Eksplorasi Peran Dukungan Sosial dan Rasa Syukur Dalam Meningkatkan Subjective Well Being Santri Penghafal Al-Qur’an di Pesantren Malang

Authors

  • Diska Firzan Nadia Fatiq Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Nasrullah Nasrullah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1878

Keywords:

Dukungan Sosial, Rasa Syukur, Subjective Well being, Santri

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi peran dukungan sosial dan rasa syukur terhadap subjective well being pada santri pengahafal al-quran di Pesantren. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain fenomenologi dan melibatkan 4 (empat) santri remaja di Kota Malang. Hasil penelitian menemukan bahwa dukungan sosial berperan sebagai penyangga stress dalam proses menghafal, sedangkan rasa syukur membantu santri memaknai pengalaman hidup secara positif. Kesimpualan: kombinasi keduanya menciptakan lingkungan emosional yang lebih sehat, meningkatkan kebahagiaan dan ketenangan hidup bagi para santri dalam pondok pesantren. Hal ini berdampak positif pada proses menghafalkan Al-Qur’an, sehingga para santri menjadi lebih semangat dan mampu menyelesaikan hafalannya dengan lebih cepat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, S., Wicaksono, A.S., & Sholichah, I. F. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Subjective Well Being Pada Seniman Teater Di Kota Gresik. Psikosains: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi, 17(1), 73-82. http://doi.org/10.30587/psikosains.v17i1.4567

Anjani, W. (2020). Hubungan antara rasa syukur dengan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa yang kuliah sambil bekerja part-time (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung)

Clarke, V. & Braun, V. (2013). Teaching thematic analysis: Overcoming challenges and developing strategies for effective learning. The Psychologist, 26(2), 120-123

Cohen, S., & Wills, T. A. (1985). Stress, social support, and the buffering hypothesis. Psychological Bulletin, 98(2), 310-357.

Diener, E. (2000). Subjective Well-Being: The science of happiness and a poposal for a national index. American Psychologist,55(1),34–43. https://doi.org/https://doi.org/10.1037/0003-066X.55..34

Dewi, L., & Nasywa, N. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi subjective wellbeing. Jurnal Psikologi Terapan Dan Pendidikan, 1(1), 54

Emmons, R. A., & McCullough, M. E. (2003). Counting blessings versus burdens: An experimental investigation of gratitude and subjective well-being in daily life. Journal of Personality and Social Psychology, 84(2), 377-389.

Gabana, N. T., Steinfeldt, J., Wong, Y. J., Chung, Y. B., & Svetina, D. (2019). Attitude of Gratitude: Exploring the Implementation of a Gratitude Intervention with College Athletes. Journal of Applied Sport Psychology, 31(3), 273–284. https://doi.org/10.1080/10413200.2018.1498956

Gaol, T. P. L., & Darmawanti, I. (2022). Hubungan antara gratitude dengan subjective wellbeing pada mahasiswa psikologi Unesa di masa pandemi covid-19. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(1), 180-194.

Hamidah, N. R & Nasrulloh. (2022). Application Of The “Banter, Lanyah, 10” Method To The Process Of Memorizing The Qur’an For Bayt Tahfidz Al-Qur’an Maulana Malik Ibrahim Islamic State University Malang Students. Proceedings of The 2 nd International Conference on Social and Islamic Studies, Online ISSN: 2809-6339, Vol. 2

Hardianti, R., Erika, E., & Nauli, F. A. (2021). Hubungan antara rasa syukur terhadap kesehatan mental remaja di SMA Negeri 8 Pekanbaru. Jurnal Ners Indonesia, 11(2), 215-227

Hasanah, M, & Haris, A. (2023). Spirituality And Subjective Well-Being in Tahfidz Students in Islamic Boarding School. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 220-227. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i2.380

House, J. S. (1981). Work stress and social support. Addison-Wesley Publishing Company.

Ikhsan, A. M, & Nasrulloh. (2023). The Effect Of Mastery Of The Arabic Language On The Quality Of Tadabur Al-Qur'an In (Case Study At Ma'had Aly Uin Malang). Proceedings of the 3rd International Conference on Social and Islamic Studies: Online ISSN: 2809-6339, Volume: 3. Publisher: Alauddin University Press

Ikromi, Z. A., Diponegoro, A. M., & Tentama, F. (2019). Faktor psikologis yang mempengaruhi subjective well-being pada remaja yang tinggal di pondok pesantren. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 412–420.

Iksan, M. (2013). Dukungan Sosial Pada Prestasi dan Faktor Penyebab Kegagalan Siswa SMP dan SMA. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 10(1). https://doi.org/10.18860/psi.v10i1.6361

Indrahadi, D., Habibi, M., & Ilham, M. (2020). Faktor Sosial Penentu Kesejahteraan Subjektif: Bukti dari Indonesia. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education,7(2),111. https://doi.org/10.24036/scs.v7i2.220

Mariyati, L. I., Partontari, R. A., & Kusuma, M. K. I. (2023). Peranan regulasi emosi terhadap subjective well being pada santri di Sidoarjo. Journal of Islamic and Contemporary Psychology (JICOP), 3(1s), 100 110. https://doi.org/10.25299/jicop.v3i1s.12349

Muspitasari, S., Noveni, N. A., Suwarti., & Grafiana, G. A. 2024. The influence of emotional intelligence and peer social support on subjective well-being in early adolescents at SMP Istiqomah Sambas Boarding School Purbalingga. Psikologia: Jurnal Pemikiran dan Penlitian Psikologi, 19(2), 109-117 http://doi.org/10.32734/psikologia.v19i2.17606

Nasrulloh. (2010). ‘Maqasid Shari’Ah Sebagai Pendekatan Sistem Dalam Hukum Islam’, De Jure: Jurnal Hukum Dan Syar’iah, 2.2. https://doi.org/10.18860/j-fsh.v2i2.2970

Nasrulloh, & Hafid, A. (2023). Impelementasi Metode Takrir dan Tasmi’ Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan di Asrama Hasbullah Said Denanyar Jombang. Ri’ayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan, Vol. 8, No. 02,

Nasrulloh, Nuruddin, M, & Suryantob, M. H. (2024). The role of the Office of Religious Affairs in the Dau Subdistrict to minimize cases of underage marriage during and after the pandemic. Kasetsart Journal of Social Sciences, 45, 925–934. https://doi.org/10.34044/j.kjss.2024.45.3.22

Nindya, A. R., & Muhid, A. (2022). Pentingnya Social Support Untuk Meningkatkan Subjective Well-Being Santri Pondok Pesantren: A Systematic Literature Review. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 51–62.

Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human development (11th ed.). McGraw-Hill.

Peterson, C., & Seligman, M. E. (2004). Character Strength and Virtues: A Handbook & Classification. Oxford University Press.

Prasetyaningrum, S., & Nurhidayati. (2023). Pelatihan kebersyukuran untuk meningkatkan sense of school belonging santri di Pondok pesantren. Procedia: Studi Kasus dan Intervensi Psikologi Vol 11 (3):85-92. https://doi.org/10.22219/procedia.v11i3.26478

Putri, C. N., Pratiwi, M., & Appulembang, Y. A. (2023). Peran gratitude dan social support terhadap subjective well being remaja yang tinggal di panti asuhan (Doctoral Dissertation, Sriwijaya University).

Rahmania, F. A., Anisa, S. N. I., Hutami, P. T., Wibisono, M., & Rusdi, A. (2019). Hubungan syukur dan sabar terhadap kesejahteraan subjektif pada remaja. PSIKOLOGIKA: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 24(2), 155-166.

Santoso, A., & Rahayu, F. (2020). Dukungan sosial dan kesejahteraan subjektif pada santri penghafal Al-Qur'an di Malang. Jurnal Psikologi Islami, 12(3), 23-32.

Santrock, J. W. (2014). Adolescence (14th ed.). McGraw-Hill Education.

Sapaat, A. A. (2021). Hubungan gratitude dengan subjective well-being siswa Madrasah Aliyah (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Sarason, B. R., Sarason, G. I., & Piece, G. R. (1990). Social Support: An Interactional View. Washington DC: John Wiley and Sons.

Sardi, L. N., & Ayriza, Y. (2020). Pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap subjective well-being pada remaja yang tinggal di pondok pesantren. Acta Psychologia, 2(1), 41- 48.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Tarigan, M. (2018). Hubungan Dukungan Sosial dengan Subjective Well-Being pada Remaja yang Memiliki Orangtua Tunggal. Jurnal Diversita, 4(1), 1. https://doi.org/10.31289/diversita.v4i1.1565

Thohiroh, H., Novianti, L. E., & Yudiana, W. (2019). Peranan persepsi dukungan sosial terhadap kesejahteraan subjektif di sekolah pada siswa Pondok Pesantren Modern. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 131–144.

Wood, A. M., Joseph, S., & Maltby, J. (2010). Gratitude predicts psychological well-being above the Big Five facets. Personality and Individual Differences, 48(6), 635-640.

Downloads

Published

2024-12-11

How to Cite

Fatiq, D. F. N., & Nasrullah, N. (2024). Eksplorasi Peran Dukungan Sosial dan Rasa Syukur Dalam Meningkatkan Subjective Well Being Santri Penghafal Al-Qur’an di Pesantren Malang. Journal of Education Research, 5(4), 6048–6056. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1878

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check