Pengembangan Media Flashcard Pancasila untuk Menguatkan Profil Pelajar Pancasila Siswa Kelas X SMAN 1 Malang
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1886Keywords:
Flashcard Pancasila, Profil Pelajar Pancasila, Siswa Kelas X SMAN 1 MalangAbstract
Kajian ini dilatarbelakangi oleh Profil Pelajar Pancasila yang mulai luntur pada beberapa siswa kelas X SMAN 1 Malang. Hal ini menyebabkan kurangnya terbentuk karakter siswa yang sesuai denga Pancasila. Tujuan kajian ini adalah guna meningkatkan Profil Pelajar Pancasila Siswa Kelas X SMAN 1 Malang dengan mengimplementasikan pengembangan media flashcard, yakni Flashcard Pancasila. Metode yang diterapkan adalah Pengembangan atau Research and Development (R & D). kajian ini mengenakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Kajian ini menerapkan Instrumen berupa Lembar Observasi, Lembar Validasi, dan Angket. Hasil kajian menunjukkan bahwa media Flashcard Pancasila mampu menguatkan Profil Pelajar Pancasila, karena berada pada tingkatan yang sangat layak digunakan dengan perolehan rata-rata hasil validasi oleh dua validator sebesar 97,9 % dan hasil penilaian oleh guru kelas sebesar 96%.
Downloads
References
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Bowo, T. A., & Budiati, B. (2019). Model Pembelajaran Bahasa Inggris Interaktif Menggunakan Flash Card Berbasis Pancasila Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Bangsa. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang pendidikan Dan Pengajaran, 11(2), 59-74. https://doi.org/10.26877//mpp.v11i2.3362
Carvalho, R. A., & Carvalho, A. G. (2020). Improving critical thinking through active learning strategies: The role of flashcards in the classroom. Journal of Education and Learning, 9(4), 215-228.
Ernawati, Iis dan Totok Sukardiyono. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo, Vol.2, No. 2.
Gillies, R. M. (2016). Cooperative learning: Review of research and practice. Australian Journal of Teacher Education, 41(3), 1-10.
Hamidah, J. (2020). Implementasi Media Flash Card dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius pada Pembelajaran Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 3(1), 1-14. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i1.751.
Ismail, S., Suhana, S. and Zakiah, Q.Y., 2020. Analisis kebijakan penguatan pendidikan karakter dalam mewujudkan pelajar pancasila di sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), pp.76-84.
McCarty, W. P., & MacIntyre, J. R. (2015). Engaging Students in Meaningful Spiritual Reflection in the Classroom: How Flashcards Can Help. Journal of Educational Psychology, 60(3), 220-235.
Mursidawati, M., 2023. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P-5) Pada Kurikulum Merdeka Jenjang SMA. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4).
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 Tahun 2020 tentang Profil Pelajar Pancasila.
Rayanto, Yudi Hari dan Sugiati. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktek. Jawa Timur: Lembaga Academic dan Research Institute
Safitri, A., Wulandari, D., Herlambang, Y.R. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076-7086.
Safitri, Rima Wulan; Primiani, Cicilia Novi, Hartini. (2018). Pengembangan media flashcard tematik berbasis permainan tradisional untuk kelas IV sub tema lingkungan tempat tinggalku. Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8.1: 11.
Salim dan Haidir. (2019). Penelitian pendidikan Metode Pendekatan dan Jenis. Jakarta: Kencana.
Shaw, R., & Low, G. (2018). Promoting Global Awareness and Cultural Sensitivity through Flashcards in English Language Learning. Journal of Language and Education, 5(3), 94-105.
Taniredja, Tukuran dan Hidayati Mustafidah. (2012). Penelitian Kuantitatif (sebuah pengantar). Bandung: Alfabeta.
Trisnanti, Ida Ayu Nyoman Lilis, et al. Pengaruh Media Flashcard Bilingual Terhadap Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Permulaan Anak Kelompok B TK Gugus Mawa Kecamatan Denpasar Selatan Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2018, 6.3: 344-352.
Young, V. M., House, A., Wang, H., Singleton, C., & Klopfenstein, K. (2011). Inclusive STEM schools: Early promise in Texas and unanswered questions. Highly Successful Schools or Programs for K-12 STEM Education: A Workshop. Washington, DC: National Academies. Retrieved May, 1, 2014.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Meidi Saputra, Rif’an Mashuri Pramono, Memes Linda Ayu, Nadia Eka Septia Widuri, Shela Aprilia Pratiwi, Shellin Nourmalia, Timulis Farika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).