Penggunaan Media Video Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia dengan Model Discovery Learning
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.213Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan hasil peningkatan keterampilan berbicara peserta didik kelas lima SD Negeri Gunungan kosong satu, Kecamatan Kartoharjo, Kabupaten Magetan dengan menggunakan media video interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama dua siklus, yaitu Siklus I dan Siklus II, dengan masing-masing dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam PTK ini meliputi pengamatan, wawancara, dan tes. Pengamatan dilakukan untuk mengamati aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran, sedangkan wawancara dilakukan untuk memperoleh informasi dari siswa dan guru mengenai pengalaman belajar dan pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh dari data tes menunjukkan bahwa pada tahap prasiklus terdapat empat puluh satu persen peserta didik yang tuntas mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. Pada Siklus I, persentase peserta didik yang tuntas mencapai KKM meningkat menjadi lima puluh sembilan persen, sehingga penelitian dilanjutkan ke Siklus II. Pada Siklus II, terdapat peningkatan yang signifikan dengan delapan puluh delapan persen peserta didik yang tuntas mencapai KKM, sehingga penelitian dihentikan. Data tersebut menunjukkan adanya peningkatan dari tahap prasiklus hingga Siklus II, dan keberhasilan penelitian sesuai dengan indikator keberhasilan tercapai pada Siklus II, yaitu delapan puluh delapan persen peserta didik yang tuntas mencapai KKM. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video interaktif untuk meningkatkan ketrampilan berbicara bahasa Indonesia dengan model discovery learning.
Downloads
References
Abdulhak, Ishak dan Deni Darmawan. 2020. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Agustini, K. & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R&D. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 62 – 78.
Alverina, C., Hakim, Z.R., & Taufik, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Powtoon Pada Mata Pelajaran IPS. School Journal Education, 9(3), 266 – 272.
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Pustaka. Daryanto. 2016. Media Pembelajaran Edisi ke-2 Revisi. Yogyakarta: Gava Media. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: CV Yrama Widya.
Ayu, N. K., & Manuaba, I. S. (2021). Media Pembelajaran Zoolfabeth Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2).
Dra. Th. Sumini, M.Pd. Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Profesi Guru. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 2021
Hazran. 2018. “Kemampuan Berbicara Siswa di Kelas III SDN Nomor 1 Tulo Kecamatan Dolo Kabupten Sigi”. Jurnal kreatif Online, Vol.6 No 3. ISSN 2354-614X diakses pada 20 Februari 2020.
Inqidloatul Amaniyah. Peningkatan Keterampilan Berbicara Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Mendongeng Melalui Metode Bermain Peran Di Kelas III MI AsSyafiiyyah Pomahanjanggan Turi Lamongan. 2018. Surabaya : Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Kurniawan, A. (2020). Pengertian Keterampilan Berbicara – Bentuk, Landasan, Sarana, Jenis, Faktor, Contoh, Para Ahli. Dipetik 7 24, 2020, dari https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-keterampilan-berbicara
Rahmawati Rina. Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. 2021. Makasar. Universitas Muhammadiyah Makasar
Suharsimi Arikunto, Suhardjono, dan Supardi, Penelitian Tindakan Kelas. 2021. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Dhewi Nurul Zanah, Cerianing Putri, Irena Ika Melati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).