Permainan Papan Kantong Pola sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini

Authors

  • Lilik Isro’atin Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, PPG Prajabatan Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Ruqoyyah Fitri S2 Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.217

Abstract

Kemampuan berpikir logis anak dapat dikembangkan melalui kegiatan yang menyenangkan salah satunya yaitu dengan permainan papan kantong pola ABC-ABC. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir logis melalui kegiatan permainan kantong papan pola anak pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang meliputi dua siklus. Setiap siklus terdapat perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi karena menggunakan model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian sebanyak enam belas anak umur empat sampai lima tahun di TK Negeri Pembina Sidoarjo. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan catatan lapangan dokumentasi. Model Miles dan Hubberman digunakan dalam analisis, dan analisis deskriptif atau persentase digunakan dalam analisis data kuantitatif. Hasil menunjukkan bahwa  terdapat peningkatan kemampuan berpikir logis anak setelah diberi permainan papan kantong pola.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara .

Asmayati, N., Haida, R. N., & Yarliani, I. (2022). Penggunaan Media Papan Pola Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kajian Pendidikan dan Keguruan, Vol.2/ No.1 49-70.

Cahyana, & Martha, L. (2018). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Papan Flanel Di Taman Kanak-Kanak Kasih Bunda Kampung Kalipapan Kecamatan Negeri Agung Kabupaten Way Kanan. UIN Raden Intan Lampung, Thesis.

Istiqomah, N., & Maemonah, M. (2022). Konsep Dasar Teori Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Menurut Jean Piaget. Khazanah Pendidikan : Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol.15/No.2 151-158.

Kemendikbud. ( 2020). Bermain Matematika Yang Menyenangkan Dengan Anak Di Rumah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan RI.

Lestari, D. (2018). Peningkatan Kemampuan Kognitif (Mengenal Pola ABCD-ABCD) melalui Aktivitas Meronce Pada Kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 650-656.

Maimanah, S., Musayyadah, & Prasetyo, D. (2022). Pengembangan Media Labirin Berbasis Loose Part untuk Perkembangan. Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.2/No.2 25-35.

Marpirah, D., & Fadillah. (2020). Kemampuan Mengenal Pola ABCD Dengan Media Gambar Di Taman Kanak-Kanak Pgri Karya Nilam Ketapang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol.3/No.8 1-11 http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i8.5880.

Maulana, R. I., & Ritonga, F. U. (2022). Penerapan Metode Fun-Learning Tingkatkan Kemampuan Akademik Anak Di Panti Asuhan Baitul Amanah Irwansyah Dakhi. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Vol.3/No.1 96-106.

Nurrahman, A. (2019). Peran Serta Media Pembelajaran dalam Menfasilitasi Pembelajaran Anak Usia Dini . Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 7/No.2 101-105.

Rohimah, & Aprianti. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Untuk Anak Usia Dini melalui Kegiatan Membentuk Plastisin. Jurnal Ceria , Vol. 03/ No. 01 93–101.

Ruslianti, Sabariah, Saqinah, F., & Susanti, D. (2023). Perkembangan Otak Anak Usia Dini dan Dampaknya pada Kehidupan Seumur Hidup. Jurnal Tambora , Vol. 7/No.1 302-311.

Setiawan, A., Gunawan, S., & Muslihati. (2022). Kebijakan Inovasi Pendidikan dalam Standar Nasional Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, Vol.2/No.1 1-14 https://journal.uinsi.ac.id/index.php/syamil/article/view/1857.

Sudjono, A. (2018). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Susilawati, E. (2023). Bermain Aktif untuk Tingkatkan Percaya Diri Anak Usia Dini Pada Masa New Normal. Jurnal Ilmiah Potensia, Vol.8/ No.1 95-102 https://doi.org/10.33369/jip.8.1. 95-102.

Ulfah, F., & Nuraffiyah, C. (2022). Mengembangkankemampuan Berpikir Logis Melalui Media Papan Pola pada Anak Usia 4-5 Tahun(Penelitian Tindakan di Kelas A PAUD Kober Birulwaliden Kecamatan Cilawugarut). Jurnal Anaking, Vol.1/No.1 1-8.

Wirdah, F., Yuhasriati, Fauzia, S. N., Yeniningsih, T. K., & Rizka, S. M. (2022). Pengembangan Busy Book Untuk Kegiatan Bermain Pola Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.7/No.2 33-44.

Yuniati, S., & Rohmadheny, P. S. (2020). Bermain Peran: Sebuah Metode untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.5/No.1 60-69 10.31004/obsesi.v5i1.509.

Yuriansa, A. (2022). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak melalui Bermain Pola Di TK IT Azkia Cadek Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Islam Pesantren, Pendidikan dan Sosial, Vol.1/No.1 103-118.

Yusuf, R. N., Khoeri, N. S., Herdiyanti, G. S., & Nuraeni, E. D. (2023). Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak . Jurnal Plamboyan, Vol.1, No.1 37-44.

Zippert, E. L., Douglas, A.-A., & Rittle-Johnson, B. (2020). Finding Patterns in Objects and Numbers: Repeating Patterning in pre-K Predicts Kindergarten Mathematics Knowledge. Journal of Experimental Child, https://doi.org/10.1016/j.jecp.2020.

Downloads

Published

2023-06-11

How to Cite

Isro’atin, L., & Fitri, R. (2023). Permainan Papan Kantong Pola sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 4(2), 624–632. https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.217

Issue

Section

Articles

Citation Check