasis Produk pada Siswa SMK. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 986–1000. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.320

Suhartini, Y., Muchlas, & Kuat, T. (2022). Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Edupreneurship di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 4833–4849.

Supriyati, A., Nyoman, N. A., & Miyono, N. (2023). Perencanaan Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada SMK Pusat Keunggulan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1037–1043. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1334

Downloads

Published

2025-04-08

How to Cite

Mallini, I. M., Khamidi, A., Nursalim, M., Riyanto, Y., & Wulandari, A. (2025). Designing BMC Projects in Creative and Enterpreneurial Learning : A Case Study in Vocational Education. Journal of Education Research, 6(2), 270–279. https://doi.org/10.37985/jer.v6i2.2171

Issue

Section

Articles

Categories