Efektivitas Model Cycle Learning 5e Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD pada Materi IPA
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1884Keywords:
Model Learning Cycle 5E, Ilmu Pengetahuan Alam, Berpikir Kritis, Sekolah DasarAbstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan keterampilan penting yang harus dikembangkan pada siswa sekolah dasar, terutama dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model Learning Cycle 5E dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada materi IPA. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu, penelitian melibatkan dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan model Learning Cycle 5E dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis yang dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Learning Cycle 5E secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan metode konvensional (p < 0,05). Hasil ini mendukung model Learning Cycle 5E sebagai pendekatan inovatif yang efektif dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa di sekolah dasar.
Downloads
References
Abdurrochim, P. L., Khairunnisa, Y., Nurani, M., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Aplikasi BEAT (Belajar Asyik Tentang) Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3972–3981. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2749
Bybee, R. W. (2015). Rodger w. bybee.
Facione, P. a. (2015). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts. In Insight assessment (Issue ISBN 13: 978-1-891557-07-1.). https://www.insightassessment.com/CT-Resources/Teaching-For-and-About-Critical-Thinking/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts-PDF
Fitri.k. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Cycle 5E Dan Metode Pembelajaran Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas VII Di SMP Negeri Muaro Jambi. 1–7.
Junaid, H. (2012). Sumber, Azas dan Pendidikan. Sulesana, 7(2), 1–19.
Limbong, C., Rohadi, N., & Hamdani, D. (2019). Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Penguasaan Konsep Dengan Model Pembelajaran Siklus Belajar Tipe 5E Di Kelas X Ipa 3 Sman 9 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 2(1), 33–40. https://doi.org/10.33369/jkf.2.1.33-40
Nugraha, R., Wahyuni, S., & Mardiana, M. (2020). (2020). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan IPA, variabel X, 46–47. https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/25104/%5BCetak Perpusnas%5D Ekonomi Islami Solusi Tantangan Zaman.pdf?sequence=1&isAllowed=y#page=71
Nyoman Sutama, I., Bagus Putu Arnyana, I., & Bagus Jelantik Swasta, I. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis Dan Kinerja Ilmiah Pada Pelajaran Biologi Kelas Xi Ipa Sma Negeri 2 Amlapura. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4.
Perta, P. A., Ansori, I., & Karyadi, B. (2017). Peningkatan Aktivitas Dan Kemampuan Menalar Siswa Melalui Model Pembelajaran Siklus Belajar 5E. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 72–81. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.72-81
Putri Nur Solichah, & Dhita Ayu Permata Sari. (2023). Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(3), 596–602. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1117
Rahman, T. (2021). (2021). Pengaruh Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi IPA Sekolah Dasar. 40–64.
Slammento. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya / Slameto.
Stadtländer, C. T. K.-H. (2009). Qualitative, Quantitative, and Mixed-Methods Research. Microbe Magazine, 4(11), 485–485. https://doi.org/10.1128/microbe.4.485.1
Taufiq, M. (2012). Remediasi miskonsepsi mahasiswa calon guru fisika pada konsep gaya melalui penerapan model siklus belajar (Learning cycle) 5E. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 198–203. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i2.2139
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Aan Dwi Arzyana, Eko Handoyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).