Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pengembangan Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Septian Purba Wijaya Pendidikan Agama Islam IAIN Pontianak, Indonesia
  • Wahab Wahab Pendidikan Agama Islam, IAIN Pontianak, Indonesia
  • Syamsul Kurniawan Pendidikan Agama Islam, IAIN Pontianak, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.2132

Abstract

Artikel membahas tentang pengembangan desain pembelajaran pendidikan agama Islam yang merupakan hal yang sangat mendasar dan perlu dilaksanakan. Kebijakan “Merdeka Belajar” merupakan gagasan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dalam rangka perbaikan sistem pendidikan nasional. Konsep “Merdeka Belajar” merupakan upaya untuk mewujudkan kemandirian dalam berpikir. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Sukadana. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi lapangan (field research). Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian adalah Guru Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  pembaharuan (inovasi) yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam adalah dengan menggunakan strategi  Contextual Teaching and Learning (CTL).Bahan ajar yang inovatif disiapkan oleh Guru Pendidikan Agama Islam sendiri. Dalam proses pembelajaran, guru menggunakan PowerPoint dan Video.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Muhammad.(2004) Guru dan Proses Belajar Mengajar, Cet. XII; Bandung : Sinar Baru Algesindo, Al-Rasyidin, dkk,(2005) Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis Filsafat PendidikanIslam, Jakarta

Ciputat Press

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher). Arifin, Muzayyin.(1987).Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: BinaAksara,

Arikunto, Suharsimi.(2002) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Asari, Hasan.(2014). Hadis-Hadis Pendidikan Sebuah Penelusuran Akar-Akar Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: Citapustaka Media Perintis,

Aziz, Abd.(2010) Orientasi Sistem Pendidikan Agama di Sekolah. Sukses Offest. Depok Sleman..

Yogyakarta

Azra (Ed), Azyumardi.(2002) Ensiklopedi Islam, Jakarta: Ichtiar Baru van Hoeve,

Bintari Kartika Sari. 2017. “Desain Pembelajaran Model ADDIE Dan Impelentasinya Dengan Teknik Jigsaw.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan : Tema “Desain Pembelajaran Di Era ASEAN Economic Community (AEC) Untuk Pendidikan Indonesia Berkemajuan ,” 94–96, 87–102.

Chania, Dinda Nurazli. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Jerold E Kemp Terhadap Hasil Belajar Manajemen Keuangan Pada Progam Studi Pendidikan Akutansi FKIP Umsu Tahun A Kademik 2019/2020.” Journal of Chemical Information and Modeling 21 (1): 1–9.

Choli, I., & Rifa’i, A. (2021). Development Of Student Religious Attitudes During The Covid-19 Pandemic. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2).

Daradjat, Zakiyah.(2014). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, Daryanto. 2012.Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Fhathulloh, M. R., Yusup, M., & Nurhayati, N. (2017). Implementasi Guru Dalam Mendesain Proses Pembelajaran PAI. Atthulab. Islamika, 2(2).

Habibullah, N. (2020). Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Persoalan Karakteristik Peserta Didik. At-Ta’lim Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 2(1).

Hosnan, M. (2015). Rekonstruksi Pembelajaran Tauhidsebagai Fondasi Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sekolah/Madrasah. Anil Islam, 8(1)

Jauhari, M. T. (2020). Desain Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah. Islamika, 2(2), 328–341

Maula, Ismatul, and Indra Indra. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Desain Pembelajaran PAI Berbasis Kurikulum 2013.” Jurnal Penelitian Pendidikan 11(1): 1595–1603

Hanitijo, Roni(1994).Metode Penelitian Hukum Dan Jurimeter. Jakarta: Ghalia

Hasbullah.(2006) Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

M. Regeluth, Charles.(1999) Instructional Design Theories and Models, An Overview of Their Current Status, New York: Routledge,

Maarif, Syafii,(1991)Pendidikan Islam di Indonesia. Tiara Wacana: Yogyakarta.

Miles dan Huberman.(2003) Analisis Data Kualitatif . Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nazarudin,(2007)Manajemen Pendidikan Agama Islam,Yogyakarta:Teras,

Nazir, Moh.(2003) Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Rachman, F. (2018). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran. Al-Wijdán: Journal of Islamic Education Studies, 3(2).

Riza Faishol, Al Muftiyah, Alvin Dwiki Bastiar. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Mata Pelajaran Pai Dan Budi Pekerti Kelas X Di Smk Negeri 1 Tegalsari.” Incare International Journal of Educational Resources 01 (02).

Sukmadinata, Nana Syaodih, dkk.(2006) Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah. Cet 1 Bandung: Refika Aditama.

Sulistyorini.(2009).Manajemen Pendidikan Islam, Konsep, Strategi, dan Aplikasi. Yogyakarta: Teras

Yuniarti, I., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022). Analisis Kebijakan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dan Madrasah. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 9(1), 182–207

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Wijaya, S. P., Wahab, W., & Kurniawan, S. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pengembangan Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal of Education Research, 5(4), 6766–6776. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.2132

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check