Transformasi Sektor melalui Augmented Reality: Manfaat, Tantangan, dan Masa Depan Strategis
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i1.2152Abstract
Augmented Reality (AR) telah berkembang pesat sebagai salah satu teknologi utama dalam era digital, dengan penerapan luas di berbagai sektor seperti pendidikan, kesehatan, industri, dan hiburan. Penelitian ini melakukan tinjauan literatur terhadap 10 jurnal terkini (2023–2024) untuk menganalisis manfaat, tantangan, dan peluang pengembangan AR. Hasil analisis menunjukkan bahwa AR memiliki dampak signifikan, khususnya dalam meningkatkan interaktivitas dan pemahaman pengguna. Di sektor pendidikan, aplikasi AR seperti media pembelajaran tumbuhan mencapai skor usability hingga 79,83%, menunjukkan efektivitasnya dalam meningkatkan keterlibatan siswa. Di bidang pemasaran, AR meningkatkan keputusan pembelian hingga 30% melalui pengalaman promosi interaktif. Di sektor budaya, AR membantu pelestarian lokal, seperti pengenalan Aksara Lampung, dengan skor learnability 4,78/5. Selain itu, dalam infrastruktur, AR meningkatkan efisiensi pekerjaan teknis melalui visualisasi interaktif. Namun, adopsi AR masih menghadapi tantangan berupa biaya pengembangan yang tinggi, keterbatasan perangkat keras, dan kebutuhan desain antarmuka yang ramah pengguna. Sebagian besar pengembangan AR dalam studi ini didukung oleh metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang memastikan efektivitas teknis dan relevansi aplikasi dengan kebutuhan pengguna. Penelitian ini merekomendasikan integrasi AR dengan teknologi seperti Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT) untuk memaksimalkan potensinya. Kajian ini memberikan wawasan strategis bagi peneliti dan praktisi untuk mengoptimalkan penerapan AR dalam berbagai sektor, sehingga mendorong inovasi dan transformasi digital secara global.
Downloads
References
Cocchia, L., Vergari, M., Kojić, T., Vona, F., Möller, S., Garzotto, F., & Voigt-Antons, J.-N. (2024). The impact of social environment and interaction focus on user experience and social acceptability of an augmented reality game. 2024 16th International Conference on Quality of Multimedia Experience (QoMEX), 160–166.
Deswanti, K. I., & Fina, Y. (2024). Pengembangan teknologi augmented reality sebagai inovasi media promosi UNDA University berbasis Android. Jurnal UNDA, 10(2), 386–400.
Dwi Putra, A., Ridho, M., Susanto, D., & Fernando, Y. (2023). Penerapan MDLC pada pembelajaran aksara Lampung menggunakan teknologi augmented reality. CHAIN: Journal of Computer Technology, Computer Engineering, 1(2). https://doi.org/10.58602/chain.v1i2.19
Hidayat, D., Setiawan, D., & Arisandi, D. (2023). Aplikasi visualisasi pembangunan jalan baru menggunakan augmented reality. JEKIN-Jurnal Teknik Informatika, 3(1), 45–51.
Himawan, A., Ramdhan, N. A., & Wahyuningsih, P. (2024). Pemanfaatan teknologi augmented reality jamur sebagai media pembelajaran biologi di SMAN 1 Wanasari Brebes. ESTUDIAR: Jurnal Penelitian Multidisiplin Mahasiswa, 1(1), 247–268.
Iqbal, A. I., Aamir, A., Hammad, A., Hafsa, H., Basit, A., Oduoye, M. O., Anis, M. W., Ahmed, S., Younus, M. I., & Jabeen, S. (2024). Immersive technologies in healthcare: An in-depth exploration of virtual reality and augmented reality in enhancing patient care, medical education, and training paradigms. Journal of Primary Care & Community Health, 15.
Kartiko, N. Y., Paramastri, Z. P., Saputra, W. A. (2023). Penerapan teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran IPA anatomi tubuh manusia berbasis Android dengan metode MDLC (Studi kasus: MTs Ma’arif NU 1 Kembaran). Jurnal Teknologi Informasi, 3(1).
Khusen, A. A., & Putri, R. A. (2024). Implementasi augmented reality dalam mempromosikan perumahan pada CV. Pentaland Jaya Abadi. Journal of Science and Social Research, 4307(1), 229–234.
Koutromanos, G., Mikropoulos, A. T., Mavridis, D., & Christogiannis, C. (2024). The mobile augmented reality acceptance model for teachers and future teachers. Education and Information Technologies, 29(7). https://doi.org/10.1007/s10639-023-12116-6
Lee, K., & Herman, H. (2023). Penerapan metode MDLC dalam pengembangan media pembelajaran augmented reality untuk mengenal jenis-jenis sambal Indonesia. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI, 6(2), 272–284.
Maharani, A. D., Erythrea Nur Islami, M., & Hermawan, H. (2024). Augmented reality dan pengalaman wisata. Jurnal Kajian Pariwisata, 6(1), 64–74. https://doi.org/10.51977/jiip.v6i1.1654
Masruroh, H., Hadi, W. P., Ahied, M., Tamam, B., Sutarja, M. C., & Ipa, P. (2023). Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis augmented reality terhadap pemahaman konsep siswa. Jurnal Natural Science Educational Research, 6(3).
Prianto, C., Harani, N. H., & Andarsyah, R. (2023). Penerapan augmented reality sebagai media promosi menggunakan algoritma regresi logistik. Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika, 8(2), 719–728.
Putra, R. F. W., Busono, S., & Dijaya, R. (2024). Rancang bangun brosur mobil listrik berbasis multimedia menggunakan augmented reality. Indonesian Journal of Applied Technology, 1(2), 16. https://doi.org/10.47134/ijat.v1i2.3043
Rahma, J., & Ekawati, N. (2024). Pengenalan board game berbasis augmented reality studi kasus dots board game café. Jika (Jurnal Informatika, 8(3), 311. https://doi.org/10.31000/jika.v8i3.11840
Santoso, A. B. (2024). Analisis penggunaan teknologi augmented reality dalam pelatihan keterampilan kerja industri. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2).
Setiawan, B., Gustalika, M. A., & Raharja, P. A. (2024). Rancang bangun media pembelajaran tumbuhan berbasis augmented reality dengan metode MDLC. Bulletin of Information Technology (BIT, 5(2), 91–101. https://doi.org/10.47065/bit.v5i2.1325
Syed, T. A., Siddiqui, M. S., Abdullah, H. B., Jan, S., Namoun, A., Alzahrani, A., Nadeem, A., & Alkhodre, A. B. (2023). In-depth review of augmented reality: Tracking technologies, development tools, AR displays, collaborative AR, and security concerns. Sensors, 23(1). MDPI. https://doi.org/10.3390/s23010146
Wijaya, I. S., & Ramadhan, G. (2024). Aplikasi edukasi pengenalan bahasa Arab berbasis augmented reality studi kasus: Madrasah Ardhal-Haq. JTIM: Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, 6(3), 271–282.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Nopan Aswandi, Billy Hendrik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).