Pembelajaran Outdoor Learning Berbantuan Lingkungan Sekitar Sekolah

Authors

  • Rahimawati Rahimawati Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Bone, Indonesia
  • Sri Wahyuni Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Bone, Indonesia
  • Muliana Muliana Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Bone, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1881

Keywords:

Pendidikan, Pembelajaran, Outdoor Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pembelajaran di luar kelas yang memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah dapat membantu siswa memahami konsep-konsep pelajaran dengan baik. Dengan belajar secara langsung di alam atau lingkungan sekitar, siswa diharapkan lebih mudah mengaitkan teori dengan praktek. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif, teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling, yaitu keseluruhan populasi menjadi sampel penelitian. Desain penelitian yang digunakan adalah desain Pre-Experimental dimana hanya menggunakan satu kelas eksperimen sedangkan instrument yang digunakan yaitu lembar tes, kelas eksperimen akan diberikan perlakuan dengan pemberian Pre-test (tes di awal pembelajaran) dan Post-test (tes di akhir pembelajaran). Data analisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa metode pembelajaran outdoor learning berbantuan lingkungan sekitar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan adanya perbedaan nilai rata-rata yang diperoleh oleh siswa sebesar 25%. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran outdoor learning berbantuan lingkungan sekitar berpengaruh terhadap hasil belajar maupun motivasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agama, P., Di, I., & Medan, M. A. N. (2022). Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(2), 147–153. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758

Dedeo, R. K., Ilato, R., Hasiru, R., Moonti, U., & Hafid, R. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Journal of Economic and Business Education, 1(3), 103–110.

Deva Dewiyana Sari, Dinda Kinanti, Putri Dewi Sartika, Revita Alief Pramesti, & Roza Sani Aidah. (2023). Kajian Outdoor Learning Process dalam Pembelajaran Biologi. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 160–166. https://doi.org/10.54259/diajar.v2i2.1370

Eny Hartadiyati WH, Latifa Nur Anisa, D. (2023). Manajemen Kelas yang Efektif Pada Kelas Indoor Dengan Menggunakan Discovery Learning. Prosiding Webinar Biofair, 138–154. https://conference.upgris.ac.id/index.php/biofair/article/download/4187/2853

Ichsanuddin Abimanyu, Narulita, H., & Dwi Purwani, L. L. (2024). Kajian Outdoor Learning Proses dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar: Studi Pustaka. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 6(1), 25–33. https://doi.org/10.30599/jemari.v6i1.3197

Kurniawati, I., & Mardiana, T. (2021). Pengaruh Metode Outdoor Learning Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika. Borobudur Educational Review, 1(01), 30–41. https://doi.org/10.31603/bedr.4792

Larasati, A., Nurhasanah, T., Primita, I., Lubis, M., & Siregar, M. W. (2024). Analisis wacana kritis “Pendidikan Indonesia: Optimis atau Pesimis?” pada podcast Dr. Indrawan Nugroho. JICN: Jurnal Intelek Dan Cendekiawan Nusantara, 1(2), 3581–3588. https://jicnusantara.com/index.php/jicn

Latifah, D., Sulistia, D., Sajiwo, B., & Ginting, A. lestari br. (2023). Penerapan Metode Ceramah dan Tanya Jawab pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadis dalam Memahami Tujuan dan Fungsi Al-Qur’an. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 30–39. https://jurnal.ishlahiyah.ac.id/index.php/jgt%0Amelatih

Maritza, R., Prasetiyawati, D., & Hariyanti, D. (2023). Pembelajaran Outdoor untuk Menstimulasi Perkembangan Berpikir Kritis pada Anak Usia Dini.

Meyer, F., Johansz, D., Laumaly, A., Porumau, D., Lestari, L., Sugiarto, S., Lainsamputty, J. M., Inuhan, M., Pakniany, D., Wetamsair, J., Letlora, M., Wlointoda, N., Laru, P., Taliak, R., Mauday, S., & Jahlana, Y. (2023). Pembelajaran Outdoor Learning “Pohon Singgah” Berbasis Lingkungan dan Teknologi pada Anak-Anak di Desa Patti. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(2), 1–8. https://doi.org/10.59025/js.v2i2.115

Muliana, M., Wahyuni, S., & Erwing, E. (2021). Optimalisasi Fungsi Laboratorium IPAMelalui Kegiatan Praktikum Di SMP Negeri 4 Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3), 387–393. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2182

Munte, I. S. A., & Chrismastianto, I. A. W. (2024). Peran Guru Kristen Sebagai Fasilitator dalam Menjelaskan Pembelajaran Bermakna bagi Siswa [The Role of Christian Teachers as Facilitators in Explaining Meaningful Learning for Students]. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 6(2), 189. https://doi.org/10.19166/dil.v6i2.8210

Putri Insani, S., Nurmawanti, I., & Hari Witono, A. (2023). Kreativitas guru di abad 21 dalam mengatasi kejenuhan belajar matematika siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 67–72. http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/index

Rizkianti, P. A., Asbari, M., Priambudi, N. P., & Asri, S. A. J. (2024). Pendidikan Indonesia Masih Buruk? Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 35–38.

Setyani, Y. L., & Amidi. (2022). Telaah Model PBL-RME Bernuansa Etnomatematika pada Outdoor Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 520–536. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Suncaka, E. (2023). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Manajement Dan Pendidikan, 02(03), 36–49. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal

Surahmah, S., Suriyana, S., & Novianti, M. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Melalui Soal Hots Di Sma Al-Munadir Kuala Mandor B. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 5(1), 144–149. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v5i1.3910

Syafii, A., Bahar, B., Shobicah, S., & Muharam, A. (2023). Pengukuran Indeks Mutu Pendidikan Berbasis Standar Nasional. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(7), 1697–1701. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i7.332

Zakki, A., Husna, A., Adha, I., Al-Mitsaq, H., Zul Ilmil Haq, O., & Nasution, S. (2022). Aksiologis dalam Pendidikan Indonesia (Tinjauan Pasal 1 Ayat 1 UU No. 20/2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional). Jurnal Nusantara of Research, 9(1a), 103–115. http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor

Downloads

Published

2024-12-04

How to Cite

Rahimawati, R., Wahyuni, S., & Muliana, M. (2024). Pembelajaran Outdoor Learning Berbantuan Lingkungan Sekitar Sekolah. Journal of Education Research, 5(4), 5868–5873. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1881

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check