Persepsi Siswa terhadap Game Edukasi Ular Tangga dalam Pembelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1883Keywords:
Game Edukasi, Persepsi Siswa, Ular Tangga, Prmbelajaran IPA, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi siswa terhadap penggunaan game edukasi ular tangga dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di tingkat sekolah dasar. Game edukasi ular tangga dipilih sebagai media pembelajaran alternatif karena potensinya dalam menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Melibatkan 30 siswa kelas III, fokus utama penelitian adalah untuk merespons pengalaman langsung melalui pengamatan wawancara, data dikumpulkan untuk dianalisis secara tematik guna mengeksplorasi dampak dan pengalaman siswa dalam menggunakan permainan. Hasilnya menunjukkan bahwa permainan ular tangga merangsang keterlibatan aktif, meningkatkan minat belajar, serta memperkuat pemahaman siswa.
Downloads
References
Auliyawati, J., & Nugroho, O. F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Materi IPA. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 15(2), 61–64. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v15i2.9117
Barokah, A., Khasanah, F. N., Azzahra, S. S., & Dewi, N. (2024). Studi Literatur Analisis Penggunaan Media Pembelajaran IPA Terhadap Hasil Belaajar Siswa di Sekolah Dasar. 09(September).
Khakimah, N., Dia, A., Sari, I., Guru, P., Dasar, S., Gresik, U. M., Guru, P., Dasar, S., Gresik, U. M., & Belajar, M. (2024). Implementasi Permainan Tradisionalular Tangga Guna Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ipas. Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–9.
Kulsum, U., & Muhid, A. (2022). Pendidikan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Digital. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 12(2), 157–170. https://doi.org/10.33367/ji.v12i2.2287
Mohamad Yudiyanto, Muhammad Jamil Arifillah, Peri Ramdani, & Masripah, I. (2022). Penerapan Permainan Ular Tangga Sebagai Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA. Murabbi, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.69630/jm.v1i1.1
Murni, D., Guguak, K., Lima, K., & Kota, P. (2023). Koto Terhadap Pembelajaran Matematika. 8(1), 78–87.
Pokhrel, S. (2024). No TitleΕΛΕΝΗ. Αγαη, 15(1), 37–48.
Pratiwi, A. S., & Hardini, A. T. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5682–5689. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1271
Sari, R. A., & Madiun, U. P. (2024). Persepsi Siswa Kelas IV Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Digital pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. 5.
Utami, Y. S. (2020). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 104–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.607
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Andi Winda Wahyuni, Sitti Asmah, Muliana Muliana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).