Analisis Efektivitas Program POLITERA dalam Meningkatkan Literasi Siswa

Authors

  • Pupu Fujriani Wasngadiredja Sekolah Tinggi Farmasi, Indonesia
  • Bambang Purwanto SMP Taruna Bakti, Indonesia
  • Diki Prayugo Wibowo Sekolah Tinggi Farmasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1838

Keywords:

Program Literasi, POLITERA, Peningkatan Literasi

Abstract

Literasi adalah kemampuan dasar yang penting untuk berfungsi efektif dalam era informasi dan globalisasi. Pendidikan berperan sentral dalam mengembangkan literasi siswa, dan SMP Taruna Bakti mengimplementasikan Program Poin Literasi (POLITERA) untuk memotivasi siswa dan menilai aktivitas literasi mereka secara terukur. Penelitian ini mengevaluasi efektivitas program tersebut melalui pendekatan kualitatif deskriptif dengan observasi dan wawancara. Fokus penelitian meliputi keaktifan siswa, dukungan guru dan orang tua, serta peningkatan pengetahuan literasi. Hasil menunjukkan bahwa POLITERA meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan literasi seperti membaca dan diskusi, dengan dukungan guru dan orang tua yang krusial. Program ini juga meningkatkan kemampuan membaca, menulis, dan pemahaman siswa, serta memberikan informasi yang jelas melalui laporan rapor. POLITERA dapat dijadikan model program literasi di sekolah lain, berkontribusi pada pengembangan literasi dan kualitas pendidikan di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, K., Widhanarto, G. P., & Astuti, T. (2020). Strengthening character education in elementary schools: Learning technology in school culture. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(2), 898–902.

Amalia, Nur. 2017. “Narrative Writing Intervention Plan: Anaiysis of Students’ Literacy Lerning Needs”. The 1st International Conference on Languge, Literature and Teaching. ISSN 2549-5607 Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Becker, K. L., & Renger, R. (2017). Suggested Guidelines for Writing Reflective Case Narratives : Structure and Indicators. https://doi.org/10.1177/1098214016664025.

Jannah1, M. (2022). Gerakan Literasi Sekolah Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 Nomor 5, 115-120. doi: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.990

Lubis, S. S. (2020). Membangun Budaya Literasi Membaca Dengan Pemanfaatan Media Jurnal Baca Harian. PIONIR : Jurnal Pendidikan, 9 No. 1, 127-135. doi:DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7167

Kundharu Saddhono, Y Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyajarta: Graha Ilmu.

Maimunah, Aslamiah, & Suriansyah, A. (2018). The Integration of Sentra-Based Learning and Involvement of Family Program at Early Childhood in Developing Character Building (Multi Case at PAUD Mawaddah and PAUD Alam Berbasis Karakter Sayang Ibu Banjarmasin, Indonesia). European Journal of Education Studies, 5(7), 49–63. https://doi.org/10.5281/zenodo.1494207

Mukhlisa, N. (2024). Transformasi Literasi Membaca di Abad ke-21: Analisis Kepustakaan. JUARA SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3 Nomor 1, 83-92. doi:prefix 10.26858

Oktariani(1) & Evri Ekadiansyah(2). (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan, 1 (No. 1), 23-33. doi:https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11

O. Hasbiansyah. (2008). Pendekatan Fenomenologi : Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. Mediator, 163-180. doi:https://doi.org/10.29313/mediator.v9i1.1146

Putri Oviolanda Irianto, Lifia Yola Febrianti. (2017). Pentingnya Penguasaan Literasi Bagi Generasi Muda Dalam Menghadapi MEA. https://jurnal.unissula.ac.id/, 640-647.

Patrisia dkk(2017). Budaya Literasi Siswa dalam mendukung program Ecoshool di SMPN 23 Surabaya. Jurnal mahasiswa. Vol. 4 (2). Hal 5.

Pupu F. Wasngadiredja, Diki P. Wibowo, Marina Yuliani. (2023). Pelestarian Seni Budaya Wayang Golek Sebagai Implementasi Sila Ke-2 Pancasila. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 471-481. doi:https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20097

Pupu Fujriani Wasngadiredja, D. P. (2024). Efektifitas Komunikasi Persuasif dalam Mendorong Perubahan Perilaku Mahasiswa Farmasi (Vol. 5 No. 1). doi:https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.676

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Wasngadiredja, P. F., Purwanto, B., & Wibowo, D. P. (2024). Analisis Efektivitas Program POLITERA dalam Meningkatkan Literasi Siswa. Journal of Education Research, 5(4), 5425–5435. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1838

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check