Perubahan Substansi Kurikulum Bahasa Arab Berdasarkan KMA Nomor 347 Tahun 2022

Authors

  • Achmad Baidowi Alwi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya,, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.204

Keywords:

Perubahan, Substansi, Kurikulum Bahasa Arab, KMA 347

Abstract

Abstrak ini bertujuan untuk membahas perubahan substansi kurikulum bahasa Arab berdasarkan KMA Nomor tiga ratus empat puluh tujuh Tahun dua ribu dua puluh dua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi modifikasi kurikulum bahasa Arab yang ditunjukkan pada urutan nomor tiga ratus empat puluh tujuh yang didokumentasikan Kementerian Agama pada tahun dua ribu dua puluh dua. Ini menimbulkan masalah bagi para pendidik untuk menggunakan KMA terakhir, yang menggambarkan kelas agama Islam. instruksi dan pembelajaran bahasa Arab. Selain itu, modifikasi kurikulum yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan diubah dari penggunaan kelas K tiga belas sebelumnya menjadi kurikulum tersendiri. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif-analisis untuk menganalisis latar belakang, tujuan, dan hasil dari perubahan tersebut. Tentu saja, seorang guru memiliki kewenangan untuk memodifikasi kurikulum dengan cara yang berbeda dari rencana semula.Database digunakan sebagai pendekatan penelitian dalam penelitian ini. Data KMA Nomor tiga ratus empat puluh tujuh Tahun dua ribu dua puluh dua dikumpulkan dari berbagai makalah, sumber literatur, termasuk buku, artikel majalah, instruksi menteri, dan berita. Simpulan dari penelitian ini bahwa Beasiswa berbasis KMA Nomor tiga ratus empat puluh tujuh dan bahasa Arab akan tersedia pada tahun dua ribu dua puluh dua, dan mampu mengembangkan siswa yang religius, utuh, religius, berbudaya, kreatif, inventif, adil, kooperatif, bermartabat, dan dapat memperkuat karakter Pancasila siswa. Catatan siswa juga ini Rahmatan Lil ‘Alamin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrullah, A. F. (2021). Manajemen Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab. Kencana.

Arika, Y. (2020). Pandemi Covid-19 Memperdalam Krisis Pembelajaran - Kompas.id. Kompas. https://www.kompas.id/baca/dikbud/2020/12/30/pandemi-memperdalam-krisis-pembelajaran

Desrani, A., & Zamani, D. A. (2021). “Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Alfazuna, 5(2).

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. (2019). Keputusan Menteri Agama Nomor 183 Tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah.

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. (2022). Keputusan Menteri Agama nomor 347 Tahun 2022, Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah.

Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. (2019). Keputusan Menteri Agama Nomor 184 Tahun 2019, Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum dalam Madrasah.

Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. Jurnal Universitas PGRI Palembang.

Manzilah, F. D. (2021). Analisis Buku Ajar ‘Al-Arobiyah Li Ad Darisin’ Berdasarkan Kurikulum Bahasa Arab Berdasarkan KMA 183 Tahun 2019 di MAN 1 Lamongan. [Skripsi]. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Muradi, O. A., & Ag, M. (2014). TUJUAN PEMBELAJARAN BAHASA ASING (ARAB) DI INDONESIA. Jurnal Al-Maqayis, 1(1). https://doi.org/10.18592/JAMS.V1I1.182

Nira, R. D., & Fauziyah, Y. (2021). Development of Arabic Curriculum in Improving Pedagogic Competence of Lecturer Ma’had Umar Bin Al-Khattab. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 294–309. https://doi.org/10.31538/NZH.V4I2.1480

Nurrizqi, A., Sunan, U., & Yogyakarta, K. (2021). Karakteristik Pendidikan Agama Islam di Madrasah Prespektif Kebijakan Pendidikan. BINTANG, 3(1), 124–141. https://doi.org/10.36088/BINTANG.V3I1.1152

Rahayu, K. N. S., & Rahayu, K. N. S. (2021). Sinergi Pendidikan Menyongsong Masa Depan Indonesia Di Era Society 5.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87–100. https://doi.org/10.55115/edukasi.v2i1.1395

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230–249. https://doi.org/10.22146/JKN.67613

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidkan (KTSP). Kencana.

Surur, M., & Roziqin, M. K. (2021). Islamic Education Learning Process in Evaluation Curriculum: The Minister of Religion Decree No.183 and 184 of 2019. SCHOOLAR: Social and Literature Study in Education, 1(1), 45–49. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/jurnal_pengabdian/article/view/1312

Walfajri. (2018). LANDASAN PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB (Vol. 20, Issue 01).

Widayat, P. A., Munthe, B., & Musthofa, T. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN INTERAKSIONAL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI BERBAHASA ARAB SISWA. Arabi : Journal of Arabic Studies, 6(1), 39–53. https://doi.org/10.24865/AJAS.V6I1.310

Zulaicha, S. (2020). Penerapan Kurikulum Integratif Madrasah Pondok Pesantren Pada Madrasah Aliyah Al-Maarif Singosari Kabupaten Malang [Skripsi]. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Downloads

Published

2023-11-11

How to Cite

Baidowi Alwi, A. (2023). Perubahan Substansi Kurikulum Bahasa Arab Berdasarkan KMA Nomor 347 Tahun 2022. Journal of Education Research, 4(4), 1753–1760. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.204

Issue

Section

Articles

Citation Check