Analisis Efektivitas Program POLITERA dalam Meningkatkan Literasi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1838Keywords:
Program Literasi, POLITERA, Peningkatan LiterasiAbstract
Literasi adalah kemampuan dasar yang penting untuk berfungsi efektif dalam era informasi dan globalisasi. Pendidikan berperan sentral dalam mengembangkan literasi siswa, dan SMP Taruna Bakti mengimplementasikan Program Poin Literasi (POLITERA) untuk memotivasi siswa dan menilai aktivitas literasi mereka secara terukur. Penelitian ini mengevaluasi efektivitas program tersebut melalui pendekatan kualitatif deskriptif dengan observasi dan wawancara. Fokus penelitian meliputi keaktifan siswa, dukungan guru dan orang tua, serta peningkatan pengetahuan literasi. Hasil menunjukkan bahwa POLITERA meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan literasi seperti membaca dan diskusi, dengan dukungan guru dan orang tua yang krusial. Program ini juga meningkatkan kemampuan membaca, menulis, dan pemahaman siswa, serta memberikan informasi yang jelas melalui laporan rapor. POLITERA dapat dijadikan model program literasi di sekolah lain, berkontribusi pada pengembangan literasi dan kualitas pendidikan di Indonesia.
Downloads
References
Aeni, K., Widhanarto, G. P., & Astuti, T. (2020). Strengthening character education in elementary schools: Learning technology in school culture. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(2), 898–902.
Amalia, Nur. 2017. “Narrative Writing Intervention Plan: Anaiysis of Students’ Literacy Lerning Needs”. The 1st International Conference on Languge, Literature and Teaching. ISSN 2549-5607 Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Becker, K. L., & Renger, R. (2017). Suggested Guidelines for Writing Reflective Case Narratives : Structure and Indicators. https://doi.org/10.1177/1098214016664025.
Jannah1, M. (2022). Gerakan Literasi Sekolah Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 Nomor 5, 115-120. doi: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.990
Lubis, S. S. (2020). Membangun Budaya Literasi Membaca Dengan Pemanfaatan Media Jurnal Baca Harian. PIONIR : Jurnal Pendidikan, 9 No. 1, 127-135. doi:DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7167
Kundharu Saddhono, Y Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyajarta: Graha Ilmu.
Maimunah, Aslamiah, & Suriansyah, A. (2018). The Integration of Sentra-Based Learning and Involvement of Family Program at Early Childhood in Developing Character Building (Multi Case at PAUD Mawaddah and PAUD Alam Berbasis Karakter Sayang Ibu Banjarmasin, Indonesia). European Journal of Education Studies, 5(7), 49–63. https://doi.org/10.5281/zenodo.1494207
Mukhlisa, N. (2024). Transformasi Literasi Membaca di Abad ke-21: Analisis Kepustakaan. JUARA SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3 Nomor 1, 83-92. doi:prefix 10.26858
Oktariani(1) & Evri Ekadiansyah(2). (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan, 1 (No. 1), 23-33. doi:https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11
O. Hasbiansyah. (2008). Pendekatan Fenomenologi : Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. Mediator, 163-180. doi:https://doi.org/10.29313/mediator.v9i1.1146
Putri Oviolanda Irianto, Lifia Yola Febrianti. (2017). Pentingnya Penguasaan Literasi Bagi Generasi Muda Dalam Menghadapi MEA. https://jurnal.unissula.ac.id/, 640-647.
Patrisia dkk(2017). Budaya Literasi Siswa dalam mendukung program Ecoshool di SMPN 23 Surabaya. Jurnal mahasiswa. Vol. 4 (2). Hal 5.
Pupu F. Wasngadiredja, Diki P. Wibowo, Marina Yuliani. (2023). Pelestarian Seni Budaya Wayang Golek Sebagai Implementasi Sila Ke-2 Pancasila. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 471-481. doi:https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20097
Pupu Fujriani Wasngadiredja, D. P. (2024). Efektifitas Komunikasi Persuasif dalam Mendorong Perubahan Perilaku Mahasiswa Farmasi (Vol. 5 No. 1). doi:https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.676
Downloads
Published
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Pupu Fujriani Wasngadiredja, Bambang Purwanto, Diki Prayugo Wibowo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).