Tinjauan Literatur Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1882Keywords:
HOTS, Instrumen Penilaian, Pendidikan Pancasila, Sekolah DasarAbstract
Pendidikan Pancasila merupakan mapel yang sudah diberikan kepada peserta didik sejak mereka berada di jenjang pendidikan dasar atau SD. Melalui pendidikan pancasila tersebut akan memberikan strategi dalam mengajarkan serta menanamkan terkait dengan beberapa nilai yang terkandung pada pancasila. Penyelesaian permasalahan yang berhubungan dalam kehidupan keseharian terkait dengan penerapan konsep pendidikan pancasila tentu memiliki kebutuhan dalam berpikir tingkat tinggi. Kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) merupakan aktivitas berpikir yang dilakukan oleh peserta didik dalam menghubungkan pengetahuan yang didapatkan melalui aktivitas analisis serta menciptakan terkait dengan sebuah temuan. Tujuan dari penulisan ini ialah memberikan hasil analisa terkait dengan pengembangan instrument penilaian kemampuan berpikir kritis tingkat tinggi (HOTS) pada mata pelajaran pendidikan pancasila di jenjang SD (Sekolah Dasar). Pada penelitian ini menggunakan metode research and development. Hasil uji validasi yang dilakukan oleh validator memaparkan pada aspek materi/isi memiliki nilai persentase 96%, aspek konstruksi memiliki nilai persentase 95%, dan aspek bahasa memiliki nilai persentase 100%. Secara keseluruhan pengembangan dari instrument soal HOTS pada muatan pendidikan pancasila memiliki kategori sangat baik dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran pendidikan pancasila jenjang Sekolah Dasar.
Downloads
References
Anjani, A., Wijianto, & Rejekiningsih, T. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan HOTS Berbantuan Kahoot pada Mata Pelajaran PPKn di SMA N 5 Surakarta. Research Fair UNISRI, 7(1), 54–66. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/rsfu/article/view/8363
Anjarini, T., & Suyoto. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek Terintegrasi HOTS di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(4), 69–80. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i4.221
Aprila, A., & Sunaryati, T. (2024). Pengembangan Buku Soal Berbasis Hots Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ppkn Kelas III MI. Esensi Pendidikan Inspiratif, 6(2), 1–11. https://journalpedia.com/1/index.php/epi/index
Astuti, A. P. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Kompetensi Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Berbasis Quipper School. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 2(2), 334–350.
Cahyati, A. D. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Game Monopoli Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills (HOTS)) Siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas XI IPA SMA N 11 Kabupaten Tebo Tahun Pelajaran 2022/2023. Universitas Jambi.
Desiriah, E., & Setyarsih, W. (2021). Tinjauan Literatur Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Fisika di SMA. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 79–89.
Desiyani, N. G. K. R., Astawan, I. G., & Trisna, G. A. P. S. (2024). Pengembangan Instrumen Evaluasi Profil Siswa Pancasila Aspek Kebhinekaan Global Dan Gotong Royong Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Innovation Research and Knowledge, 4(2), 1007–1020.
Friska, S. Y., Sumantri, M. S., & Rakhman, G. G. F. (2024). Pengembangan Soal HOTS Dalam Materi Luas Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Di Kelas 4 Sd Kurikulum Merdeka. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 6505–6513.
Gerryt, R. S., Sadtyadi, H., & Ngadat, N. (2020). Pengembangan instrumen penilaian hots (higher order thinking skill) pada materi pancasila buddhis di sekolah menengah pertama (smp). BAHUSACCA : Pendidikan Dasar Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 113–121. https://doi.org/10.53565/bahusacca.v1i2.375
Hanifah, N. (2019). Pengembangan instrumen penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS) di sekolah dasar. Conference Series Journal, 1(1), 18–23.
Hasanah, A., Indrawadi, J., & Montessori, M. (2020). Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di Daerah Tertinggal. Journal of Moral and Civic Education, 4(2), 69–77. https://doi.org/10.24036/8851412412020223
Herman, T., Hasanah, A., Nugraha, R. C., Harningsih, E., Ghassani, D. A., & Marasabessy, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Masalah-High Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Translasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1131–1150. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1276
Jannah, R. (2022). Penerapan soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) Dalam Pembelajaran IPA. IQTISODINA: Jurnal Ekonomi Syariah & Hukum Islam, 16(1), 1–23.
Marlina, R., & Erita, Y. (2023). Analisis Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Soal Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 3004–3015. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.572
Muthmainnah, A., Rahma, D., Ashifa, R., Rohmah, S., & Prihantini. (2020). Implementasi Pembelajaran Tematik Berbasis HOTS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9325–9332.
Noor, P. P., & Abadi, A. P. (2022). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Perkembangan Pembelajaran Matematika SMA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 466–473. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1986
Nurhayati, H., Handayani, L., & Widiarti, N. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Menyiapkan Peserta Didik dalam Menghadapi Tes Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Basicedu, 6(2), 3012–3024. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Nurohmah, A. N., Kartini, D., & Rustini, T. (2023). Relevansi Kebijakan Kurikulum Merdeka Dengan Pendidikan Abad 21 Pada Pembelajaran IPS di SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Februari, 9(3), 25–35. https://doi.org/10.5281/zenodo.7594483
Oktavia, D., Oktavia, M., & Ayurachmawati, P. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 10(1), 52–65.
Pratiwi, N. T. (2021). Analisis Implementasi Pendidikan Pancasila Sebagai Pendidikan Karakter di SD Negeri 002 Tanjungpinang Barat. Journal of Educational Developmenta, 2(3), 439–449. https://doi.org/10.5281/zenodo.5681214
Purnamasari, D. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Berbasis Masalah Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Lampung.
Qomariyah, R. S., Megawati, M., Putri, R. A., & Alhamni, V. F. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Tes Tertulis Bentuk Eksposisi Berbasis Hots Pada Pelajaran PKN. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 1(2), 196–201. https://doi.org/10.47233/jpst.v1i2.316
Rambe, L. S., & Napitupulu, S. (2021). Pengembangan Instrumen Assesmen Berfikir Kreatif Pada Mata Pelajaran PKN Terintegrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter. Center of Knowledge: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 233–245. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jesst/article/view/352%0Ahttps://pusdikra-publishing.com/index.php/jesst/article/download/352/300
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.
Sunaryati, T., Laelly, T. A., Febriyanti, U., & Apriliani, F. (2024). Analisis Komprehensif Terhadap Jenis-Jenis Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar: Tinjauan Literatur. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume, 4(4), 1–15.
Suterkas, I. G. J. (2020). Pengembangan Instrumen Kemampuan Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Siswa Kelas VI SD Tema 7 (Kepemimpinan). Journal GEEJ, 7(2), 1–18.
Udayani, D. W. A. T., Candiasa, I. M., & Wibawa, I. M. C. (2022). Pengembangan Instrumen Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku Subtema 1 Sd Kelas Iv. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(2), 121–132. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v6i2.1369
Unggul, A., Ajati, D., Saputra, R., & Fitriono, R. (2020). Pancasila Sebagai Dasar Negara. Pancasila Sebagai Dasar Negara, 1(2), 1–12. http://satujam.com/pancasila-dan-lambangnya/
Vera, K., Hazira, A., & Pujiastuti, E. (2024). Kualitas Pembelajaran Model Discovery Learning Berbantuan Applet Geogebra Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots PENDAHULUAN Menurut NCTM ( National Council of Teachers Mathematics ) ( 2000 ) terdapat lima kompetensi da. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 09(01), 107–120.
Ziyadi, A. Y., & Maulia, S. T. (2024). Membangun Kesadaran Demokrasi Melalui Pendidikan Peran Pancasila Sebagai Landasan. Jurnal Hukum Dan Kewarganegaraan, 3(12), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.3783/causa.v2i9.2461
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Annisa Hasanah, Siti Faizah, Mardhatillah Mardhatillah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).