Investigasi Tingkat Literasi Membaca Mahasiswa: Studi Kasus di Perguruan Tinggi Swasta Yogyakarta

Authors

  • Rahmat Hidayat Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta, Indonesia
  • Anggit Tiyas Fitra Romadani Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta, Indonesia
  • Yeni Rahmawati Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta, Indonesia
  • Widya Tri Utomo Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1866

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengivestigasi tingkat kemampuan membaca mahasiswa pada perguruan tinggi swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrumen pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Subjek penelitian adalah mahasiswa pada 7 perguruan tinggi swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kemampuan membaca mahasiswa dengan skor rata-rata 71,29, skor terendah 12,00, dan skor tertinggi 100,00. Kemampuan mahasiswa dalam menganalisis makna tersirat masuk kategori rendah. Kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi tema utama dan detail pendukung belum optimal. Kemampuan mahasiswa dalam memahami makna tersurat sudah cukup baik. Kemampuan berpikir kritis menunjukkan skor yang cukup baik. Skor rata-rata tes menunjukkan bahwa mahasiswa tingkat lanjut memiliki kemampuan pemahaman yang sedikit lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa baru. Hasil penelitian juga menunjukkan mahasiswa belum memiliki kebiasaan membaca yang baik. Rata-rata durasi waktu yang digunakan mahasiswa untuk membaca kurang dari 60 menit per hari. Hal ini menunjukkan tingkat kemampuan membaca para mahasiswa masih tergolong rendah dan perlu ditingkatkan. Temuan lain, mahasiswa tidak menyadari literasi yang dimiliki rendah. Namun, mahasiswa cukup percaya diri dengan kemampuan membacanya. Temuan penelitian memberi beberapa implikasi dan urgensi (1) perbaikan kurikulum; (2) program peningkatan dan evaluasi literasi; (3) inovasi dalam strategi pembelajaran; (4) pendampingan dalam budaya membaca bagi mahasiswa baru; dan (5) kebijakan strategis dari intitusi untuk mewujudkan SDM yang unggul memalui peningkatan literasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisya, R. (2024, September 2). Melacak Faktor Penyebab Rendahnya Minat Literasi di Indonesia. Https://Www.Netralnews.Com/. https://www.netralnews.com/melacak-faktor-penyebab-rendahnya-minat-literasi-di-indonesia/dW1qU0ZORTc0cEJ6Z0prdS9OMzdkZz09

Akbar, A. (2020). Minat Literasi Mahasiswa. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2b), 593–596. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.768

Badan Pusat Statistik. (2020). Jumlah Perguruan Tinggi1, Mahasiswa2, dan Tenaga Pendidik (Negeri dan Swasta) di Bawah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi DI Yogyakarta, 2019. https://yogyakarta.bps.go.id/id/statistics-table/1/MTQxIzE=/jumlah-perguruan-tinggi1--mahasiswa2--dan-tenaga-pendidik--negeri-dan-swasta--di-bawah-kementerian-riset--teknologi-dan-pendidikan-tinggi-kementerian-pendidikan-dan-kebudayaan-menurut-kabupaten-kota-di-provinsi-di-yogyakarta--2019.html

Brown, H. D. (2004). Language Assessment: Principles and Classroom Practices (1st ed.). Pearson Education.

Efendi, Z., Hisyam, W. N., & Faristiana, A. R. (2023). Kurangnya Minat Baca Buku Kalangan Mahasiswa. Student Scientific Creativity Journal, 1(4), 382–398. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i4.1676

Fertig, M., & Schmidt, C. M. (2021). The Role of Background Factors for Reading Literacy: Straight National Scores in the PISA 2000 Study. SSRN Electronic Journal, 1. https://doi.org/10.2139/ssrn.323599

Galenso, N., & Hasan, S. M. (2022). Gambaran Literasi Membaca Mahasiswa Tingkat I Prodi D-III Keperawatan Luwuk Kabupaten Banggai. Poltekita : Jurnal Ilmu Kesehatan, 16(3), 409–415. https://doi.org/10.33860/jik.v16i3.1667

Hakim, M. N. (2021). Studi Tingkat Literasi Membaca Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 77–87. https://doi.org/10.31943/bi.v6i1.112

Jalaludin. (2021). Upaya-Menumbuhkan-Budaya-Literasi-Di-Kal-71278B24. Upaya Menumbuhkan Literisi, 7(1), 1–19.

Junita, T. T., Ayu Wulandari, B., & Ali, M. (2022). Analisis Penerapan Literasi Membaca Dan Menulis Di Sd Pertiwi I Kota Jambi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 763–776. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1138

Inawati. (2019). Tingkat Membaca Pemahaman Mahasiswa terhadap Isi Wacana dengan Tes Rumpang. Jurnal Bindo Sastra, 3(1), 23–28. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/jbs.v3i1

Kholiq, A. (2020). Kemampuan Membaca Pemahaman Mahasiswa di Lamongan. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 175–186. https://doi.org/10.32528/bb.v5i2.3216

Linnakyla¨, P., Malin, A., & Taube, K. (2004). Factors behind low reading literacy achievement. Scandinavian Journal of Educational Research, 48(3), 231–249. https://doi.org/10.1080/00313830410001695718

Lubis, M., Zein, H. U., & Lubis, M. S. (2023). Pengaruh Literasi Membaca Dan Menulis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Uinsu Medan Di Era Society 5.0. Jurnal Tarbiyah, 30(1), 39. https://doi.org/10.30829/tar.v30i1.2244

Mansyur, U. (2020). Minat Baca Mahasiswa: Potret Pengembangan Budaya Literasi di Universitas Muslim Indonesia. Literasi : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 4(2), 135. https://doi.org/10.25157/literasi.v4i2.3900

Muliani, dkk. (2021). Pentingnya Peran Literasi Digital bagi Mahasiswa di Era Revolusi Industri 4.0 untuk Kemajuan Indonesia. Journal of Education and Technology, 1(2), 87–92.

Mulyawan, R., Guntur, G., & Rismayanthi, C. (2021). Literasi Membaca Mahasiswa Olahraga. Litera, 20(3), 502–516. https://doi.org/10.21831/ltr.v20i3.43997

Muslim, I. F., & Salsabila, F. (2021). Gerakan Literasi Di Kalangan Mahasiswa Sebagai Pengaruh Pembelajaran Daring (Online). Research and Development Journal of Education, 7(2), 424. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.10224

Nita, O., & Naini, I. (2021). Korelasi Kebiasaan Membaca dengan Membaca Pemahaman. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 5(1), 83–94. https://doi.org/10.31539/kibasp.v5i1.2963

Nudiati, D. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34–40. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.561

Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam pengajaran bahasa dan sastra (3rd ed.). BPFE.

Persadha, D. A. K. (2018). Hubungan Kemampuan Membaca Dan Minat Baca Dengan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa. Ar-Risalah, 16(1), 51–62. file:///C:/Users/User/Downloads/fvm939e.pdf

Pujiono, S., & Sahayu, W. (2021). Literasi Budaya Mahasiswa Di Era 4.0. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, XVII(2), 110–120. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua

Puspita, D. (2021). JURNAL LITERASIOLOGI Rika Ariyani, Dkk. 6(2), 143–151.

Raharjo, N. P., & Winarko, B. (2021). Analisis Tingkat Literasi Digital Generasi Milenial Kota Surabaya dalam Menanggulangi Penyebaran Hoaks. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 10(1), 33. https://doi.org/10.31504/komunika.v10i1.3795

Sari, C. P. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Membaca Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(32), 3128–3137. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/13875/13400

Sari, E. S., & Pujiono, S. (2017). Budaya Literasi di Kalangan Mahasiswa FBS UNY. Litera, 16(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/ltr.v16i1.14254

Siahaan, A. (2024). Rendahnya Minat Baca di Indonesia, Masalah Pola Pikir Menjadi Sorotan Utama. Https://Lpmedentsundip.Com/. https://lpmedentsundip.com/rendahnya-minat-baca-di-indonesia-masalah-pola-pikir-menjadi-sorotan-utama/

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susanti, E., Mauluddin, A. A., & Amelia, L. (2023). Literasi Sebagai Praktik Budaya di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(11), 466–470. https://doi.org/10.5281/zenodo.10307092

Syabaruddin, A., & Imamudin, I. (2022). Implementasi Literasi Digital Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Eduscience, 9(3), 942–950. https://doi.org/10.36987/jes.v9i3.3447

Usman, L. D. L. D. R. (2022). Profil Kemampuan Literasi Bahasa, Literasi Budaya dan Kewargaan. Indonesian Journal of Educational Development Volume, 3(3), 312–319. https://doi.org/10.5281/zenodo.7365078

Wijarini, F. (2022). Profil Keterampilan Membaca Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan. Education Recovery: Inovasi Pendidikan, Sains, Dan Keberlangsungan Lingkungan Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar Di Era Pascapandemi, 9, 7–12. https://prosiding.ubt.ac.id/index.php/salingdidik/article/view/109/0

Yulia, I. (2024, April 23). UNESCO Sebut Minat Baca Orang Indonesia Masih Rendah. Https://Www.Rri.Co.Id/. https://www.rri.co.id/daerah/649261/unesco-sebut-minat-baca-orang-indonesia-masih-rendah

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Hidayat, R., Romadani, A. T. F., Rahmawati, Y., & Utomo, W. T. (2024). Investigasi Tingkat Literasi Membaca Mahasiswa: Studi Kasus di Perguruan Tinggi Swasta Yogyakarta. Journal of Education Research, 5(4), 6557–6567. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1866

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)