Urutan Pemerolehan Konjungsi Intrakalimat pada Usia Kelas Tinggi Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.205Abstract
Penelitian ini mengaji urutan pemerolehan konjungsi intrakalimat pada siswa kelas tinggi usia sekolah dasar. Objek penelitian ini berupa konjungsi intrakalimat. Tujuan penelitian ini membahas urutan pemerolehan konjungsi intrakalimat pada siswa kelas empat SD, urutan pemerolehan konjungsi intrakalimat pada siswa kelas lima SD dan urutan pemerolehan konjungsi intrakalimat pada siswa kelas enam SD. Karakteristik desain penelitian ini yang menggunakan rancangan lintas-seksional (cross-sectional design). Data penelitian ini berupa kalimat dalam karangan siswa yang dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi Sumber data penelitian, yakni siswa sekolah dasar Al Falah Assalam di Sidoarjo yang terdiri atas kelas empat berjumlah dua puluh satu, kelas lima berjumlah dua puluh tiga, dan kelas enam berjumlah dua puluh tiga. Teknik pengumpulan data diperoleh dari setiap subjek penelitian yang menghasilkan enam tulisan sesuai gambar berseri dengan tema tempat wisata di Surabaya. Masing-masing tema ada enam gambar yang disusun secara berurutan. Hasil penelitian ini diperoleh deskripsi urutan pemerolehan konjungsi intrakalimat yang dimulai dari kesamaan, lanjutan atau urutan, tujuan, alasan atau sebaban, konsesi atau kesungguhan, tambahan, pemilihan, menentukan, batas waktu atau hasilan, kesamaan waktu, pertentangan atau kontras, pembatasan atau koreksi, pengandaian atau syarat, tempat berlakunya peristiwa, lebihan, sandingan takserasian, korelatif, keterangan, simpulan, segera atau waktu itu juga kontras atau konsesif keadaan, misalan eksesif atau akibat.
Downloads
References
Allenby. Greg M. & Joachim Buscken. 2020. Improving Text Analysis Using Sentence Conjunctions and Punctuation. Journal The Institute for Operations Research and the Management Sciences, Volume 39, Issue 4, 7 July 2020, Pages 669—848,
Alwi, Hasan dkk. 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Ardiansyah, R. (2018). Pemerolehan konjungsi koordinatif dan subordinatif pada siswa sekolah dasar. Jurnal Belajar Bahasa, 3(2), 208-219.
Arifin, E. Z., & Matanggui, J. H. 2013. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Tangerang: Pustaka Mandiri.
Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.
Chomsky, Carol. 1969. The Acquisition of Syntax in children from 5 to 10. Second Edition. New Jersey: Prentice-Hall.
Engelkamp, Johannes & Ralf Rummer. 2002. Subordinating Conjunctions As Devices For Unifying Sentences In Memory, European Journal of Cognitive Psychology, Volume 14, Isssue 3, Pages 353—369.
Halliday, M.A.K dan Ruqaiya Hasan. 1979. Cohesion in English. London: Logman Group Limited.
Hartanto, R. A., Putri, S. A., & Sumarlam, S. (2022). Penggunaan konjungsi dalam tindak tutur mengkritik pada ulasan transportasi umum di media YouTube. Translation and Linguistics (Transling), 2(2), 86-91.
Kelly M.H. 1993. Word and World Order: Semantic, Phonological, and Metrical Determinants of Serial Position. Cognitive Psychology. Volume 25, Issue 2, Pages 188—230.
Krashen, Stephen D. 1989. Language Acquisition and language Education, Extension and Application, Prentice Hall International, BPCC Wheatons Ltd. Exeter.
Kridalaksana, Harimurti. 1984. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.
Kurikulum 2004. Panduan Materi Bahasa Indonesia SMA dan MA. Jakarta: DEPDIKNAS.
Maulina, Yeni. 2018. The Using of Conjunction in Discourse of Literacy Learning. Madah, Journal Madah, Volume 9, Issue 2, Edisi Oktober 2018: 191—202
Melia. (2017). Analisis Penggunaan Konjungsi Bahasa Indonesia pada Editorial Surat Kabar Tribun Pontianak. Jurnal Pendidikan Bahasa, 6(2), 281.
Nugraha, O. A., Ngalim, A., & Nasucha, Y. (2015). Penggunaan Konjungsi dalam Bahasa Tulis dan Lisan oleh Siswa Kelas Lima Sekolah Dasar Baki Pandeyan 01 Sukoharjo. Jurnal Penelitian Humaniora, 16(2), 43-50.
Rani, Adul dkk. 2006. Analisis Wacana: Sebuah Kajian Bahasa dalam Pemakaian. Malang: Banyumedia Publishing.
Simanjuntak, Mangantar. 1990. Psikolinguistik Perkembangan: Teori-teori Perolehan Fonologi. Jakarta: Gaya Media Pratama.
Sirulhaq, A., Mahsun, M., Sukri, S., & Kaharuddin, K. (2021). Penggunaan peranti penghubung antarkalimat dalam teks genre naratif buku pelajaran Bahasa Indonesia SMA kelas XI. Jurnal Bastrindo, 2(1), 1-8.
Solichin, R. T., & Hardiyanto, F. E. (2022). Analisis Penggunaan Preposisi dan Konjungsi pada Teks Karangan Negosiasi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter (JIPK), 7(1), April.
Steinberg, Danny D. 1990. Psikolinguistik: Bahasa, Akal Budi, dan Dunia. Terjemahan Azhar M. Simin. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.
Unubi, Abraham Sunday. 2016. Conjunctions in English: Meaning, Types and Uses. International Journal of Social Science and Humanities Research, Volume 4, Issue 3, Pages 202—213.
Wahyuningsih, B., Hodidjah, H., & Apriliya, S. (2017). Jenis dan Kuantitas Konjungsi dalam Cerita Anak. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 59-65.
Wulandari, Desy Indah. Pemerolehan Bahasa Indonesia Anak Usia 3-5 Tahun Di PAUD Lestari Desa Blimbing Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan, 2018, Jurnal Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. P-ISSN: 2302-5778 Vol 6 No. 1 Februari 2018 Hal 74 – 83 E-ISSN: 2580-3225 Vol 2 No. 1 Februari 2018 Hal 74 – 83
Yasir, M. (2021). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia 9 Tahun: Kajian Pemerolehan Fonologi dan Ujaran. DEIKSIS, 13(3), 249. https://doi.org/10.30998/deiksis.v13i3.10046
Yulianto, Bambang. 2001. Perkembangan Fonologis Tuturan Bahasa Indonesia Anak: Suatu Tinjauan Berdasarkan Fonologi Generatif. Disertasi. Malang: FPS IKIP Malang.
Yulianto, Bambang. 2008. Aspek Kebahasan dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Roely Ardiansyah, Agung Pranoto, Adelia Novisa Safitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).