Tinjauan Literatur Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar

Authors

  • Annisa Hasanah Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Malang
  • Siti Faizah Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Malang
  • Mardhatillah Mardhatillah Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1882

Keywords:

HOTS, Instrumen Penilaian, Pendidikan Pancasila, Sekolah Dasar

Abstract

Pendidikan Pancasila merupakan mapel yang sudah diberikan kepada peserta didik sejak mereka berada di jenjang pendidikan dasar atau SD. Melalui pendidikan pancasila tersebut akan memberikan strategi dalam mengajarkan serta menanamkan terkait dengan beberapa nilai yang terkandung pada pancasila. Penyelesaian permasalahan yang berhubungan dalam kehidupan keseharian terkait dengan penerapan konsep pendidikan pancasila tentu memiliki kebutuhan dalam berpikir tingkat tinggi. Kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) merupakan aktivitas berpikir yang dilakukan oleh peserta didik dalam menghubungkan pengetahuan yang didapatkan melalui aktivitas analisis serta menciptakan terkait dengan sebuah temuan. Tujuan dari penulisan ini ialah memberikan hasil analisa terkait dengan pengembangan instrument penilaian kemampuan berpikir kritis tingkat tinggi (HOTS) pada mata pelajaran pendidikan pancasila di jenjang SD (Sekolah Dasar). Pada penelitian ini menggunakan metode research and development. Hasil uji validasi yang dilakukan oleh validator memaparkan pada aspek materi/isi memiliki nilai persentase 96%, aspek konstruksi memiliki nilai persentase 95%, dan aspek bahasa memiliki nilai persentase 100%. Secara keseluruhan pengembangan dari instrument soal HOTS pada muatan pendidikan pancasila memiliki kategori sangat baik dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran pendidikan pancasila jenjang Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anjani, A., Wijianto, & Rejekiningsih, T. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan HOTS Berbantuan Kahoot pada Mata Pelajaran PPKn di SMA N 5 Surakarta. Research Fair UNISRI, 7(1), 54–66. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/rsfu/article/view/8363

Anjarini, T., & Suyoto. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek Terintegrasi HOTS di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(4), 69–80. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i4.221

Aprila, A., & Sunaryati, T. (2024). Pengembangan Buku Soal Berbasis Hots Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ppkn Kelas III MI. Esensi Pendidikan Inspiratif, 6(2), 1–11. https://journalpedia.com/1/index.php/epi/index

Astuti, A. P. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Kompetensi Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Berbasis Quipper School. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 2(2), 334–350.

Cahyati, A. D. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Game Monopoli Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills (HOTS)) Siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas XI IPA SMA N 11 Kabupaten Tebo Tahun Pelajaran 2022/2023. Universitas Jambi.

Desiriah, E., & Setyarsih, W. (2021). Tinjauan Literatur Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Fisika di SMA. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 79–89.

Desiyani, N. G. K. R., Astawan, I. G., & Trisna, G. A. P. S. (2024). Pengembangan Instrumen Evaluasi Profil Siswa Pancasila Aspek Kebhinekaan Global Dan Gotong Royong Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Innovation Research and Knowledge, 4(2), 1007–1020.

Friska, S. Y., Sumantri, M. S., & Rakhman, G. G. F. (2024). Pengembangan Soal HOTS Dalam Materi Luas Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Di Kelas 4 Sd Kurikulum Merdeka. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 6505–6513.

Gerryt, R. S., Sadtyadi, H., & Ngadat, N. (2020). Pengembangan instrumen penilaian hots (higher order thinking skill) pada materi pancasila buddhis di sekolah menengah pertama (smp). BAHUSACCA : Pendidikan Dasar Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 113–121. https://doi.org/10.53565/bahusacca.v1i2.375

Hanifah, N. (2019). Pengembangan instrumen penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS) di sekolah dasar. Conference Series Journal, 1(1), 18–23.

Hasanah, A., Indrawadi, J., & Montessori, M. (2020). Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di Daerah Tertinggal. Journal of Moral and Civic Education, 4(2), 69–77. https://doi.org/10.24036/8851412412020223

Herman, T., Hasanah, A., Nugraha, R. C., Harningsih, E., Ghassani, D. A., & Marasabessy, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Masalah-High Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Translasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1131–1150. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1276

Jannah, R. (2022). Penerapan soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) Dalam Pembelajaran IPA. IQTISODINA: Jurnal Ekonomi Syariah & Hukum Islam, 16(1), 1–23.

Marlina, R., & Erita, Y. (2023). Analisis Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Soal Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 3004–3015. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.572

Muthmainnah, A., Rahma, D., Ashifa, R., Rohmah, S., & Prihantini. (2020). Implementasi Pembelajaran Tematik Berbasis HOTS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9325–9332.

Noor, P. P., & Abadi, A. P. (2022). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Perkembangan Pembelajaran Matematika SMA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 466–473. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1986

Nurhayati, H., Handayani, L., & Widiarti, N. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Menyiapkan Peserta Didik dalam Menghadapi Tes Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Basicedu, 6(2), 3012–3024. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Nurohmah, A. N., Kartini, D., & Rustini, T. (2023). Relevansi Kebijakan Kurikulum Merdeka Dengan Pendidikan Abad 21 Pada Pembelajaran IPS di SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Februari, 9(3), 25–35. https://doi.org/10.5281/zenodo.7594483

Oktavia, D., Oktavia, M., & Ayurachmawati, P. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 10(1), 52–65.

Pratiwi, N. T. (2021). Analisis Implementasi Pendidikan Pancasila Sebagai Pendidikan Karakter di SD Negeri 002 Tanjungpinang Barat. Journal of Educational Developmenta, 2(3), 439–449. https://doi.org/10.5281/zenodo.5681214

Purnamasari, D. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Berbasis Masalah Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Lampung.

Qomariyah, R. S., Megawati, M., Putri, R. A., & Alhamni, V. F. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Tes Tertulis Bentuk Eksposisi Berbasis Hots Pada Pelajaran PKN. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 1(2), 196–201. https://doi.org/10.47233/jpst.v1i2.316

Rambe, L. S., & Napitupulu, S. (2021). Pengembangan Instrumen Assesmen Berfikir Kreatif Pada Mata Pelajaran PKN Terintegrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter. Center of Knowledge: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 233–245. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jesst/article/view/352%0Ahttps://pusdikra-publishing.com/index.php/jesst/article/download/352/300

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Sunaryati, T., Laelly, T. A., Febriyanti, U., & Apriliani, F. (2024). Analisis Komprehensif Terhadap Jenis-Jenis Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar: Tinjauan Literatur. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume, 4(4), 1–15.

Suterkas, I. G. J. (2020). Pengembangan Instrumen Kemampuan Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Siswa Kelas VI SD Tema 7 (Kepemimpinan). Journal GEEJ, 7(2), 1–18.

Udayani, D. W. A. T., Candiasa, I. M., & Wibawa, I. M. C. (2022). Pengembangan Instrumen Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku Subtema 1 Sd Kelas Iv. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(2), 121–132. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v6i2.1369

Unggul, A., Ajati, D., Saputra, R., & Fitriono, R. (2020). Pancasila Sebagai Dasar Negara. Pancasila Sebagai Dasar Negara, 1(2), 1–12. http://satujam.com/pancasila-dan-lambangnya/

Vera, K., Hazira, A., & Pujiastuti, E. (2024). Kualitas Pembelajaran Model Discovery Learning Berbantuan Applet Geogebra Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots PENDAHULUAN Menurut NCTM ( National Council of Teachers Mathematics ) ( 2000 ) terdapat lima kompetensi da. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 09(01), 107–120.

Ziyadi, A. Y., & Maulia, S. T. (2024). Membangun Kesadaran Demokrasi Melalui Pendidikan Peran Pancasila Sebagai Landasan. Jurnal Hukum Dan Kewarganegaraan, 3(12), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.3783/causa.v2i9.2461

Downloads

Published

2024-11-28

How to Cite

Hasanah, A., Faizah, S., & Mardhatillah, M. (2024). Tinjauan Literatur Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(4), 5788–5796. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1882

Issue

Section

Articles

Categories