Investigasi Tingkat Literasi Membaca Mahasiswa: Studi Kasus di Perguruan Tinggi Swasta Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1866Abstract
Penelitian ini bertujuan mengivestigasi tingkat kemampuan membaca mahasiswa pada perguruan tinggi swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrumen pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Subjek penelitian adalah mahasiswa pada 7 perguruan tinggi swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kemampuan membaca mahasiswa dengan skor rata-rata 71,29, skor terendah 12,00, dan skor tertinggi 100,00. Kemampuan mahasiswa dalam menganalisis makna tersirat masuk kategori rendah. Kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi tema utama dan detail pendukung belum optimal. Kemampuan mahasiswa dalam memahami makna tersurat sudah cukup baik. Kemampuan berpikir kritis menunjukkan skor yang cukup baik. Skor rata-rata tes menunjukkan bahwa mahasiswa tingkat lanjut memiliki kemampuan pemahaman yang sedikit lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa baru. Hasil penelitian juga menunjukkan mahasiswa belum memiliki kebiasaan membaca yang baik. Rata-rata durasi waktu yang digunakan mahasiswa untuk membaca kurang dari 60 menit per hari. Hal ini menunjukkan tingkat kemampuan membaca para mahasiswa masih tergolong rendah dan perlu ditingkatkan. Temuan lain, mahasiswa tidak menyadari literasi yang dimiliki rendah. Namun, mahasiswa cukup percaya diri dengan kemampuan membacanya. Temuan penelitian memberi beberapa implikasi dan urgensi (1) perbaikan kurikulum; (2) program peningkatan dan evaluasi literasi; (3) inovasi dalam strategi pembelajaran; (4) pendampingan dalam budaya membaca bagi mahasiswa baru; dan (5) kebijakan strategis dari intitusi untuk mewujudkan SDM yang unggul memalui peningkatan literasi.
Downloads
References
Aisya, R. (2024, September 2). Melacak Faktor Penyebab Rendahnya Minat Literasi di Indonesia. Https://Www.Netralnews.Com/. https://www.netralnews.com/melacak-faktor-penyebab-rendahnya-minat-literasi-di-indonesia/dW1qU0ZORTc0cEJ6Z0prdS9OMzdkZz09
Akbar, A. (2020). Minat Literasi Mahasiswa. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2b), 593–596. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.768
Badan Pusat Statistik. (2020). Jumlah Perguruan Tinggi1, Mahasiswa2, dan Tenaga Pendidik (Negeri dan Swasta) di Bawah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi DI Yogyakarta, 2019. https://yogyakarta.bps.go.id/id/statistics-table/1/MTQxIzE=/jumlah-perguruan-tinggi1--mahasiswa2--dan-tenaga-pendidik--negeri-dan-swasta--di-bawah-kementerian-riset--teknologi-dan-pendidikan-tinggi-kementerian-pendidikan-dan-kebudayaan-menurut-kabupaten-kota-di-provinsi-di-yogyakarta--2019.html
Brown, H. D. (2004). Language Assessment: Principles and Classroom Practices (1st ed.). Pearson Education.
Efendi, Z., Hisyam, W. N., & Faristiana, A. R. (2023). Kurangnya Minat Baca Buku Kalangan Mahasiswa. Student Scientific Creativity Journal, 1(4), 382–398. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i4.1676
Fertig, M., & Schmidt, C. M. (2021). The Role of Background Factors for Reading Literacy: Straight National Scores in the PISA 2000 Study. SSRN Electronic Journal, 1. https://doi.org/10.2139/ssrn.323599
Galenso, N., & Hasan, S. M. (2022). Gambaran Literasi Membaca Mahasiswa Tingkat I Prodi D-III Keperawatan Luwuk Kabupaten Banggai. Poltekita : Jurnal Ilmu Kesehatan, 16(3), 409–415. https://doi.org/10.33860/jik.v16i3.1667
Hakim, M. N. (2021). Studi Tingkat Literasi Membaca Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 77–87. https://doi.org/10.31943/bi.v6i1.112
Jalaludin. (2021). Upaya-Menumbuhkan-Budaya-Literasi-Di-Kal-71278B24. Upaya Menumbuhkan Literisi, 7(1), 1–19.
Junita, T. T., Ayu Wulandari, B., & Ali, M. (2022). Analisis Penerapan Literasi Membaca Dan Menulis Di Sd Pertiwi I Kota Jambi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 763–776. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1138
Inawati. (2019). Tingkat Membaca Pemahaman Mahasiswa terhadap Isi Wacana dengan Tes Rumpang. Jurnal Bindo Sastra, 3(1), 23–28. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/jbs.v3i1
Kholiq, A. (2020). Kemampuan Membaca Pemahaman Mahasiswa di Lamongan. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 175–186. https://doi.org/10.32528/bb.v5i2.3216
Linnakyla¨, P., Malin, A., & Taube, K. (2004). Factors behind low reading literacy achievement. Scandinavian Journal of Educational Research, 48(3), 231–249. https://doi.org/10.1080/00313830410001695718
Lubis, M., Zein, H. U., & Lubis, M. S. (2023). Pengaruh Literasi Membaca Dan Menulis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Uinsu Medan Di Era Society 5.0. Jurnal Tarbiyah, 30(1), 39. https://doi.org/10.30829/tar.v30i1.2244
Mansyur, U. (2020). Minat Baca Mahasiswa: Potret Pengembangan Budaya Literasi di Universitas Muslim Indonesia. Literasi : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 4(2), 135. https://doi.org/10.25157/literasi.v4i2.3900
Muliani, dkk. (2021). Pentingnya Peran Literasi Digital bagi Mahasiswa di Era Revolusi Industri 4.0 untuk Kemajuan Indonesia. Journal of Education and Technology, 1(2), 87–92.
Mulyawan, R., Guntur, G., & Rismayanthi, C. (2021). Literasi Membaca Mahasiswa Olahraga. Litera, 20(3), 502–516. https://doi.org/10.21831/ltr.v20i3.43997
Muslim, I. F., & Salsabila, F. (2021). Gerakan Literasi Di Kalangan Mahasiswa Sebagai Pengaruh Pembelajaran Daring (Online). Research and Development Journal of Education, 7(2), 424. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.10224
Nita, O., & Naini, I. (2021). Korelasi Kebiasaan Membaca dengan Membaca Pemahaman. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 5(1), 83–94. https://doi.org/10.31539/kibasp.v5i1.2963
Nudiati, D. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34–40. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.561
Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam pengajaran bahasa dan sastra (3rd ed.). BPFE.
Persadha, D. A. K. (2018). Hubungan Kemampuan Membaca Dan Minat Baca Dengan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa. Ar-Risalah, 16(1), 51–62. file:///C:/Users/User/Downloads/fvm939e.pdf
Pujiono, S., & Sahayu, W. (2021). Literasi Budaya Mahasiswa Di Era 4.0. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, XVII(2), 110–120. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua
Puspita, D. (2021). JURNAL LITERASIOLOGI Rika Ariyani, Dkk. 6(2), 143–151.
Raharjo, N. P., & Winarko, B. (2021). Analisis Tingkat Literasi Digital Generasi Milenial Kota Surabaya dalam Menanggulangi Penyebaran Hoaks. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 10(1), 33. https://doi.org/10.31504/komunika.v10i1.3795
Sari, C. P. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Membaca Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(32), 3128–3137. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/13875/13400
Sari, E. S., & Pujiono, S. (2017). Budaya Literasi di Kalangan Mahasiswa FBS UNY. Litera, 16(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/ltr.v16i1.14254
Siahaan, A. (2024). Rendahnya Minat Baca di Indonesia, Masalah Pola Pikir Menjadi Sorotan Utama. Https://Lpmedentsundip.Com/. https://lpmedentsundip.com/rendahnya-minat-baca-di-indonesia-masalah-pola-pikir-menjadi-sorotan-utama/
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Susanti, E., Mauluddin, A. A., & Amelia, L. (2023). Literasi Sebagai Praktik Budaya di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(11), 466–470. https://doi.org/10.5281/zenodo.10307092
Syabaruddin, A., & Imamudin, I. (2022). Implementasi Literasi Digital Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Eduscience, 9(3), 942–950. https://doi.org/10.36987/jes.v9i3.3447
Usman, L. D. L. D. R. (2022). Profil Kemampuan Literasi Bahasa, Literasi Budaya dan Kewargaan. Indonesian Journal of Educational Development Volume, 3(3), 312–319. https://doi.org/10.5281/zenodo.7365078
Wijarini, F. (2022). Profil Keterampilan Membaca Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan. Education Recovery: Inovasi Pendidikan, Sains, Dan Keberlangsungan Lingkungan Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar Di Era Pascapandemi, 9, 7–12. https://prosiding.ubt.ac.id/index.php/salingdidik/article/view/109/0
Yulia, I. (2024, April 23). UNESCO Sebut Minat Baca Orang Indonesia Masih Rendah. Https://Www.Rri.Co.Id/. https://www.rri.co.id/daerah/649261/unesco-sebut-minat-baca-orang-indonesia-masih-rendah
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Rahmat Hidayat, Anggit Tiyas Fitra Romadani, Yeni Rahmawati, Widya Tri Utomo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).