Eco Guardians: Game Interaktif berbasis Augmented Reality sebagai Media Edukasi Pengelolaan Limbah
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.2126Keywords:
Media Edukasi, Lingkungan, Game, Augmented RealityAbstract
Lingkungan merupakan aspek penting dalam keberlangsungan hidup manusia, namun kesadaran terhadap pengelolaan limbah mengalami penurunan. Untuk menumbuhkan kesadaran sejak dini, peneliti menginisiasi pengembangan Eco Guardians: game interaktif berbasis Augmented Reality sebagai media edukasi pengelolaan limbah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas, usability, dan efektivitas Eco Guardians sebagai media edukasi pengelolaan limbah. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pengujian validitas, usability dan efektifitas Eco Guardians dilakukan melalui pretest-posttest, uji SUS (System Usability Scale), serta validasi ahli media dan materi. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kevalidan Eco Guardians memperoleh nilai persentase 81%, sedangkan tingkat usabilitas diperoleh rata-rata 70,83. Ditinjau dari tingkat keefektivan diperoleh nilai persentase 95% dengan peningkatan skor setelah perlakuan. Dapat disimpulkan bahwa Eco Guardians berhasil meningkatkan pemahaman dan kesadaran pengguna terhadap pentingnya pengolahan limbah. Game ini dinilai mudah digunakan serta memiliki daya tarik tinggi sebagai media edukasi interaktif.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Afidah, V. N. (2015). Prinsip-Prinsip Teori Beban Kognitif dalam Merancang Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika (JP2M).
Agustina, L., & Hamdu, G. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan.
Alvionita, D., Murti, A. B., & Fakhrun Gani, A. R. (2021). Studi literasi : Pelopor Pembelajaran Bermakna menggunakan teknologi augmented reality Pada Topik Lingkungan di era Merdeka Belajar. Bioilmi: Jurnal Pendidikan.
Askari, H. (2015). Perkembangan Pengolahan Air Limbah.
Aziz, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Maket 3D Geo grafi Pada Materi Lipatan dan Patahan Pengembangan Media Pembelajaran Maket 3D Pada Materi Lipatan dan Patahan.
Cbl, P. (2020). Model Penelitian Pengembangan. Chemistry Education Review (CER).
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal.
Faiz, A., Hakam, K. A., Nurihsan, J., & Komalasari, K. (2022). Pembelajaran Kognitif Moral Melalui Cerita Dilema Berbentuk Animasi. Jurnal Basicedu.
Hidayat, L. (2024). Pengembangan Media Belajar IPA Materi Tata Surya Melalui Aplikasi Augmented Reality untuk Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SD Negeri di Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Jurnal of Education Research, 781-794.
Humas , J. (2024) 11,3 Juta Ton Sampah di Indonesia Tidak Terkelola dengan Baik, Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah . Available at: https://brin.go.id/drid/posts/kabar/113-juta-ton-sampah-di-indonesia-tidak terkelola-dengan-baik (Accessed: 04 October 2024).
Legono, K. J. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Untuk Meningkatkan Pengetahuan Kesiapsiagaan Siswa Terhadap Bencana Gempabumi Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Ssb Di Smp Negeri 2 Kemalang Kabupaten Klaten.
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran. GHAITSA : Islamic Education Journal.
Mukti, F. D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) di Kelas V MI Wahid Hasyim. .
Nurseptaji, A., & Prasetio, R. T. (2021). Rancangan Implementasi Animasi Interaktif Edukasi Pengenalan Sampah Berdasarkan Jenisnya. Jurnal Responsif.
Purwaningrum, P. (2016). Upaya Mengurangi Timbulan sampah Plastik di Lingkungan. Indonesian Journal Of Urban And Environmental Technology.
Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.
Saguni, F. (2019). Penerapan Teori Kontruktivis Dalam Pembelajaran. . Jurnal Paedagogia.
Saputra, I. D. (2019). Analisis Implementasi Augmented Reality (AR) Berbasis Marker-Based Tracking Sebagai Media Pembelajaran Hidroponik.
Simatupang, M. M., Veronika, E., & Irfandi, A. (2021). Edukasi Pengelolaan Sampah: Pemilahan Sampah dan 3R di SDN Pondok Cina Depok.
Sunarsih, E. (2014). Konsep Pengolahan Limbah Rumah Tangga Dalam Upaya Pencegahan Pencemaran Lingkungan. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat.
Susila, A. N., & Arsa, D. S. (2023). Analysis System Usability Scale (SUS) dan Perancangan Sistem Self Service Pemesanan Menu di Restoran Berbasis Web. 21.
Sutarto. (2017). Teori Kognitif dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. ISLAMIC COUNSELING.
Tahitu, A., Tutuhatunewa, A. R., & Fadirubun, V. M. (2024). Pengaruh Komunikasi Organisasi Terhadap Gaya Kepemimpinan Lurah Milenial Di Kota Ambon. Jurnal BADATI, 53 - 72.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Ifa Hidayah, Ahmad Kevin Ilhamit Tamam, Fathya Zahra Asyhary, Tri Esti Budi Utami, Dandy Ade Candra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).