Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) dengan Media Heyzine Flipbook untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.2108Keywords:
E-LKPD, Heyzine Flipbook, Hasil Belajar, Media Pembelajaran, SejarahAbstract
Perkembangan teknologi yang menuntut guru untuk dapat memanfaatkan teknologi modern dalam proses pembelajaran guna meningkatkan kualitas pendidikan, sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas E-LKPD Heyzine Flipbook sebagai media pembelajaran digital dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Penjajahan Bangsa Barat di Indonesia kelas XI SMAN 5 Tegal. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan tahapan analisis kebutuhan, desain, validasi, revisi, dan uji coba terbatas. Media ini dirancang untuk mendukung pembelajaran interaktif dengan elemen visual menarik, navigasi intuitif, dan evaluasi berbasis soal. Validasi oleh ahli materi dan media menunjukkan bahwa media ini layak digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD Heyzine Flipbook efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, dengan peningkatan nilai signifikan antara Pre-Test dan Post-Test. Uji statistik menunjukkan perbedaan yang signifikan, dengan hubungan positif kuat antara hasil awal dan akhir siswa. Kesimpulannya, E-LKPD Heyzine Flipbook efektif digunakan dalam pembelajaran sejarah.
Downloads
References
Abbas, J., "Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Di Kelas X MIPA 3 SMA Negeri 11 PINRANG," Al-Ibrah, vol. X, no. 01, pp. 117–142, 2021.
Adi Saputra, A., Sastrawan, A., and Rahmati, I., "Pengaruh Penggunaan Media Leaflet Terhadap Hasil Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas Xi Iis Man 1 Pontianak," JPPK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 7, no. 8, 2018.
Agung, L., and Wahyuni, S., Perencanaan Pembelajaran Sejarah, Yogyakarta: Ombak, 2013.
Andriani, A., Praktis Membuat Buku Kerja Guru: Menyusun Buku Kerja 1, 2, 3 dan 4 dengan Mudah dan Sistematis, Jejak Publisher, 2018.
Annida, S. F., Putra, A. P., and Zaini, M., "Pengaruh Penggunaan E-LKPD Berbasis Liveworksheets Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Konsep Pembelahan Sel," QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, vol. 13, no. 2, pp. 155–167, 2022.
Apriansyah, M. R., "Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta," Jurnal PenSil, vol. 9, no. 1, pp. 9–18, 2020, doi: 10.21009/jpensil.v9i1.12905.
Arifin, Z., Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Arikunto, S., Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta Selatan: PT. Rineka Cipta, 2019.
Ariska, N., "Aktivitas Siswa Belajar Sejarah: Suatu Komparasi antara Siswa Jurusan IPA dan Siswa Jurusan IPS Kelas XI SMA N 4 Kerinci," Ph.D. dissertation, Universitas Negeri Padang, 2017, [Online]. Available: http://repository.unp.ac.id/26028/.
Benitha, A., and Novaliyosi, N., "Pengembangan E-modul berbasis realistic mathematics education (RME) pada materi aljabar untuk siswa kelas VII SMP/MTS," Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, vol. 3, no. 2, pp. 279–286, 2022. [Online]. Available: https://lebesgue.lppmbinabangsa.id/index.php/home/article/view/121
Belva Saskia Permana, L. A., "Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi di Era Digitalisasi," Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, vol. 4, no. 1, pp. 19–28, 2024.
Badan Standar Nasional Pendidikan, "Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Tahun 2014," 2014. [Online]. Available: http://bsnp-indonesia.org/2014/05/28/instrumen-penilaian-buku-tekspelajaran-tahun-2014/.
Daliman, Sejarah Indonesia Abad XIX- Awal Abad XX: Sistem Politik Kolonial dan Administrasi Pemerintahan Hindia Belanda, Yogyakarta: Ombak, 2012.
Erawati, N. K., Purwati, N. K. R., and Saraswati, I. D. A. P. D., "Pengembangan E-LKPD Logika Matematika dengan Heyzine untuk Menunjang Pembelajaran di SMK," Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 8, no. 2, pp. 71–80, 2022, doi: 10.33474/jpm.v8i2.16245.
Febriyanti, E., "Pengembangan E-LKPD berbasis problem solving pada materi kesetimbangan kimia di SMAN 2 Kota Jambi," 2017, [Online]. Available: https://repository.unja.ac.id/2742/.
Fitra, J., and Maksum, H., "Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Powntoon pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK," Jp2, vol. 4, no. 1, pp. 1–13, 2021.
Fitriani, K. D., "Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Heyzine Flipbooks Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik Kelas XII IPA Pada Mata Pelajaran PAI di MA Sunan Pandanaran Yogyakarta," Skripsi, Universitas Islam Indonesia, 2023.
Gunawan, L. K., "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa," Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI), vol. 12, no. 1, pp. 14–22, 2018.
Hamdu, G., and Agustina, L., "Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar," Jurnal Penelitian Pendidikan, vol. 12, no. 1, pp. 90–96, 2011.
Hamid, Abd. Rahman, Pembelajaran Sejarah, Yogyakarta: Ombak, 2014.
Hamidah, N., Widyastuti, R., and Netriwati, "Aplikasi Construct 2 Pengembangan E-LKPD dengan Berbasis STEM," Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, vol. 5, no. 3, September 2020, [Online]. Available: https://ejournal.unib.ac.id/jpmr/article/view/11536/6371.
Hapsari, R., and Adil, M., Sejarah SMA/MA KELAS XI Kurikulum Merdeka, Jakarta: Penerbit Erlangga, 2022.
Haqsari, R., "Pengembangan Dan Analisis E-LKPD (Elektronik – Lembar Kerja Peserta Didik) Berbasis Multimedia Pada Materi Mengoperasikan Software Spreadsheet," 2014, [Online]. Available: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11293.
Hoerunnisa, M., and Fauziah, S. R., "Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran IPA sebagai upaya peningkatan hasil belajar," Jurnal Kajian Pendidikan IPA, vol. 3, no. 2, pp. 272–278, 2023, doi: 10.52434/jkpi.v3i2.3030.
Humairah, E., "Penggunaan Buku Ajar Elektronik (E-Book) Berbasis Flipbook Guna Mendukung Pembelajaran Daring Di Era Digital," Prosiding Amal Insani Foundation, vol. 1, pp. 66–71, 2022, [Online]. Available: https://prosiding.amalinsani.org/index.php/semnas/article/view/8.
Israhmi Oktavia, E. M., "Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan E-LKPD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik di Kelas XII IPS SMA Pertiwi 1 Padang," Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, vol. 12, no. 4, pp. 119–122, 2023.
Kemdikbudristek, "Capaian Pembelajaran Pada pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka," 2024.
Khomaria, I. N., and Puspasari, D., "Pengembangan E-LKPD Berbasis Model Learning," 2022.
Khusnul Fajriyah, W. P., "Pelatihan Penyusunan Bahasa Ajar Berbasis Gambar Ilustrasi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Gayamsari Semarang," JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, vol. 4, no. 2, pp. 100–107, 2024.
Latifah, S., Setiawan, B., and Haryanto, A., "Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PAI melalui Penggunaan Media Pembelajaran," Jurnal Inovasi Pembelajaran PAI, vol. 1, no. 1, pp. 40–50, 2022.
Maharani, S. D., and Y. A. Dewi, "Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Peta Digital (Google Earth) dalam Mata Pelajaran IPS Materi Kenampakan Alam," Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 8, no. 1, pp. 14182–14196, 2024.
Mulyatiningsih, E., Riset Terapan Bidang Pendidikan & Teknik, Yogyakarta: UNY Press, 2011.
Mulyosari, E. T., and Khosiyono, B. H. C., "Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Peserta didik Sekolah Dasar," Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 5, no. 6, pp. 2395–2405, 2023, doi: 10.31004/edukatif.v5i6.5037.
Nafida Hetty Marhaeni, I. A., "Pelatihan Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis LiveWorksheet di SMA Dharma Amiluhur," Madani: Indonesian Journal Of Civil Society, vol. 5, no. 1, pp. 43–52, 2023.
Ni Made Ika Priyanti, and Nurhayati, "Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media YouTube Untuk Meningkatkan Hasil Belajar," Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), vol. 4, no. 1, pp. 96–101, 2023.
Pane, A., and M. D. Dasopang, "Belajar Dan Pembelajaran," FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, vol. 3, no. 2, p. 333, 2017, doi: 10.24952/fitrah.v3i2.945.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.
Prastowo, A., Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktis, Jakarta: Kencana Prenadamedia Gr., 2014.
Ramdania, D., "Penggunaan Media Flash Flip Book Dalam Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa," Bachelor’s thesis, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 2013.
Safriandono, A. N., and Charis, M., "Rancang Bangun E-Lembar Kerja Siswa sebagai Media Pembelajaran yang Praktis, Fleksibel dan Edukatif Berbasis Web," Tatal, vol. 10, no. 1, pp. 25–35, 2014. [Online]. Available: https://e-jurnal.unisfat.ac.id/index.php/jt/article/view/19.
Saraswati, R. R., Makmuri, and Salsabila, E., "Pengembangan LKPD Digital Berbasis HOTS Pada Materi Dimensi Tiga," Risenologi, vol. 6, no. 2, pp. 17–25, 2021.
Sari, Y. P., "Pengembangan LKPD Elektronik dengan 3D Page Flipp Professional Berbasis Literasi Sains pada Materi Gelombang Bunyi," Bachelor’s thesis, Universitas Islam Negeri Lampung, 2019.
Sayono, J., "Pembelajaran sejarah di sekolah: Dari pragmatis ke idealis," Jurnal Sejarah dan Budaya, vol. 7, no. 1, 2015.
Sinaryatin, T. A., "Membangun Karakter Bangsa melalui Pembelajaran Sejarah," Jurnal SAP, vol. 1, no. 3, p. 315, 2017.
Subakti, Y. R., "Paradigma Pembelajaran Sejarah Berbasis Kontruktivisme," Jurnal SPPS, vol. 24, no. 1, 2010.
Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2019.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2016.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2019.
Surani, D., "Pengaruh Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Verbal Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Sidomulyo," Ph.D. dissertation, UIN Raden Intan Lampung, 2018. [Online]. Available: http://repository.radenintan.ac.id/4458/.
Suroyo, D., Indonesia Dalam Arus Sejarah “Kolonisasi dan Perlawanan”, Jakarta: PT. Ichtiar Baru Van Hoeve, 2010.
Susanto, H., Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi (Konsep Dasar, Prinsip Aplikatif, dan Perancangannya), FKIP Universitas Lambung Mangkurat, 2019.
Wandari, A., Kamid, K., and Maison, M., "Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi Geometri berbasis Budaya Jambi untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik," Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, vol. 1, no. 2, p. 47, 2018, doi: 10.32939/ejrpm.v1i2.232.
Wildatun Jannah, N. A., "Pengembangan ELKPD Berbasis Discovery Learning pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di Kelas XI Madrasah Aliyah," Jurnal Pendidikan dan Agama Islam, vol. 23, no. 1, pp. 201–213, 2024.
Yenny Anggreini Sarumaha, A. P., "Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP," APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, vol. 10, no. 1, 2024.
Yusuf, M., Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan, Jakarta: Kencana, 2014.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Siti Aisyah, Suriswo Suriswo, Hanung Sudibyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).