Hubungan antara Kompetensi Profesional Guru dan Budaya Organisasi dengan Kinerja Guru di SD Gugus 10 Kota Prabumulih

Darusman Darusman(1Mail), Edi Harapan(2), Tahrun Tahrun(3),
(1) Sekolah Dasar Negeri 25 Kota Prabumulih, Indonesia
(2) Universitas PGRI Palembang, Indonesia
(3) Universitas PGRI Palembang, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Darusman Darusman, Edi Harapan, Tahrun Tahrun

DOI : https://doi.org/10.37985/joe.v1i3.20

Download Full Text:   [File Size  : 96KB]  Language : id

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi kontribusi variabel profesionalisme dan budaya organisasi di sekolah terhadap kinerja guru SD di Gugus 10 Kota Prabumulih. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Teknik analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat hubungan signifikan antara kompetensi professional dengan kinerja guru; 2) terdapat hubungan signifikan antara budaya organisasi di sekolah dengan kinerja guru SD di Gugus 10 Kota Prabumulih; 3) terdapat hubungan signifikan antara kompetensi profesional dan budaya organisasi dengan kinerja guru SD di Gugus 10 Kota Prabumulih

Keywords


Kompetensi Profesional Guru; Budaya Organisasi; Kinerja Guru

References


Alma, Buchari. (2010). Guru Profesional. Bandung: Alfa Beta.

Ariayanti, Nel (2015). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Manajemen & Bisnis 14(02).

Asvio, N., Yamin, M., & Risnita. (2019). Influence of Leadership Style, Emotional Intelligence and Job Satisfaction toward Organizational Commitment (Survey at SMA Muhammadiyah South Sumatera). International Journal of Scientific & Technology Research 8 (8).

Barnawi., & Arifin, M. (2014). Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Fattah, A. H. (2019). Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai (Budaya Organisasi, Perilaku Pemimpin, dan Efikasi Diri). Yogyakarta: Elmatera.

Handayani, T., & Rasyid, A. A. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru, dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Wonosobo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 3(2).

Majid, A. (2005). Perencanaan Pembelajaran. Bandung edisi revisi: Remaja Rosdakarya.

Murkatik, K., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). The Influence of Professional and Pedagogic Competence on Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 58-69. Retrieved from https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/10

Raharjo. (2016). Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Rohma, S., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). The Influence of School-Based Management and Teacher’s Professionalism toward Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 13-23. Retrieved from https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/6

Saputra, D. S. (2011). Hubungan antara Kompetensi Profesionalisme dengan Kinerja Guru di SMA XXX Tangerang. (Online). Psikologi, 9(2). (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=94837&val=4564, Agustus 2016).

Suharsaputra, U. (2018). Supervisi Pendidikan: Pendekatan Sistem BerbasisKinerja. Bandung: Refika Aditama.

Suhayati, L. Y. Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, dan Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, Volume XIII, 1 Oktober 2013.

Sutrisno, E. (2019). Budaya Organisasi. Jakarta: Predanameida Froup.

Suwarto, F. X., & Koeshartono. (2009) Analisis Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia.

Tobari., Kristiawan, M. & Asvio, N. (2018). The Strategy of Headmaster on Upgrading Educational Quality in Asean Economic Community (AEC) Era. International Journal of Scientific & Technology Research 7 (4).


Article Metrics

 Abstract Views : 104 times
 PDF Downloaded : 87 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.