Pendidikan dalam Keluarga pada Anak Remaja

Authors

  • Yulianti Yulianti Program Studi Bimbingan Konseling FKIP Universitas Jambi, Indonesia
  • Wim Febrian Syahputra Program Studi Bimbingan Konseling FKIP Universitas Jambi, Indonesia
  • Wina Gusey Nova Gulo Program Studi Bimbingan Konseling FKIP Universitas Jambi, Indonesia
  • Tielsa Gultom Program Studi Bimbingan Konseling FKIP Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.210

Keywords:

Anak (Remaja), Keluarga, Pendidikan

Abstract

Anak adalah titipan dari Tuhan Yang Maha Esa yang diberikan kepada orang tua. Keluarga adalah lingkungan pertama yang dimasuki remaja manusia ketika ia lahir ke dunia. Yang kemudian, keluarga juga menjadi lingkungan terpenting dalam pembentukan sifat dan karakter. Demikian pula dalam keluargalah anak sejak usia dini melewati proses pendidikan yang pertama dan terpenting. Penelitian ini bertujuan untuk dapat melihat peranan pendidikan di dalam keluarga pada anak dan remaja. Di dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode literatur review dengan mengumpulkan beberapa hasil temuan dari penelitian yang kemudian akan direview. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya yang sebenarnya dikatakan sebagai institusi pendidikan dan sangat utama memiiki peran dominan, dan memiliki dampak  yang relavan bagi pertumbuhan dan perkembangan anak ialah  keluarga. Karena anak banyak menghabiskan waktu hidupnya dari sejak dini hingga dewasa bersama keluarga. Hal ini menunjukkan fungsi maupun peran keluarga dalam pendidikan keluarga sangatlah penting dan urgen dibutuhkan bagi tumbuh kembang seorang anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Z. Z., & Murdiana, E. (2020). Peran Dan Fungsi Keluarga Dalam Pendampingan Pendidikan Anak Ditengah Pandemi Covid-19. JSGA: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 2(01), 120–137.

Arifin, S. (2017). Revitalisasi Keluarga Sebagai Lingkungan Pendidikan. Jurnal Kariman, 5(1), 1–22. http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/40

Baharun, H. (2016). Pendidikan Anak dalam Keluarga: Telaah Epistemologis. Jurnal Pedidikan, 3(2), 96–107.

Dai, L. & Wang, L. (2015). Review of family functioning. Journal of Social Sciences, 3(12),134-141. doi:10.4236/jss.2015 .312014.

Dewi, K. S., & Ginanjar, A. S. (2019). Peranan faktor-faktor interaksional dalam perspektif teori sistem keluarga terhadap kesejahteraan keluarga. Jurnal Psikologi, 18(2), 245-263. doi:10.14710/jp.18.2.245- 263.

Handayani, R., Purbasari, I., & Setiawan, D. (2020). Tipe-Tipe Pola Asuh Dalam Pendidikan Keluarga. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 16–23. https://doi.org/10.24176/re.v11i1.4223

Herawati, T., Pranaji, D. K., Pujihasvuty, R., & Latifah, E. W. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pelaksanaan Fungsi Keluarga di Indonesia. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 13(3), 213–227. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.3.213

Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 245–260. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.580

Roman, N. V., Schenck, C. S., Ryan, J., Brey, F., Henderson, N., Lukelelo, N., MinnaarMcDonald, M., & Saville, V. (2015). Relational aspects of family functioning and family satisfaction with a sample of families in the western cape. Social Work, 52(1), 302-312. doi:doi.org/10.15270/52-2- 511.

Setiani, R. E. (2018). Pendidikan Anak dalam Keluarga (Perspektif Agama dan Sosial Budaya). Yin Yang, 13(1), 105–116.

Sunarti, E. (2013), Tipologi keluarga di wilayah perdesaan dan perkotaan. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 6(2), 73-81. doi:10.24156/jikk.2013.6.2.73.

Syahraeni, A. (2015). Tanggung jawab keluarga dalam pendidikan anak. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 2(1), 27–45.

Soemarjan, Selo (1962). Sosiologi Suatu Pengantar (Yogyakarta: Gajah Mada Press).

Wahidin, U. (2017). Peran Strategis Keluarga Dalam Pendidikan Anak. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 1(02). https://doi.org/10.30868/ei.v1i02.19.

Waby, Hasby. (2012). "Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Pertama Dan Utama" Jurnal Ilmiah Didaktika XII no. 2.

Winarti. 2019. Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Orientasi Pola Asuh Anak Usia Dini (Studi Di Ra Al Karimy Kec. Kutorejo Kab. Mojokerto). Proceedings The 3rd Annual International Conference on Islamic Education (AICIEd) 2019, 261-70.

Yeni, Rahmawati, et al. 2017. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: kencana.

Downloads

Published

2023-07-14

How to Cite

Yulianti, Y., Syahputra, W. F., Gulo, W. G. N., & Gultom, T. (2023). Pendidikan dalam Keluarga pada Anak Remaja. Journal of Education Research, 4(3), 980–985. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.210

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)