Eco Guardians: Game Interaktif berbasis Augmented Reality sebagai Media Edukasi Pengelolaan Limbah

Authors

  • Ahmad Kevin Ilhamit Tamam Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri, Indonesia
  • Fathya Zahra Asyhary Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri, Indonesia
  • Tri Esti Budi Utami Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri, Indonesia
  • Ifa Hidayah Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri, Indonesia
  • Dandy Ade Candra Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.2126

Keywords:

Media Edukasi, Lingkungan, Game, Augmented Reality

Abstract

Lingkungan merupakan aspek penting dalam keberlangsungan hidup manusia, namun kesadaran terhadap pengelolaan limbah mengalami penurunan. Untuk menumbuhkan kesadaran sejak dini, peneliti menginisiasi pengembangan Eco Guardians: game interaktif berbasis Augmented Reality sebagai media edukasi pengelolaan limbah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas, usability, dan efektivitas Eco Guardians sebagai media edukasi pengelolaan limbah. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pengujian validitas, usability dan efektifitas Eco Guardians dilakukan melalui pretest-posttest, uji SUS (System Usability Scale), serta validasi ahli media dan materi. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kevalidan Eco Guardians memperoleh nilai persentase 81%, sedangkan tingkat usabilitas diperoleh rata-rata 70,83. Ditinjau dari tingkat keefektivan diperoleh nilai persentase 95% dengan peningkatan skor setelah perlakuan. Dapat disimpulkan bahwa Eco Guardians berhasil meningkatkan pemahaman dan kesadaran pengguna terhadap pentingnya pengolahan limbah. Game ini dinilai mudah digunakan serta memiliki daya tarik tinggi sebagai media edukasi interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Afidah, V. N. (2015). Prinsip-Prinsip Teori Beban Kognitif dalam Merancang Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika (JP2M).

Agustina, L., & Hamdu, G. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan.

Alvionita, D., Murti, A. B., & Fakhrun Gani, A. R. (2021). Studi literasi : Pelopor Pembelajaran Bermakna menggunakan teknologi augmented reality Pada Topik Lingkungan di era Merdeka Belajar. Bioilmi: Jurnal Pendidikan.

Askari, H. (2015). Perkembangan Pengolahan Air Limbah.

Aziz, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Maket 3D Geo grafi Pada Materi Lipatan dan Patahan Pengembangan Media Pembelajaran Maket 3D Pada Materi Lipatan dan Patahan.

Cbl, P. (2020). Model Penelitian Pengembangan. Chemistry Education Review (CER).

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal.

Faiz, A., Hakam, K. A., Nurihsan, J., & Komalasari, K. (2022). Pembelajaran Kognitif Moral Melalui Cerita Dilema Berbentuk Animasi. Jurnal Basicedu.

Hidayat, L. (2024). Pengembangan Media Belajar IPA Materi Tata Surya Melalui Aplikasi Augmented Reality untuk Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SD Negeri di Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Jurnal of Education Research, 781-794.

Humas , J. (2024) 11,3 Juta Ton Sampah di Indonesia Tidak Terkelola dengan Baik, Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah . Available at: https://brin.go.id/drid/posts/kabar/113-juta-ton-sampah-di-indonesia-tidak terkelola-dengan-baik (Accessed: 04 October 2024).

Legono, K. J. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Untuk Meningkatkan Pengetahuan Kesiapsiagaan Siswa Terhadap Bencana Gempabumi Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Ssb Di Smp Negeri 2 Kemalang Kabupaten Klaten.

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran. GHAITSA : Islamic Education Journal.

Mukti, F. D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) di Kelas V MI Wahid Hasyim. .

Nurseptaji, A., & Prasetio, R. T. (2021). Rancangan Implementasi Animasi Interaktif Edukasi Pengenalan Sampah Berdasarkan Jenisnya. Jurnal Responsif.

Purwaningrum, P. (2016). Upaya Mengurangi Timbulan sampah Plastik di Lingkungan. Indonesian Journal Of Urban And Environmental Technology.

Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.

Saguni, F. (2019). Penerapan Teori Kontruktivis Dalam Pembelajaran. . Jurnal Paedagogia.

Saputra, I. D. (2019). Analisis Implementasi Augmented Reality (AR) Berbasis Marker-Based Tracking Sebagai Media Pembelajaran Hidroponik.

Simatupang, M. M., Veronika, E., & Irfandi, A. (2021). Edukasi Pengelolaan Sampah: Pemilahan Sampah dan 3R di SDN Pondok Cina Depok.

Sunarsih, E. (2014). Konsep Pengolahan Limbah Rumah Tangga Dalam Upaya Pencegahan Pencemaran Lingkungan. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Susila, A. N., & Arsa, D. S. (2023). Analysis System Usability Scale (SUS) dan Perancangan Sistem Self Service Pemesanan Menu di Restoran Berbasis Web. 21.

Sutarto. (2017). Teori Kognitif dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. ISLAMIC COUNSELING.

Tahitu, A., Tutuhatunewa, A. R., & Fadirubun, V. M. (2024). Pengaruh Komunikasi Organisasi Terhadap Gaya Kepemimpinan Lurah Milenial Di Kota Ambon. Jurnal BADATI, 53 - 72.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Tamam, A. K. I., Asyhary, F. Z., Utami, T. E. B., Hidayah, I., & Candra, D. A. (2024). Eco Guardians: Game Interaktif berbasis Augmented Reality sebagai Media Edukasi Pengelolaan Limbah. Journal of Education Research, 5(4), 6753–5765. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.2126

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check