Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pengembangan Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.2132Abstract
Artikel membahas tentang pengembangan desain pembelajaran pendidikan agama Islam yang merupakan hal yang sangat mendasar dan perlu dilaksanakan. Kebijakan “Merdeka Belajar” merupakan gagasan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dalam rangka perbaikan sistem pendidikan nasional. Konsep “Merdeka Belajar” merupakan upaya untuk mewujudkan kemandirian dalam berpikir. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Sukadana. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi lapangan (field research). Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian adalah Guru Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembaharuan (inovasi) yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam adalah dengan menggunakan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL).Bahan ajar yang inovatif disiapkan oleh Guru Pendidikan Agama Islam sendiri. Dalam proses pembelajaran, guru menggunakan PowerPoint dan Video.
Downloads
References
Ali, Muhammad.(2004) Guru dan Proses Belajar Mengajar, Cet. XII; Bandung : Sinar Baru Algesindo, Al-Rasyidin, dkk,(2005) Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis Filsafat PendidikanIslam, Jakarta
Ciputat Press
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher). Arifin, Muzayyin.(1987).Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: BinaAksara,
Arikunto, Suharsimi.(2002) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Asari, Hasan.(2014). Hadis-Hadis Pendidikan Sebuah Penelusuran Akar-Akar Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: Citapustaka Media Perintis,
Aziz, Abd.(2010) Orientasi Sistem Pendidikan Agama di Sekolah. Sukses Offest. Depok Sleman..
Yogyakarta
Azra (Ed), Azyumardi.(2002) Ensiklopedi Islam, Jakarta: Ichtiar Baru van Hoeve,
Bintari Kartika Sari. 2017. “Desain Pembelajaran Model ADDIE Dan Impelentasinya Dengan Teknik Jigsaw.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan : Tema “Desain Pembelajaran Di Era ASEAN Economic Community (AEC) Untuk Pendidikan Indonesia Berkemajuan ,” 94–96, 87–102.
Chania, Dinda Nurazli. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Jerold E Kemp Terhadap Hasil Belajar Manajemen Keuangan Pada Progam Studi Pendidikan Akutansi FKIP Umsu Tahun A Kademik 2019/2020.” Journal of Chemical Information and Modeling 21 (1): 1–9.
Choli, I., & Rifa’i, A. (2021). Development Of Student Religious Attitudes During The Covid-19 Pandemic. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2).
Daradjat, Zakiyah.(2014). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, Daryanto. 2012.Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Fhathulloh, M. R., Yusup, M., & Nurhayati, N. (2017). Implementasi Guru Dalam Mendesain Proses Pembelajaran PAI. Atthulab. Islamika, 2(2).
Habibullah, N. (2020). Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Persoalan Karakteristik Peserta Didik. At-Ta’lim Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 2(1).
Hosnan, M. (2015). Rekonstruksi Pembelajaran Tauhidsebagai Fondasi Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sekolah/Madrasah. Anil Islam, 8(1)
Jauhari, M. T. (2020). Desain Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah. Islamika, 2(2), 328–341
Maula, Ismatul, and Indra Indra. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Desain Pembelajaran PAI Berbasis Kurikulum 2013.” Jurnal Penelitian Pendidikan 11(1): 1595–1603
Hanitijo, Roni(1994).Metode Penelitian Hukum Dan Jurimeter. Jakarta: Ghalia
Hasbullah.(2006) Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
M. Regeluth, Charles.(1999) Instructional Design Theories and Models, An Overview of Their Current Status, New York: Routledge,
Maarif, Syafii,(1991)Pendidikan Islam di Indonesia. Tiara Wacana: Yogyakarta.
Miles dan Huberman.(2003) Analisis Data Kualitatif . Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nazarudin,(2007)Manajemen Pendidikan Agama Islam,Yogyakarta:Teras,
Nazir, Moh.(2003) Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Rachman, F. (2018). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran. Al-Wijdán: Journal of Islamic Education Studies, 3(2).
Riza Faishol, Al Muftiyah, Alvin Dwiki Bastiar. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Mata Pelajaran Pai Dan Budi Pekerti Kelas X Di Smk Negeri 1 Tegalsari.” Incare International Journal of Educational Resources 01 (02).
Sukmadinata, Nana Syaodih, dkk.(2006) Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah. Cet 1 Bandung: Refika Aditama.
Sulistyorini.(2009).Manajemen Pendidikan Islam, Konsep, Strategi, dan Aplikasi. Yogyakarta: Teras
Yuniarti, I., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022). Analisis Kebijakan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dan Madrasah. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 9(1), 182–207
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Septian Purba Wijaya, Wahab Wahab, Syamsul Kurniawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).