Persepsi Siswa terhadap Game Edukasi Ular Tangga dalam Pembelajaran IPA

Authors

  • Andi Winda Wahyuni Pendidikan Biolog, Universitas Muhammadiyah Bone
  • Sitti Asmah Pendidikan Biolog, Universitas Muhammadiyah Bone
  • Muliana Muliana Pendidikan Biolog, Universitas Muhammadiyah Bone

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1883

Keywords:

Game Edukasi, Persepsi Siswa, Ular Tangga, Prmbelajaran IPA, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi siswa terhadap penggunaan game edukasi ular tangga dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di tingkat sekolah dasar. Game edukasi ular tangga dipilih sebagai media pembelajaran alternatif karena potensinya dalam menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Melibatkan 30 siswa kelas III, fokus utama penelitian adalah untuk merespons pengalaman langsung melalui pengamatan wawancara, data dikumpulkan untuk dianalisis secara tematik guna mengeksplorasi dampak dan pengalaman siswa dalam menggunakan permainan. Hasilnya menunjukkan bahwa permainan ular tangga merangsang keterlibatan aktif, meningkatkan minat belajar, serta memperkuat pemahaman siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Auliyawati, J., & Nugroho, O. F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Materi IPA. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 15(2), 61–64. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v15i2.9117

Barokah, A., Khasanah, F. N., Azzahra, S. S., & Dewi, N. (2024). Studi Literatur Analisis Penggunaan Media Pembelajaran IPA Terhadap Hasil Belaajar Siswa di Sekolah Dasar. 09(September).

Khakimah, N., Dia, A., Sari, I., Guru, P., Dasar, S., Gresik, U. M., Guru, P., Dasar, S., Gresik, U. M., & Belajar, M. (2024). Implementasi Permainan Tradisionalular Tangga Guna Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ipas. Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–9.

Kulsum, U., & Muhid, A. (2022). Pendidikan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Digital. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 12(2), 157–170. https://doi.org/10.33367/ji.v12i2.2287

Mohamad Yudiyanto, Muhammad Jamil Arifillah, Peri Ramdani, & Masripah, I. (2022). Penerapan Permainan Ular Tangga Sebagai Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA. Murabbi, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.69630/jm.v1i1.1

Murni, D., Guguak, K., Lima, K., & Kota, P. (2023). Koto Terhadap Pembelajaran Matematika. 8(1), 78–87.

Pokhrel, S. (2024). No TitleΕΛΕΝΗ. Αγαη, 15(1), 37–48.

Pratiwi, A. S., & Hardini, A. T. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5682–5689. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1271

Sari, R. A., & Madiun, U. P. (2024). Persepsi Siswa Kelas IV Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Digital pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. 5.

Utami, Y. S. (2020). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 104–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.607

Downloads

Published

2024-12-15

How to Cite

Wahyuni, A. W., Asmah, S., & Muliana, M. (2024). Persepsi Siswa terhadap Game Edukasi Ular Tangga dalam Pembelajaran IPA. Journal of Education Research, 5(4), 6239–6246. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1883

Issue

Section

Editor

Categories