Pengaruh Kualifikasi Akademik dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru

Muhammad Alamsyah(1Mail), Syarwani Ahmad(2), Helmi Harris(3),
(1) Sekolah Dasar Negeri 210 Palembang, Indonesia
(2) Universitas PGRI Palembang, Indonesia
(3) Universitas PGRI Palembang, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Muhammad Alamsyah, Syarwani Ahmad, Helmi Harris

DOI : https://doi.org/10.37985/joe.v1i3.19

Download Full Text:   [File Size  : 115KB]  Language : id

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mengkaji: 1) pengaruh kualifikasi akademik terhadap profesionalisme guru; 2) pengaruh pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru; dan 3) pengaruh kualifikasi akademik dan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis dapat diambil kesimpulan: 1) kualifikasi akademik berpengaruh terhadap profesionalisme guru; 2) pengalaman mengajar berpengaruh signifikan terhadap profesionalisme guru; 3) kualifikasi akademik dan pengalaman mengajar bersama–sama berpengaruh signifikan terhadap profesionalisme guru.

Keywords


Kualifikasi Akademik; Pengalaman Mengajar; Profesionalme Guru

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmad. (2016). Ketahanmalangan Kepemimpinan Kepala Sekolah Salah Satu Faktor Penentu Keberhasilan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Deepublish.

Ahmadi. (2018). Profesi Keguruan Konsep & Strategi Mengembangkan Profesi & Karier Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Aqib, Z. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya.

Asvio, N., Yamin, M., & Risnita. (2019). Influence of Leadership Style, Emotional Intelligence and Job Satisfaction toward Organizational Commitment (Survey at SMA Muhammadiyah South Sumatera). International Journal of Scientific & Technology Research 8 (8).

Caplow, T. (1965). The Academic Marketplace. Garden City: Anchor.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2018). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Lefrancois, G. R. (1991). Psychology for Teaching. Belmont, CA: Wadsworth.

Mulyasa, E. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Munib. (2007). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Murkatik, K., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). The Influence of Professional and Pedagogic Competence on Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 58-69. Retrieved from https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/10

Rahayu, I. D. (2011). Kualifikasi Akademik. Malang: UMM Press.

Rohanim & Hendarman. (2018). Kepala Sekolah Sebagai Manajer: Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rohma, S., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). The Influence of School-Based Management and Teacher’s Professionalism toward Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 13-23. Retrieved from https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/6

Simanjuntak, S. L., & Siregar, N. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Koooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Listrik Dinamis. Jurnal Inpafi 2 (2), Mei 2014.

Tobari., Kristiawan, M. & Asvio, N. (2018). The Strategy of Headmaster on Upgrading Educational Quality in Asean Economic Community (AEC) Era. International Journal of Scientific & Technology Research 7 (4).


Article Metrics

 Abstract Views : 420 times
 PDF Downloaded : 342 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.