Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Fungsi dan Manfaat Rangka dengan Media Pembelajaran Interaktif pada Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1894Keywords:
Hasil Belajar, IPA, Media InteraktifAbstract
Buruknya prestasi akademik siswa kelas lima di SDS Bina 3 Taruna Medan dalam mata kuliah IPA, terutama yang berkaitan dengan sistem kerangka, adalah masalah yang coba ditangani oleh penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran IPA bagi siswa dengan memanfaatkan sumber belajar interaktif. Dua puluh tujuh siswa kelas lima dari SDS Bina Taruna 3 Medan berpartisipasi dalam penelitian ini. Desain yang digunakan didasarkan pada pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Kemmis dan McTaggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa IPA kelas lima SDS Bina Taruna 3 Medan dapat belajar lebih efektif ketika teknologi interaktif digunakan. Proporsi keterlibatan siswa, yang dianggap tidak mencukupi pada tindakan pertama Siklus I sebesar 53,3% dan pada tindakan kedua pada 60%, menunjukkan peningkatan ini. Di sisi lain, tindakan pertama pada pertemuan kedua menerima 66,7%, dan tindakan kedua menerima 86,7%, keduanya dinilai baik. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa penggunaan materi pembelajaran interaktif telah meningkatkan hasil belajar siswa kelas lima di SDS Bina Taruna 3 Medan.
Downloads
References
Arham, U U, & Dwi Ningsih. Keefekifan Multimedia Interaktif Berbasis Blended Learnig Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, 4(2), 111-118.
Depdiknas. (2006). Permendiknas No. 22 Tahun 2006 berisi tentang Ilmu Pengetahuan. Jakarta.
Herman, Dwi Surjono. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif . Yogyakarta: UNY.
Hisbullah. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Makasar: Aksara Timur.
Kunandar. (2013). Penilaian Autentik. Jakarta: Raja Grasindo.
Wiratmadja, R. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Safitri, Dewi. (2019). Menjadi Guru Profesional. Riau: Indragiri.
Sudjana. (2019). Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nurhaliza Zaend, Ibrahim Daulay, Defi Handayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).