Efektivitas Model Cycle Learning 5e Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD pada Materi IPA

Authors

  • Aan Dwi Arzyana Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Semarang
  • Eko Handoyo Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Semarang
  • Tri Joko Raharjo Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Semarang
  • Bambang Subali Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Semarang
  • Decky Avrilianda Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1884

Keywords:

Model Learning Cycle 5E, Ilmu Pengetahuan Alam, Berpikir Kritis, Sekolah Dasar

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan keterampilan penting yang harus dikembangkan pada siswa sekolah dasar, terutama dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model Learning Cycle 5E dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada materi IPA. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu, penelitian melibatkan dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan model Learning Cycle 5E dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis yang dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Learning Cycle 5E secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan metode konvensional (p < 0,05). Hasil ini mendukung model Learning Cycle 5E sebagai pendekatan inovatif yang efektif dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrochim, P. L., Khairunnisa, Y., Nurani, M., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Aplikasi BEAT (Belajar Asyik Tentang) Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3972–3981. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2749

Bybee, R. W. (2015). Rodger w. bybee.

Facione, P. a. (2015). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts. In Insight assessment (Issue ISBN 13: 978-1-891557-07-1.). https://www.insightassessment.com/CT-Resources/Teaching-For-and-About-Critical-Thinking/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts-PDF

Fitri.k. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Cycle 5E Dan Metode Pembelajaran Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas VII Di SMP Negeri Muaro Jambi. 1–7.

Junaid, H. (2012). Sumber, Azas dan Pendidikan. Sulesana, 7(2), 1–19.

Limbong, C., Rohadi, N., & Hamdani, D. (2019). Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Penguasaan Konsep Dengan Model Pembelajaran Siklus Belajar Tipe 5E Di Kelas X Ipa 3 Sman 9 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 2(1), 33–40. https://doi.org/10.33369/jkf.2.1.33-40

Nugraha, R., Wahyuni, S., & Mardiana, M. (2020). (2020). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan IPA, variabel X, 46–47. https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/25104/%5BCetak Perpusnas%5D Ekonomi Islami Solusi Tantangan Zaman.pdf?sequence=1&isAllowed=y#page=71

Nyoman Sutama, I., Bagus Putu Arnyana, I., & Bagus Jelantik Swasta, I. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis Dan Kinerja Ilmiah Pada Pelajaran Biologi Kelas Xi Ipa Sma Negeri 2 Amlapura. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4.

Perta, P. A., Ansori, I., & Karyadi, B. (2017). Peningkatan Aktivitas Dan Kemampuan Menalar Siswa Melalui Model Pembelajaran Siklus Belajar 5E. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 72–81. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.72-81

Putri Nur Solichah, & Dhita Ayu Permata Sari. (2023). Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(3), 596–602. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1117

Rahman, T. (2021). (2021). Pengaruh Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi IPA Sekolah Dasar. 40–64.

Slammento. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya / Slameto.

Stadtländer, C. T. K.-H. (2009). Qualitative, Quantitative, and Mixed-Methods Research. Microbe Magazine, 4(11), 485–485. https://doi.org/10.1128/microbe.4.485.1

Taufiq, M. (2012). Remediasi miskonsepsi mahasiswa calon guru fisika pada konsep gaya melalui penerapan model siklus belajar (Learning cycle) 5E. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 198–203. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i2.2139

Downloads

Published

2024-12-03

How to Cite

Arzyana, A. D., Handoyo, E., Raharjo, T. J., Subali, B., & Avrilianda, D. (2024). Efektivitas Model Cycle Learning 5e Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD pada Materi IPA. Journal of Education Research, 5(4), 5834–5839. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1884

Issue

Section

Articles

Categories