Pengaruh Pola Asuh dan Kemandirian terhadap Disiplin Belajar Anak Usia Dini di Kota Bekasi

Authors

  • Sofhia Aesti S-2 Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Rita Aryani S-2 Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.187

Keywords:

Pola Asuh, Kemandirian, Disiplin Belajar, Anak Usia Dini

Abstract

Tahun awal kehidupan pendidikan seorang anak usia dini merupakan perihal yang sangat penting untuk mengembangkan disiplin belajar. Hal ini bertujuan karena disiplin belajar sejak usia dini sangat penting untuk keberhasilan dalam lingkungan akademik dan sosial di masa depan. Pola asuh dan tingkat kemandirian anak diketahui menjadi faktor yang berpengaruh dalam perkembangan disiplin belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pola asuh dan kemandirian terhadap disiplin belajar anak usia dini di Kota Bekasi. Dalam penelitian ini, tinjauan literatur digunakan dalam mengkaji pendapat dan perspektif dokter spesialis anak, psikolog anak, dan kajian literatur anak mengenai pengaruh pola asuh dan kemandirian dalam disiplin belajar anak usia dini. Tinjauan tersebut menyoroti pentingnya indikator-indikator dalam mendukung komponen pengaruh seperti penetapan batasan dan rutinitas yang jelas, penggunaan penguatan positif, dorongan pemikiran mandiri, penggunaan cerita untuk mengajarkan pelajaran hidup dan prioritas pengaturan emosi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, seperti studi observasional dan kajian pustaka yang divalidasi dalam skala Likert. Secara keseluruhan, tinjauan ini menunjukkan kelima indikator tersebut dapat mendorong orang tua dan pendidik anak usia dini dalam memberi bimbingan dan dukungan demi disiplin belajar anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Kuppens and E. Ceulemans, “Parenting styles: A closer look at a well-known concept,” J. Child Fam. Stud., vol. 28, pp. 168–181, 2019.

H. Kumcağız, “Examination of Turkish university students’ Internet addiction in relation to their parental attachment styles and sociodemographics,” Sage Open, vol. 9, no. 2, p. 2158244019845946, 2019.

D. Baumrind, “Patterns of parental authority and adolescent autonomy,” New Dir. Child Adolesc. Dev., vol. 2005, no. 108, pp. 61–69, 2005.

F. Apriliyanti, F. Hanurawan, and A. Y. Sobri, “Keterlibatan Orang Tua dalam Penerapan Nilai-nilai Luhur Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 1, pp. 1–8, 2021.

L. Asmawati, “Peran Orang Tua dalam pemanfaatan teknologi digital pada anak usia dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 1, pp. 82–96, 2021.

A. Y. Ramdan and P. Y. Fauziah, “Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar,” J. Pendidik. Dasar Dan Pembelajaran, vol. 9, no. 2, p. 100, 2019.

R. Diadha, “Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia dini di taman kanak-kanak,” Edusentris, vol. 2, no. 1, pp. 61–71, 2015.

M. B. Simanjuntak and M. S. Lumingkewas, “APPLIED MISSIOLOGY OF EDUCATION FOR SUNDAY SCHOOL CHILDREN,” Int. J. Educ. Lit., vol. 1, no. 2, pp. 16–18, 2022.

D. K. Padgett, Qualitative methods in social work research, vol. 36. Sage publications, 2016.

R. Likert, “A technique for the measurement of attitudes.,” Arch. Psychol., 1932.

A. Joshi, S. Kale, S. Chandel, and D. K. Pal, “Likert scale: Explored and explained,” Br. J. Appl. Sci. Technol., vol. 7, no. 4, p. 396, 2015.

A. Gordon and K. W. Browne, Beginnings & beyond: Foundations in early childhood education. Cengage learning, 2016.

D. Pramono, S. Yunita, M. Erviana, D. Setianingsih, R. P. Winahyu, and M. D. Suryaningsih, “Implementasi Penggunaan Teknologi oleh Orang Tua sesuai Pendidikan Karakter Moral untuk Anak Usia Dini,” J. Educ. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 104–112, 2021.

H. Gardner, Disciplined mind: What all students should understand. Simon & Schuster, 2021.

J. P. Shonkoff, “From neurons to neighborhoods: old and new challenges for developmental and behavioral pediatrics,” J. Dev. Behav. Pediatr., vol. 24, no. 1, pp. 70–76, 2003.

B. Zuckerman, S. Parker, M. Kaplan-Sanoff, M. Augustyn, and M. C. Barth, “Healthy Steps: a case study of innovation in pediatric practice,” Pediatrics, vol. 114, no. 3, pp. 820–826, 2004.

L. G. Irwin, A. Siddiqi, and G. Hertzman, Early child development: A powerful equalizer. Citeseer, 2007.

M. Santer, N. Ring, L. Yardley, A. W. A. Geraghty, and S. Wyke, “Treatment non-adherence in pediatric long-term medical conditions: systematic review and synthesis of qualitative studies of caregivers’ views,” BMC Pediatr., vol. 14, no. 1, pp. 1–10, 2014.

A. P. Flynn, B. Carter, L. Bray, and A. J. Donne, “Parents’ experiences and views of caring for a child with a tracheostomy: a literature review,” Int. J. Pediatr. Otorhinolaryngol., vol. 77, no. 10, pp. 1630–1634, 2013.

A. Carr, Positive Psychology: The Science of Wellbeing and Human Strengths. Routledge, 2022.

S. Waddingham, K. Shaw, P. Van Dam, and S. Bettiol, “What motivates their food choice? Children are key informants,” Appetite, vol. 120, pp. 514–522, 2018.

M. B. Simanjuntak, I. R. G. Barus, and I. Resmayasari, “Analysis of Song" Tanganku Na Metmet" by Using Translation Techniques into English,” in UICELL Conference Proceeding, 2021, pp. 195–202.

B. Jeyifo, Wole Soyinka : politics, poetics, postcolonialism / Biodun Jeyifo. Cambridge : Cambridge University Press, 2003.

Downloads

Published

2023-05-18

How to Cite

Aesti, S., & Aryani, R. (2023). Pengaruh Pola Asuh dan Kemandirian terhadap Disiplin Belajar Anak Usia Dini di Kota Bekasi. Journal of Education Research, 4(2), 542–548. https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.187

Issue

Section

Articles

Citation Check