Pengembangan Media Cerita Bergambar Serat Sana Sunu Sebagai Implementasi Nilai Luhur Ki Hajar Dewantara
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1850Keywords:
Media Pembelajaran, Serat Sana Sunu, Ki Hajar DewantaraAbstract
Ki Hajar Dewantara mencetuskan sebuah pendidikan dengan berlandaskan pada nilai kehidupan. Apabila hal ini terealisasi dengan baik, akan banyak terlahir generasi-generasi bangsa yang memiliki karakter dan moral yang positif. Namun kenyataannya di lapangan masih berbanding terbalik. Moral peserta didik justru semakin merosot setiap tahunnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu adanya upaya untuk menanamkan nilai-nilai luhur kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan media pembelajaran cerita bergambar Serat Sana Sunu sebagai implementasi nilai luhur Ki Hajar Dewantara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D dengan model pengembangan ADDIE. Data berupa data kualitatif dan data kuantitatif yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan uji coba produk. Hasil penelitian memperoleh persentase sebesar 98,2% dengan kategori sangat baik dan layak untuk digunakan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran cerita bergambar Serat Sana Sunu yang telah dikembangkan layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
Downloads
References
Abdillah, F. (2024). Konsep Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara dan Tantangannya di Era Milennial. EDUCARE: Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan, 41–49.
Cahyani, I. N., Mulyana, D., & Cahyono, C. (2023). Hubungan Karakter Profil Pelajar Pancasila dengan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. Lucerna : Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 53–63. https://doi.org/10.56393/lucerna.v3i2.1718
Darihasting, S., Mislikhah, S., & Fauzi, N. B. (2022). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Pesan SMS Ekspatriat PT Cheal Jedang Indonesia (Problematika Pembelajaran BIPA). Sastra Dan Perkembangan Media.
Fauziyyah, F., & Rusmana, D. (2022). Analisis Isi Serat Pepali Karya Ki Ageng Selo dan Manfaatnya Untuk Generasi Masa Kini. Al-Tsaqafa : Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 19(1), 60–80. https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v19i1.18118
Fuadah, Y. T. (2022). Penggunaan Media Cerita Bergambar dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Mubtadiin, 8(1), 71.
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1(1), 28–37.
Jayanti, F., Suratisna, & Permanasari, D. (2019). Kemampuan Menulis Puisi Modern dengan Menggunakan Media Musik pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Gedong Tataan. Eskripsi, 1–11. http://eskrispi.stkippgribl.ac.id/
Khasinah, S., & Elviana, E. (2022). Need Analysis dalam Pengembangan Kurikulum. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 12(4), 837. https://doi.org/10.22373/jm.v12i4.17208
Miftahul Jannah. (2023). Analisis Faktor Penyebab Degradasi Moral Sopan Santun Pada Siswa Kelas V Sd X Guguk Malalo. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(01), 48–55. https://doi.org/10.47498/ihtirafiah.v3i01.1592
Pratiwi, A. H. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Menulis Cerita Pendek. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, Dan Diseminasi, 7–15.
Sari, M. N., Mudrikah, S., & Keban, Y. B. (2024). Metodologi Penelitian Tindakan Keas & Research and Development. Sukoharjo: Pradina Pustaka Grup.
Setiaji, A. B., Habibah, N., & Perwitasari, R. A. (2024). Nilai-Nilai Etika dalam Serat Wulang Sunu Karya Sri Susuhunan Pakubuwana IV bagi Generasi Muda. Jurnal Kultur, 3(2), 221–233.
Sezer, B. (2013). Integrating Technology Ito Classroom:the Learned-Centered Instructional Design". International Journal on New Trend in Educationin Their Implication, 4(4).
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Saiqu Dhikri, Aldila Rahmita Putri, Dita Karisma Fahriani, Evania Yafie, Dwi Sulistyorini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).