Pengaruh Kualifikasi Akademik dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru

Authors

  • Muhammad Alamsyah Sekolah Dasar Negeri 210 Palembang, Indonesia
  • Syarwani Ahmad Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Helmi Harris Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/joe.v1i3.19

Keywords:

Kualifikasi Akademik, Pengalaman Mengajar, Profesionalme Guru

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mengkaji: 1) pengaruh kualifikasi akademik terhadap profesionalisme guru; 2) pengaruh pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru; dan 3) pengaruh kualifikasi akademik dan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis dapat diambil kesimpulan: 1) kualifikasi akademik berpengaruh terhadap profesionalisme guru; 2) pengalaman mengajar berpengaruh signifikan terhadap profesionalisme guru; 3) kualifikasi akademik dan pengalaman mengajar bersama–sama berpengaruh signifikan terhadap profesionalisme guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmad. (2016). Ketahanmalangan Kepemimpinan Kepala Sekolah Salah Satu Faktor Penentu Keberhasilan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Deepublish.

Ahmadi. (2018). Profesi Keguruan Konsep & Strategi Mengembangkan Profesi & Karier Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Aqib, Z. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya.

Asvio, N., Yamin, M., & Risnita. (2019). Influence of Leadership Style, Emotional Intelligence and Job Satisfaction toward Organizational Commitment (Survey at SMA Muhammadiyah South Sumatera). International Journal of Scientific & Technology Research 8 (8).

Caplow, T. (1965). The Academic Marketplace. Garden City: Anchor.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2018). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Lefrancois, G. R. (1991). Psychology for Teaching. Belmont, CA: Wadsworth.

Mulyasa, E. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Munib. (2007). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Murkatik, K., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). The Influence of Professional and Pedagogic Competence on Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 58-69. Retrieved from https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/10

Rahayu, I. D. (2011). Kualifikasi Akademik. Malang: UMM Press.

Rohanim & Hendarman. (2018). Kepala Sekolah Sebagai Manajer: Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rohma, S., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). The Influence of School-Based Management and Teacher’s Professionalism toward Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 13-23. Retrieved from https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/6

Simanjuntak, S. L., & Siregar, N. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Koooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Listrik Dinamis. Jurnal Inpafi 2 (2), Mei 2014.

Tobari., Kristiawan, M. & Asvio, N. (2018). The Strategy of Headmaster on Upgrading Educational Quality in Asean Economic Community (AEC) Era. International Journal of Scientific & Technology Research 7 (4).

Downloads

Published

2020-11-03

How to Cite

Alamsyah, M., Ahmad, S., & Harris, H. (2020). Pengaruh Kualifikasi Akademik dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru. Journal of Education Research, 1(3), 1830187. https://doi.org/10.37985/joe.v1i3.19

Citation Check