Efektivitas Media Kartu Kata dan Gambar dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Awal Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.211Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberi kemudahan bagi anak usia dini dalam membantu anak memulai belajar membaca dengan lebih mudah dan menyenangkan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data berupa kuisioner, wawancara dan observasi. Populasi penelitian ini adalah Taman Kanak-kanak di kota Curug, Tangerang. Sampel penelitiannya yakni tujuh puluh anak prasekolah berusia lima sampai enam tahun di TK Mutiara Cemerlang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Media kartu kata dan kartu bergambar adalah cara yang efektif agar anak dapat mengingat dan memahami huruf – huruf dan kata yang baru dikenal. Dengan menggunakan media ini, guru dapat lebih mudah mengajarkan konsep membaca awal kepada anak, sehingga anak dapat lebih mudah memahaminya. Selain itu, media ini juga media ini membantu anak melatih konsentrasi belajar, membangkitkan semangat belajar, serta memberikan contoh kepada anak-anak untuk memanfaatkan barang bekas. Oleh karena itu, penggunaan media kartu kata dan gambar efektif digunakan dalam pembelajaran membaca awal anak usia dini.
Downloads
References
Amini, Nur & Suyadi. 2020. “Media Kartu Kata Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini.” PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 9, No. 2, Desember 2020.
Ardiana, Reni. 2021. “Implementasi Media Pembelajaran pada Kecerdasan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun.” MURHUM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 2, No. 2, Desember 2021.
Ariati, Tatik. 2015. “Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Gambar Berbasis Permainan.” DINAMIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. 7, No. 1, Maret 2015.
Astuti, A.W., dkk. 2021. “Hubungan Penggunaan Media Kartu Huruf dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun.” KINDERGARTEN: Journal od Islamic Early Childhood Education, Vol. 4, No. 1, April 2021.
Azzahra, Lutfiah, dkk. 2022. “Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Dalam Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak di BiMBA AIUEO Margahayu Bekasi Timur.” ISLAMIKA: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, Vol. 4, No, 3, Juli 2022.
Daeni, Euis Imas. 2020. “Meningkatkan Minat Baca Anak Melalui Permainan Kartu Kata Bergambar Di Kelompok B2 TK Darussalam.” Jurnal Educatio FKIP Unma.
Darihastining, S., dkk. 2020. “Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vo. 5, No. 2, Hal. 1594-1602.
Dimyati, Johni. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Prenadamedia Grup.
Fadlillah, M. 2017. Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Gading, I Ketut, dkk. 2019. “Pengaruh Metode Suku Kata Dengan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan.” Jurnal Mimbar Ilmu, Vol. 24, No. 3, Tahun 2019.
Gasong, Dina. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Hadini, Nining. 2017. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Permainan Kartu Kata di TK AL-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur.” Jurnal EMPOWERMENT, Vol. 6, No. 1, Februari 2017.
Hainstcok, Elizabeth. 2002. Montessori Untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Delapratasa Publishing.
Hakim, Pratiwi Rahmawati. 2020. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Kata Bergambar.” ABNA: Journal of Islamic Early Childhood Education, Vol. 1, No. 1, Desember 2020.
Herlina, Emni Silvia. 2019. “Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini dalam Era Pendidikan 4.0.” Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, Vol. 5, No. 4, November-Desember 2019.
Kurnia, Rita. 2017. “Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia 5-5 Tahun di TK Laboratorium FKIP Universitas Riau.” EDUCHILD, Vol. 6, No. 2, 2017.
Liyana, A. & Kurniawan M. 2019. “Speaking Pyramid Sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vo. 3, No. 1, Hal. 225-232.
Madyawati, Lilis. 2013. Bermain Dan Permainan I (Untuk Anak). Jakarta: Prenadamedia Grup.
Moleong, Lexy J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nuriadi. 2008. Teknik Jitu Menjadi Pembaca Terampil. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwani, S. I., dkk. 2019. “Media Compact Disk Interaktif Berbudaya Sehat untuk Meningkatkan Kosa Kata Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vo. 3, No. 2, Hal. 377-386.
Sadiman, Arief, dkk. 2009. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Somadyo. 2011. Pengembangan Membaca Cepat. Jogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sumantri, Made, dkk. 2017. “Penerapan Media Gambar dan Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan.” International Journal of Elementary Education, Vol. 1, No. 1, Hal. 1-10.
Sumantri, Suriati, dkk. 2019. “Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Mencetak dengan Pelepah Pisang.” J. Obsesi: Jurnal Pendidik Anak Usia Dini, Vol. 4, No. 1, Hal. 211.
Sungkowati, Eka Rini. 2021. “Implementasi Permainan Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Dini Di Padu Bina Bahagia.” Jurnal EMPOWERMENT, Vol. 1, No. 2, September 2012.
Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara.
Tarigan. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Yunaili, Herma & Riyanto. 2020. “Penerapan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dan Daya Ingat Anak.” DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, Vol. 10, No. 2, Tahun 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Juli Setyowati, Umamah Umamah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).