Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Fungsi dan Manfaat Rangka dengan Media Pembelajaran Interaktif pada Siswa Kelas V SD

Authors

  • Ibrahim Daulay Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Pangeran Antasari, Indonesia
  • Nurhaliza Zaend Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Pangeran Antasari, Indonesia
  • Defi Handayani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Pangeran Antasari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1894

Keywords:

Hasil Belajar, IPA, Media Interaktif

Abstract

Buruknya prestasi akademik siswa kelas lima di SDS Bina 3 Taruna Medan dalam mata kuliah IPA, terutama yang berkaitan dengan sistem kerangka, adalah masalah yang coba ditangani oleh penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran IPA bagi siswa dengan memanfaatkan sumber belajar interaktif. Dua puluh tujuh siswa kelas lima dari SDS Bina Taruna 3 Medan berpartisipasi dalam penelitian ini. Desain yang digunakan didasarkan pada pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Kemmis dan McTaggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa IPA kelas lima SDS Bina Taruna 3 Medan dapat belajar lebih efektif ketika teknologi interaktif digunakan. Proporsi keterlibatan siswa, yang dianggap tidak mencukupi pada tindakan pertama Siklus I sebesar 53,3% dan pada tindakan kedua pada 60%, menunjukkan peningkatan ini. Di sisi lain, tindakan pertama pada pertemuan kedua menerima 66,7%, dan tindakan kedua menerima 86,7%, keduanya dinilai baik. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa penggunaan materi pembelajaran interaktif telah meningkatkan hasil belajar siswa kelas lima di SDS Bina Taruna 3 Medan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arham, U U, & Dwi Ningsih. Keefekifan Multimedia Interaktif Berbasis Blended Learnig Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, 4(2), 111-118.

Depdiknas. (2006). Permendiknas No. 22 Tahun 2006 berisi tentang Ilmu Pengetahuan. Jakarta.

Herman, Dwi Surjono. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif . Yogyakarta: UNY.

Hisbullah. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Makasar: Aksara Timur.

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik. Jakarta: Raja Grasindo.

Wiratmadja, R. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Safitri, Dewi. (2019). Menjadi Guru Profesional. Riau: Indragiri.

Sudjana. (2019). Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2024-12-11

How to Cite

Daulay, I., Zaend, N., & Handayani, D. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Fungsi dan Manfaat Rangka dengan Media Pembelajaran Interaktif pada Siswa Kelas V SD. Journal of Education Research, 5(4), 6048–6054. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1894

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check