Penerapan Pembelajaran Behaviorisme Melalui Program Tahfidz, Pembacaan Al-Qur’an & Literasi (TaPAL) Peserta didik di SMPN

Authors

  • Fajar Mustika Violeta Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Andi Prastowo Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1857

Keywords:

Pembelajaran Behaviorisme, Program Tahfidz, Pembacaan Al-Qur'an, Literasi (TaPAL)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran behaviorisme dalam program Tahfidz, Pembacaan Al-Qur'an, dan Literasi (TaPAL) di SMPN 2 Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi lapangan, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi guru Pendidikan Agama Islam, peserta didik yang merupakan sumber (data primer) dan dokumen terkait program TaPAL (data sekunder). Teknik analisis data menggunakan Miles, Huberman, dan Saldana melalui kondensasi data (proses memilah data), penyajian data (menuangkan data), dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran behaviorisme khususnya prinsip penguatan positif, telah berhasil meningkatkan minat dan motivasi peserta didik dalam mempelajari Al-Qur'an dan literasi. Selain itu program TaPAL juga berkontribusi pada peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an, keterampilan literasi, serta pembentukan karakter peserta didik yang lebih religius. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendekatan behavioristik dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran agama dan literasi baik di sekolah maupun di lingkup masyarakat secara luas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, A. M. (2022). Penerapan Teori Belajar Behaviorisme Dalam Pembelajaran (Studi Pada Anak). An-Nisa, 15(1), 1–8. https://doi.org/10.30863/an.v15i1.3315

Ahmad, B., & Laha, M. S. (2020). Penerapan Studi Lapangan Dalam Meningkatkan Kemampuan Analisis Masalah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Sosiologi Iisip Yapis Biak. Jurnal Nalar Pendidikan, 8(1), 63–72. https://doi.org/10.1124/dmd.122.001072

Akbar, F., & Gantaran, A. (2022). Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Pembelajaran PAI. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 139–148. https://doi.org/10.58518/darajat.v5i2.1413

Akbar, J. saddam, Ariani, M., Zulhawati, Haryani, Zani, B. N., Husnita, L., Firmansyah, M. B., Sa’dianoor, D. I. H., Karuru, D. D. P., & Hamsiah, D. A. (2023). Penerapan Media pembelajaran Era Digital. In PT. Sonpedia Publishing Indonesia (Issue Agustus). http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1

Almira. (2024). Wawancara Peserta didik.

Asfar, A. M. I. T., Asfar, A. M. I. A., & Halamury, M. F. (2019). Teori Behaviorisme (Theory of Behaviorism). Researchgate, September, 1–32. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.34507.44324

Budiman, B., Sari, Y., Dalimunthe, F. A., & Putri, P. (2023). Implikasi Teori Behaviorisme Dalam Pembelajaran Bahasa. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 12(2), 177. https://doi.org/10.31000/lgrm.v12i2.8772

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Remaja Rosdakarya.

Fitriani, Samad, A., & Khaeruddin. (2014). Penerapan Teknik Pemberian Reinforcement (Penguatan) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Peserta Didik Kelas VIII.A SMP PGRI Bajeng Kabupaten Gowa. Jurnal Pendidikan Fisika Unismuh, 2(3), 192–202.

Guthrie, . R. (1958). The psychology of learning. In Educational Review (Revised Ed, Vol. 10, Issue 2). https://doi.org/10.1080/0013191580100204

Habsy, B. A., Andani, N. F., Anggreani, K., & Buana, I. R. T. (2023). Memahami Teori Belajar Perilaku (Behaviorisme dan Teori Belajar Sosial Bandura serta Contoh Penerapannya). Asian Journal of Early Childhood and Elementary Education, 1(2), 223–239. https://doi.org/10.58578/ajecee.v1i2.2152

Hadi, A., & Sari, I. (2022). Implementasi Teori Belajar Behavioristik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Muaddib: Islamic Education Journal, 5(2), 100–106.

Hamruni, Syaddad, I. A., Zakiah, & Putri, D. I. I. (2021). Teori Belajar Behaviorisme dalam Perspektif Pemikiran Tokoh-tokohnya (N. Saidah (ed.)). Pascasarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Hermansyah. (2020). Analisis Teori Behavioristik (Edward Thordike) dan Implementasinya Dalam Pembelajaran SD/MI. Jurnal Program Studi PGMI, 7(1), 1–11.

Hidayati, N. (2021). Teori Pembelajaran Al Qur’an. Al Furqan: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Tafsir, 4(1), 29–40. https://doi.org/10.58518/alfurqon.v4i1.635

Hull, C. L. (1949). Behavior Postulates and Corollaries. https://psychaanalyse.com/pdf/BEHAVIOR POSTULATES AND COROLLARIES BY HULL 1949 (8 Pages - 543 Ko).pdf

Irfani, R. N. (2017). Formulasi Kajian Psikologis Tentang Teori-Teori Belajar dalam Al-Quran dan Hadits. Ta Dib : Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 212–223. https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i1.2319

Isabellapavytha, V., Ainin Munawaroh, & Munawir. (2023). Kurangnya Minat Remaja Dalam Belajar Al-Qur’an Akibat Pengaruh Canggihnya Teknologi Informasi. Al-Mau’izhoh, 5(2), 460–475. https://doi.org/10.31949/am.v5i2.7535

John W Creswell. (2013). Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (A. Fawaid (ed.); Tiga). Pustaka Belajar.

Keiko. (2024). Wawancara Peserta didik.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. In https://jdih.kemdikbud.go.id/.

Khairunnisa, & Prastowo, A. (2024). Penerapan Teori Behaviorisme Dengan Metode Drill And Practice Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Swasta Kota Duri. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 2548–6950. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/15520

Khonikmah, D. (2024). Wawancara Guru PAI.

Menteri Agama Republik Indonesia. (2010). Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Pendidikan Aagama Pada Sekolah.

Miles, Huberman, Saldana. (2014). Qualitative Data Analysis, A. Methods Sourcebook (Tjetjep Rohindi (ed.); Edition 3). Sage Publications.

Muttaqin. (2024). Penerapan Pendekatan Behavioristik Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal AlQuran Santri. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1). https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/aflah/article/download/1507/655

Nadhifa. (2024). Wawancara Peserta didik.

Noermanzah, N. (2018). Model-Model Pembelajaran Membaca sebagai Inovasi dalam Mengembangkan Bahan Ajar Membaca. Seminar Nasional MLI Universitas Bengkulu, 3(11), 176–190. https://doi.org/10.31219/osf.io/hpq2d

Putra, A., Harahap, T. H., & Panggabean, E. M. (2023). Kelebihan Dan Kekurangan Teori Belajar Behavioristik Dalam Penerapan Pembelajaran. Khazanah Pendidikan, 17(2), 1. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i2.17835

R.E. Slavin. (2000). Educational Psychology: Theory and Practice (A. and Bacon (ed.)).

Romandhona, A., & Purwaningrum, J. P. (2021). Penerapan Teori Clark Leonard Hull Dalam Pembelajaran Matematika. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 10–18. https://doi.org/10.26618/sigma.v13i1.4698

Rusli, R., & Kholik, M. (2013). Teori Belajar Dalam Psikologi Pendidikan. Jurnal Sosial Humaniora, 4(2), 62–67.

Shahbana, E. B., Kautsar farizqi, F., & Satria, R. (2020). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 24–33. https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.249

Siringoringo, R. G., & Alfaridzi, M. Y. (2024). Pengaruh Integrasi Teknologi Pembelajaran terhadap Efektivitas dan Transformasi Paradigma Pendidikan Era Digital. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 66. https://journal.aripi.or.id/index.php/Yudistira/article/view/854%0Ahttps://journal.aripi.or.id/index.php/Yudistira/article/download/854/918

Skinner, B. F. (2014). B. F. Skinner. In Pearson Education, Inc. https://doi.org/10.4135/9781483327372.n6

Sudyana, D. K., Satria, I. K., & Winantra, I. K. (2020). Konseling Behavioral dan Penguatan Positif dalam Meningkatkan Perilaku Sosial Peserta Didik. WIDYANATYA, 2(2), 79–85. https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/widyanatya/article/download/1049/680

Sugiono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mix Methods) (Sutopo (ed.); Edisi 1, C). ALFABETA, cv.

Sulistyaningsih, N. E. (2018). Behaviorisme dan Konstruktivisme dalam Membudayakan Literasi di Sekolah. Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra …, 903, 903–910. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/pibsi40/article/view/139

Watson, J. B. (1913). Psychology as the Behaviourist view it.

Yoga, Y. N. (2022). Kesulitan Membaca Al-Qur’an di TPQ/TPSQ Mushala Nurul Haq Kenegarian Sungai Dareh. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(4), 488–495. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i4.1234

Downloads

Published

2024-11-21

How to Cite

Violeta, F. M., & Prastowo, A. (2024). Penerapan Pembelajaran Behaviorisme Melalui Program Tahfidz, Pembacaan Al-Qur’an & Literasi (TaPAL) Peserta didik di SMPN. Journal of Education Research, 5(4), 5610–5619. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1857

Issue

Section

Articles

Categories