Permainan Papan Kantong Pola sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.217Abstract
Kemampuan berpikir logis anak dapat dikembangkan melalui kegiatan yang menyenangkan salah satunya yaitu dengan permainan papan kantong pola ABC-ABC. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir logis melalui kegiatan permainan kantong papan pola anak pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang meliputi dua siklus. Setiap siklus terdapat perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi karena menggunakan model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian sebanyak enam belas anak umur empat sampai lima tahun di TK Negeri Pembina Sidoarjo. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan catatan lapangan dokumentasi. Model Miles dan Hubberman digunakan dalam analisis, dan analisis deskriptif atau persentase digunakan dalam analisis data kuantitatif. Hasil menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir logis anak setelah diberi permainan papan kantong pola.
Downloads
References
Arikunto, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara .
Asmayati, N., Haida, R. N., & Yarliani, I. (2022). Penggunaan Media Papan Pola Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kajian Pendidikan dan Keguruan, Vol.2/ No.1 49-70.
Cahyana, & Martha, L. (2018). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Papan Flanel Di Taman Kanak-Kanak Kasih Bunda Kampung Kalipapan Kecamatan Negeri Agung Kabupaten Way Kanan. UIN Raden Intan Lampung, Thesis.
Istiqomah, N., & Maemonah, M. (2022). Konsep Dasar Teori Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Menurut Jean Piaget. Khazanah Pendidikan : Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol.15/No.2 151-158.
Kemendikbud. ( 2020). Bermain Matematika Yang Menyenangkan Dengan Anak Di Rumah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan RI.
Lestari, D. (2018). Peningkatan Kemampuan Kognitif (Mengenal Pola ABCD-ABCD) melalui Aktivitas Meronce Pada Kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 650-656.
Maimanah, S., Musayyadah, & Prasetyo, D. (2022). Pengembangan Media Labirin Berbasis Loose Part untuk Perkembangan. Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.2/No.2 25-35.
Marpirah, D., & Fadillah. (2020). Kemampuan Mengenal Pola ABCD Dengan Media Gambar Di Taman Kanak-Kanak Pgri Karya Nilam Ketapang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol.3/No.8 1-11 http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i8.5880.
Maulana, R. I., & Ritonga, F. U. (2022). Penerapan Metode Fun-Learning Tingkatkan Kemampuan Akademik Anak Di Panti Asuhan Baitul Amanah Irwansyah Dakhi. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Vol.3/No.1 96-106.
Nurrahman, A. (2019). Peran Serta Media Pembelajaran dalam Menfasilitasi Pembelajaran Anak Usia Dini . Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 7/No.2 101-105.
Rohimah, & Aprianti. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Untuk Anak Usia Dini melalui Kegiatan Membentuk Plastisin. Jurnal Ceria , Vol. 03/ No. 01 93–101.
Ruslianti, Sabariah, Saqinah, F., & Susanti, D. (2023). Perkembangan Otak Anak Usia Dini dan Dampaknya pada Kehidupan Seumur Hidup. Jurnal Tambora , Vol. 7/No.1 302-311.
Setiawan, A., Gunawan, S., & Muslihati. (2022). Kebijakan Inovasi Pendidikan dalam Standar Nasional Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, Vol.2/No.1 1-14 https://journal.uinsi.ac.id/index.php/syamil/article/view/1857.
Sudjono, A. (2018). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.
Susilawati, E. (2023). Bermain Aktif untuk Tingkatkan Percaya Diri Anak Usia Dini Pada Masa New Normal. Jurnal Ilmiah Potensia, Vol.8/ No.1 95-102 https://doi.org/10.33369/jip.8.1. 95-102.
Ulfah, F., & Nuraffiyah, C. (2022). Mengembangkankemampuan Berpikir Logis Melalui Media Papan Pola pada Anak Usia 4-5 Tahun(Penelitian Tindakan di Kelas A PAUD Kober Birulwaliden Kecamatan Cilawugarut). Jurnal Anaking, Vol.1/No.1 1-8.
Wirdah, F., Yuhasriati, Fauzia, S. N., Yeniningsih, T. K., & Rizka, S. M. (2022). Pengembangan Busy Book Untuk Kegiatan Bermain Pola Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.7/No.2 33-44.
Yuniati, S., & Rohmadheny, P. S. (2020). Bermain Peran: Sebuah Metode untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.5/No.1 60-69 10.31004/obsesi.v5i1.509.
Yuriansa, A. (2022). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak melalui Bermain Pola Di TK IT Azkia Cadek Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Islam Pesantren, Pendidikan dan Sosial, Vol.1/No.1 103-118.
Yusuf, R. N., Khoeri, N. S., Herdiyanti, G. S., & Nuraeni, E. D. (2023). Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak . Jurnal Plamboyan, Vol.1, No.1 37-44.
Zippert, E. L., Douglas, A.-A., & Rittle-Johnson, B. (2020). Finding Patterns in Objects and Numbers: Repeating Patterning in pre-K Predicts Kindergarten Mathematics Knowledge. Journal of Experimental Child, https://doi.org/10.1016/j.jecp.2020.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Lilik Isro’atin, Ruqoyyah Fitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).