Penerapan Pembelajaran Behaviorisme Melalui Program Tahfidz, Pembacaan Al-Qur’an & Literasi (TaPAL) Peserta didik di SMPN
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1857Keywords:
Pembelajaran Behaviorisme, Program Tahfidz, Pembacaan Al-Qur'an, Literasi (TaPAL)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran behaviorisme dalam program Tahfidz, Pembacaan Al-Qur'an, dan Literasi (TaPAL) di SMPN 2 Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi lapangan, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi guru Pendidikan Agama Islam, peserta didik yang merupakan sumber (data primer) dan dokumen terkait program TaPAL (data sekunder). Teknik analisis data menggunakan Miles, Huberman, dan Saldana melalui kondensasi data (proses memilah data), penyajian data (menuangkan data), dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran behaviorisme khususnya prinsip penguatan positif, telah berhasil meningkatkan minat dan motivasi peserta didik dalam mempelajari Al-Qur'an dan literasi. Selain itu program TaPAL juga berkontribusi pada peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an, keterampilan literasi, serta pembentukan karakter peserta didik yang lebih religius. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendekatan behavioristik dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran agama dan literasi baik di sekolah maupun di lingkup masyarakat secara luas.
Downloads
References
Abidin, A. M. (2022). Penerapan Teori Belajar Behaviorisme Dalam Pembelajaran (Studi Pada Anak). An-Nisa, 15(1), 1–8. https://doi.org/10.30863/an.v15i1.3315
Ahmad, B., & Laha, M. S. (2020). Penerapan Studi Lapangan Dalam Meningkatkan Kemampuan Analisis Masalah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Sosiologi Iisip Yapis Biak. Jurnal Nalar Pendidikan, 8(1), 63–72. https://doi.org/10.1124/dmd.122.001072
Akbar, F., & Gantaran, A. (2022). Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Pembelajaran PAI. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 139–148. https://doi.org/10.58518/darajat.v5i2.1413
Akbar, J. saddam, Ariani, M., Zulhawati, Haryani, Zani, B. N., Husnita, L., Firmansyah, M. B., Sa’dianoor, D. I. H., Karuru, D. D. P., & Hamsiah, D. A. (2023). Penerapan Media pembelajaran Era Digital. In PT. Sonpedia Publishing Indonesia (Issue Agustus). http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1
Almira. (2024). Wawancara Peserta didik.
Asfar, A. M. I. T., Asfar, A. M. I. A., & Halamury, M. F. (2019). Teori Behaviorisme (Theory of Behaviorism). Researchgate, September, 1–32. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.34507.44324
Budiman, B., Sari, Y., Dalimunthe, F. A., & Putri, P. (2023). Implikasi Teori Behaviorisme Dalam Pembelajaran Bahasa. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 12(2), 177. https://doi.org/10.31000/lgrm.v12i2.8772
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Remaja Rosdakarya.
Fitriani, Samad, A., & Khaeruddin. (2014). Penerapan Teknik Pemberian Reinforcement (Penguatan) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Peserta Didik Kelas VIII.A SMP PGRI Bajeng Kabupaten Gowa. Jurnal Pendidikan Fisika Unismuh, 2(3), 192–202.
Guthrie, . R. (1958). The psychology of learning. In Educational Review (Revised Ed, Vol. 10, Issue 2). https://doi.org/10.1080/0013191580100204
Habsy, B. A., Andani, N. F., Anggreani, K., & Buana, I. R. T. (2023). Memahami Teori Belajar Perilaku (Behaviorisme dan Teori Belajar Sosial Bandura serta Contoh Penerapannya). Asian Journal of Early Childhood and Elementary Education, 1(2), 223–239. https://doi.org/10.58578/ajecee.v1i2.2152
Hadi, A., & Sari, I. (2022). Implementasi Teori Belajar Behavioristik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Muaddib: Islamic Education Journal, 5(2), 100–106.
Hamruni, Syaddad, I. A., Zakiah, & Putri, D. I. I. (2021). Teori Belajar Behaviorisme dalam Perspektif Pemikiran Tokoh-tokohnya (N. Saidah (ed.)). Pascasarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Hermansyah. (2020). Analisis Teori Behavioristik (Edward Thordike) dan Implementasinya Dalam Pembelajaran SD/MI. Jurnal Program Studi PGMI, 7(1), 1–11.
Hidayati, N. (2021). Teori Pembelajaran Al Qur’an. Al Furqan: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Tafsir, 4(1), 29–40. https://doi.org/10.58518/alfurqon.v4i1.635
Hull, C. L. (1949). Behavior Postulates and Corollaries. https://psychaanalyse.com/pdf/BEHAVIOR POSTULATES AND COROLLARIES BY HULL 1949 (8 Pages - 543 Ko).pdf
Irfani, R. N. (2017). Formulasi Kajian Psikologis Tentang Teori-Teori Belajar dalam Al-Quran dan Hadits. Ta Dib : Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 212–223. https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i1.2319
Isabellapavytha, V., Ainin Munawaroh, & Munawir. (2023). Kurangnya Minat Remaja Dalam Belajar Al-Qur’an Akibat Pengaruh Canggihnya Teknologi Informasi. Al-Mau’izhoh, 5(2), 460–475. https://doi.org/10.31949/am.v5i2.7535
John W Creswell. (2013). Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (A. Fawaid (ed.); Tiga). Pustaka Belajar.
Keiko. (2024). Wawancara Peserta didik.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. In https://jdih.kemdikbud.go.id/.
Khairunnisa, & Prastowo, A. (2024). Penerapan Teori Behaviorisme Dengan Metode Drill And Practice Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Swasta Kota Duri. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 2548–6950. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/15520
Khonikmah, D. (2024). Wawancara Guru PAI.
Menteri Agama Republik Indonesia. (2010). Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Pendidikan Aagama Pada Sekolah.
Miles, Huberman, Saldana. (2014). Qualitative Data Analysis, A. Methods Sourcebook (Tjetjep Rohindi (ed.); Edition 3). Sage Publications.
Muttaqin. (2024). Penerapan Pendekatan Behavioristik Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal AlQuran Santri. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1). https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/aflah/article/download/1507/655
Nadhifa. (2024). Wawancara Peserta didik.
Noermanzah, N. (2018). Model-Model Pembelajaran Membaca sebagai Inovasi dalam Mengembangkan Bahan Ajar Membaca. Seminar Nasional MLI Universitas Bengkulu, 3(11), 176–190. https://doi.org/10.31219/osf.io/hpq2d
Putra, A., Harahap, T. H., & Panggabean, E. M. (2023). Kelebihan Dan Kekurangan Teori Belajar Behavioristik Dalam Penerapan Pembelajaran. Khazanah Pendidikan, 17(2), 1. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i2.17835
R.E. Slavin. (2000). Educational Psychology: Theory and Practice (A. and Bacon (ed.)).
Romandhona, A., & Purwaningrum, J. P. (2021). Penerapan Teori Clark Leonard Hull Dalam Pembelajaran Matematika. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 10–18. https://doi.org/10.26618/sigma.v13i1.4698
Rusli, R., & Kholik, M. (2013). Teori Belajar Dalam Psikologi Pendidikan. Jurnal Sosial Humaniora, 4(2), 62–67.
Shahbana, E. B., Kautsar farizqi, F., & Satria, R. (2020). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 24–33. https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.249
Siringoringo, R. G., & Alfaridzi, M. Y. (2024). Pengaruh Integrasi Teknologi Pembelajaran terhadap Efektivitas dan Transformasi Paradigma Pendidikan Era Digital. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 66. https://journal.aripi.or.id/index.php/Yudistira/article/view/854%0Ahttps://journal.aripi.or.id/index.php/Yudistira/article/download/854/918
Skinner, B. F. (2014). B. F. Skinner. In Pearson Education, Inc. https://doi.org/10.4135/9781483327372.n6
Sudyana, D. K., Satria, I. K., & Winantra, I. K. (2020). Konseling Behavioral dan Penguatan Positif dalam Meningkatkan Perilaku Sosial Peserta Didik. WIDYANATYA, 2(2), 79–85. https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/widyanatya/article/download/1049/680
Sugiono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mix Methods) (Sutopo (ed.); Edisi 1, C). ALFABETA, cv.
Sulistyaningsih, N. E. (2018). Behaviorisme dan Konstruktivisme dalam Membudayakan Literasi di Sekolah. Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra …, 903, 903–910. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/pibsi40/article/view/139
Watson, J. B. (1913). Psychology as the Behaviourist view it.
Yoga, Y. N. (2022). Kesulitan Membaca Al-Qur’an di TPQ/TPSQ Mushala Nurul Haq Kenegarian Sungai Dareh. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(4), 488–495. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i4.1234
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Fajar Mustika Violeta Fajar M.V, Andi Prastowo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).