Perubahan Substansi Kurikulum Bahasa Arab Berdasarkan KMA Nomor 347 Tahun 2022
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.204Keywords:
Perubahan, Substansi, Kurikulum Bahasa Arab, KMA 347Abstract
Abstrak ini bertujuan untuk membahas perubahan substansi kurikulum bahasa Arab berdasarkan KMA Nomor tiga ratus empat puluh tujuh Tahun dua ribu dua puluh dua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi modifikasi kurikulum bahasa Arab yang ditunjukkan pada urutan nomor tiga ratus empat puluh tujuh yang didokumentasikan Kementerian Agama pada tahun dua ribu dua puluh dua. Ini menimbulkan masalah bagi para pendidik untuk menggunakan KMA terakhir, yang menggambarkan kelas agama Islam. instruksi dan pembelajaran bahasa Arab. Selain itu, modifikasi kurikulum yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan diubah dari penggunaan kelas K tiga belas sebelumnya menjadi kurikulum tersendiri. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif-analisis untuk menganalisis latar belakang, tujuan, dan hasil dari perubahan tersebut. Tentu saja, seorang guru memiliki kewenangan untuk memodifikasi kurikulum dengan cara yang berbeda dari rencana semula.Database digunakan sebagai pendekatan penelitian dalam penelitian ini. Data KMA Nomor tiga ratus empat puluh tujuh Tahun dua ribu dua puluh dua dikumpulkan dari berbagai makalah, sumber literatur, termasuk buku, artikel majalah, instruksi menteri, dan berita. Simpulan dari penelitian ini bahwa Beasiswa berbasis KMA Nomor tiga ratus empat puluh tujuh dan bahasa Arab akan tersedia pada tahun dua ribu dua puluh dua, dan mampu mengembangkan siswa yang religius, utuh, religius, berbudaya, kreatif, inventif, adil, kooperatif, bermartabat, dan dapat memperkuat karakter Pancasila siswa. Catatan siswa juga ini Rahmatan Lil ‘Alamin.
Downloads
References
Amrullah, A. F. (2021). Manajemen Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab. Kencana.
Arika, Y. (2020). Pandemi Covid-19 Memperdalam Krisis Pembelajaran - Kompas.id. Kompas. https://www.kompas.id/baca/dikbud/2020/12/30/pandemi-memperdalam-krisis-pembelajaran
Desrani, A., & Zamani, D. A. (2021). “Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Alfazuna, 5(2).
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. (2019). Keputusan Menteri Agama Nomor 183 Tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah.
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. (2022). Keputusan Menteri Agama nomor 347 Tahun 2022, Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah.
Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. (2019). Keputusan Menteri Agama Nomor 184 Tahun 2019, Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum dalam Madrasah.
Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. Jurnal Universitas PGRI Palembang.
Manzilah, F. D. (2021). Analisis Buku Ajar ‘Al-Arobiyah Li Ad Darisin’ Berdasarkan Kurikulum Bahasa Arab Berdasarkan KMA 183 Tahun 2019 di MAN 1 Lamongan. [Skripsi]. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Muradi, O. A., & Ag, M. (2014). TUJUAN PEMBELAJARAN BAHASA ASING (ARAB) DI INDONESIA. Jurnal Al-Maqayis, 1(1). https://doi.org/10.18592/JAMS.V1I1.182
Nira, R. D., & Fauziyah, Y. (2021). Development of Arabic Curriculum in Improving Pedagogic Competence of Lecturer Ma’had Umar Bin Al-Khattab. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 294–309. https://doi.org/10.31538/NZH.V4I2.1480
Nurrizqi, A., Sunan, U., & Yogyakarta, K. (2021). Karakteristik Pendidikan Agama Islam di Madrasah Prespektif Kebijakan Pendidikan. BINTANG, 3(1), 124–141. https://doi.org/10.36088/BINTANG.V3I1.1152
Rahayu, K. N. S., & Rahayu, K. N. S. (2021). Sinergi Pendidikan Menyongsong Masa Depan Indonesia Di Era Society 5.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87–100. https://doi.org/10.55115/edukasi.v2i1.1395
Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230–249. https://doi.org/10.22146/JKN.67613
Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidkan (KTSP). Kencana.
Surur, M., & Roziqin, M. K. (2021). Islamic Education Learning Process in Evaluation Curriculum: The Minister of Religion Decree No.183 and 184 of 2019. SCHOOLAR: Social and Literature Study in Education, 1(1), 45–49. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/jurnal_pengabdian/article/view/1312
Walfajri. (2018). LANDASAN PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB (Vol. 20, Issue 01).
Widayat, P. A., Munthe, B., & Musthofa, T. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN INTERAKSIONAL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI BERBAHASA ARAB SISWA. Arabi : Journal of Arabic Studies, 6(1), 39–53. https://doi.org/10.24865/AJAS.V6I1.310
Zulaicha, S. (2020). Penerapan Kurikulum Integratif Madrasah Pondok Pesantren Pada Madrasah Aliyah Al-Maarif Singosari Kabupaten Malang [Skripsi]. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Achmad Baidowi Alwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).