Penerapan Evaluasi Portofolio dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 6 Sukadana
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1832Abstract
Evaluasi portofolio merupakan metode evaluasi yang dirancang untuk memantau perkembangan siswa secara holistik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti. Berbeda dengan penilaian tradisional yang lebih fokus pada hasil akhir, penilaian portofolio mengedepankan proses pembelajaran dan refleksi diri, memungkinkan siswa untuk mengevaluasi perkembangan spiritual dan moral mereka secara lebih mendalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka untuk mengkaji penerapan, manfaat, serta tantangan yang dihadapi dalam implementasi evaluasi portofolio di bidang PAI. Hasil kajian menunjukkan bahwa evaluasi portofolio efektif dalam mendukung pembentukan karakter siswa melalui kegiatan refleksi, dokumentasi hasil belajar, dan kolaborasi antara guru, siswa, dan orang tua. Meskipun penerapan portofolio menghadapi beberapa tantangan seperti keterbatasan waktu dan kebutuhan pelatihan bagi guru, evaluasi ini dianggap sesuai dengan tuntutan pendidikan yang adaptif.. Dengan demikian, evaluasi portofolio berpotensi menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di Indonesia.
Downloads
References
Afif, M. N. H., & Maemoenah. (2022). Portofolio Pada Pembelajaran Pai Di Masa Pandemi Covid-19. Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman, 8(1), 36–50.
Aladdiin, H. M. F., & Ps, A. M. B. K. (2019). Peran Materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah dalam Membentuk Karakter Kebangsaan. Jurnal Penelitian Medan Agama, 10.
Aly, A., & Inayati, N. L. (2019). Pengembangan Evaluasi Pendidikan Agama Islam.
Muhammadiyah University Pers.
Apriani. (2016). IMPLEMENTASI EVALUASI PORTOFOLIOPADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAMDI SMP NEGERI 3 MREBET KECAMATAN MREBETKABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016.
Apriyanti Rizky. (2021). Evaluasi Berbasis Portofolio. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Humaniora, 5.
Attorsusi, S. M., Mahpudin, M., Ahmad, J., Mutaqin, D. Z., Tinggi, S., Islam, A., & Azhary, A. (2024). Implementasi Penilaian Portofolio pada Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Karakter Al-Adzkiya Cianjur. Jurnal PAI Raden Fatah, 6(1), 336–344.
Bakri, F., Astra, M. I., & Irawan Denis. (2012). PENGARUH PENERAPAN PENILAIAN PORTOFOLIO ONLINE WEB BASEDLEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA TINGKAT SMA.
Budiman, Dadang.(2015) Penilaian Portofolio: Sebuah Alternatif Penilaian Komprehensif. Jakarta: Prenadamedia Group.
Destian, I. (2023). Evaluasi Sebagai Sarana Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4.
Farihah Elyaum. (2021). Teknik Portofolio dan Instrumen Asesm. Jurnal Fscho: Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 34–35.
Fatimah, Siti. (2017). Pengaruh Penilaian Portofolio terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs. Negeri 11 Padang Panjang. Jurnal Pendidikan Agama Islam 5, no. 2 ,1–10.
Firmansyah, I. M. (2019). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM : PENGERTIAN, TUJUAN,
DASAR, DAN FUNGSI. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17.
Furqon HadI, N. A. (2017). Penilaian Portofolio Pada Pendidikan Agama Islam. Jurnal El- Hmra (Kependidikan Dan Kemasyarakatan), 2.
Idrus L. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2.
Mahirah, B. (2017). EVALUASI BELAJAR PESERTA DIDIK (SISWA). Jurnal
Manajemen Pendidikan, 1.
Majid, A. (2014). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Remaja Rosdakarya.
Marfuah, A., & Febriza, F. (2019). Penilaian Autentik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah dan Perguruan Tinggi. Fondatia, 3(2), 35–58.
Marzuki, I. (2023). Urgensi Penilaian Portofolio Dalam Evaluasi Pembelajaran Di Era Society 5.0. Tadarus Tarbawy : Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 5(2), 171–179. https://doi.org/10.31000/jkip.v5i2.10073
Nasution Fauziah, Anggraini Yulia Lili, & Putri Khumairani. (2022). Pengertian Pendidikan, Sistem Pendidikan Sekolah Luar Biasa, dan Jenis-Jenis Sekolah Luar Biasa. Jurnal Edukasi Non Formal, 3.
Nikmah, L., & Makhsun, T. (2021). Implementasi Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Prsiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humaniora.
Purwaningrum, S., Arifin, S., In’am, A., & Khozin, K. (2021). Inovasi Bahan Ajar Pengayaan Pendidikan Agama Islam Berbasis Multidisipliner di Sekolah.
Sholihah, S. N., & Dimyati, M. (2023). Strategi Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Yayayan Pondok Karya Pembaangunan Sentani. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1.
Sudijono, A. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Rajagrafindo Persada.
Syukri F. I. I, Rizal, S. S., & Al Hamdani, M. D. (2019). Pengaruh Kegiatan Keagamaan terhadap Kualitas Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7.
Wasriah. (2009). Metode Penulisan Kaya Ilmiah. Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan UPI.
Zaini, Herman, & Muhtarom. (2014). Kompetensi Guru PAI. Rafah Press.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Akbar, Mas’adah Mas’adah, Annisa Rezki Eka Putri Wahyudi, Nadiya Ulya Rahmatika, Ainin Ainin, Muhamad Tisna Nugraha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).