Konsep Pendidikan Ideal Prespektif Ikhwan Al-Shafa: Relevensinya pada Pendidikan Islam di Indonesia

Authors

  • Widia Apriliani UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • M. Yunus Abu Bakar UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1830

Keywords:

Konsep Pendidikan, Ikhwan al-Shafa, Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini ditulis untuk mengetahui konsep pendidikan ideal prespektif Ikhwan al-Shafa serta relevansinya terhadap pendidikan Islam di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian library research. Peneliti berupaya dengan cara mengumpulkan data pustaka berupa buku, jurnal, dan artikel kemudian diolah dan dianalisis, serta disimpulkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan ideal prespektif Ikhwan al-Shafa sangat relevan dengan pendidikan Islam di Indonesia, terutama dalam tujuan membentuk individu yang bermoral dan berakhlak mulia. Pendidikan dikatakan berhasil jika peserta didik mampu menjaga hubungan dengan Tuhan, sesama, dan alam, yang sejalan dengan tujuan pendidikan Islam. Kurikulumnya mencangkup ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum serta pengajaran Ikhwan al-Shafa berfokus pada pemahaman dari hal yang konkrit menuju sesuai dengan standar yang diterapkan dalam pendidikan Islam di Indonesia. Temuan ini memberikan implikasi penting dalam pengembangan kurikulum dan metode pendidikan Islam di Indonesia, dengan menekankan pada keseimbangan pengajaran antara ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adenan, & Mahendra, A. (2023). Kontradiksi Filsafat Islam Di Era Modern. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 3574–3587. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/11583%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/download/11583/8878

Afandi, R. (2019). Konsep Pendidikan Ikhwan Al-Shafa Dan Relevansinya Dengan Dunia Postmodern. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(1), 150–166. https://doi.org/10.24090/insania.v24i1.2802

Amiruddin. (2024). Pemikiran Pendidikan Islam Perspektif Ikhwanus Shafa. ATTAQWA: Jurnal Pendidikan Islam dan Anak Usia Dini, 3(1), 1–204.

Arrovia, Z. I., & Yuliati. (2021). Perbandingan Konsep Tujuan Pendidikan Ikhwan Al-Safa dengan Pendidikan Islam di Indonesia Masa Pergerakan. AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 1–17. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v2i1.40

Cahyani, D. Y. W., & Bakar, M. Y. A. (2024). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 112–122. https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v4i2.6169

Hasanah, H. (2023). Pendidikan Islam Perspektif Ikhwanus Shafa Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Kontemporer. Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman, 10(4), 425–433. https://doi.org/10.31102/alulum.10.4.2023.425-433

Izzati, H. (2016). Pemikiran Pendidikan Ikhwan Al-Shafa. Jurnal Al-Muta’aliyah, 1, 99–126. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2293

Karim, A. R. (2020). Pemikiran Pendidikan Menurut Ikhwan As-Shafa ’. Jurnal At-Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2),122–132. https://doi.org/10.54621/jiat.v6i2.182

Laily Navi’atul Farah. (2022). Studi Komparatif Aliran-Aliran Utama Filsafat Pendidikan Islam dan Filsafat Pendidikan Barat. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 2(1), 115–128. https://doi.org/10.14421/hjie.2022.21-08

Mughni, M. S., & Bakar, M. Y. A. (2022). Studi Aliran Filsafat Pendidikan Islam serta Implikasinya Terhadap Pengembangan Pendidikan Islam. Jurnal Dirasah, 5(1), 81–99. https://doi.org/10.29062/dirasah.v5i1.456

Noor, M. (2018). Filsafat Ketuhanan. Jurnal Humaniora Teknologi, 3(1). https://doi.org/10.34128/jht.v3i1.31

Rahmadani, A. L., & Achmad, G. H. (2022). Pemikiran Pendidikan Ikhwan Al-Shafa Tentang Religius-Rasional dan Relevansi di Era Modern. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1804–1814. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2293

Rum, M. (2021). Filsafat Jiwa Ikhwan Al-Shafa Sebagai Basis Konsep Pendidikan. Kanz Philosophia A Journal for Islamic Philosophy and Mysticism, 7(1), 111–134. https://doi.org/10.20871/kpjipm.v7i1.135

Rusman, A. (2020). Filsafat Pendidikan Islam Sebuah Pendekatan Filsafat Islam Klasik. CV. Pustaka Learning Center.

Salihin Salihin, & Liesna Andriany. (2024). Relevansi Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara Pada Abad Ke-21. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(2), 164–179. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i2.475

Saputra, M. I. R., & Kurnia PS, A. M. B. (2020). Ikhwan al-Safa, Sains, Agama. Al-Ibrah, 5(1), 143–160. http://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah

Sari, R. K. (2021). Penelitian Kepustakaan Dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Borneo Humaniora, 4(2), 60–69. https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v4i2.2249

Sholehah, N. R. (2024). Pemikiran Ikhwanus Shafa (Religius-Rasional) Tentang Pendidikan Islam Dan Relevansinya Di Masa Kontemporer. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam. 08(01), 151–159. http://dx.doi.org/10.24127/att.v8i1.3334

Sumantri, B. A. (2019). Pemikiran Ikhwanus Shafa Tentang Pendidikan Dan Relevansinya Dengan Dunia Modern. MUKADDIMAH: Jurnal Studi Islam,V(1), 147-166. https://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/mukaddimah/article/view/2857

Syarief Hidayatulloh, F. (2013). Relevansi Pemikiran Ikhwan Al-Shafa Bagi Pengembangan Dunia Pendidikan, XVIII(01), 43–55. https://doi.org/10.19109/td.v18i01.38

Wahyudi, W. E., & dkk. (2018). Diskursus Filsafat Pendidikan Barat dan Islam. In Mitra Karya.

Yanti, E. R., Prasetyo, F. I., & Bakar, M. Y. A. (2024). Upaya Filsafat Pendidikan Islam dalam Mengemabngakan Pendidikan Islam Masyarakat Madani. Foramadiahi: Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 16(01), 15–25. https://doi.org/10.46339/foramadiahi.v16i1.899

Downloads

Published

2024-11-28

How to Cite

Apriliani, W., & Abu Bakar, M. Y. (2024). Konsep Pendidikan Ideal Prespektif Ikhwan Al-Shafa: Relevensinya pada Pendidikan Islam di Indonesia. Journal of Education Research, 5(4), 5804–5813. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1830

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check