Konsep Pendidikan Ideal Prespektif Ikhwan Al-Shafa: Relevensinya pada Pendidikan Islam di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1830Keywords:
Konsep Pendidikan, Ikhwan al-Shafa, Pendidikan IslamAbstract
Penelitian ini ditulis untuk mengetahui konsep pendidikan ideal prespektif Ikhwan al-Shafa serta relevansinya terhadap pendidikan Islam di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian library research. Peneliti berupaya dengan cara mengumpulkan data pustaka berupa buku, jurnal, dan artikel kemudian diolah dan dianalisis, serta disimpulkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan ideal prespektif Ikhwan al-Shafa sangat relevan dengan pendidikan Islam di Indonesia, terutama dalam tujuan membentuk individu yang bermoral dan berakhlak mulia. Pendidikan dikatakan berhasil jika peserta didik mampu menjaga hubungan dengan Tuhan, sesama, dan alam, yang sejalan dengan tujuan pendidikan Islam. Kurikulumnya mencangkup ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum serta pengajaran Ikhwan al-Shafa berfokus pada pemahaman dari hal yang konkrit menuju sesuai dengan standar yang diterapkan dalam pendidikan Islam di Indonesia. Temuan ini memberikan implikasi penting dalam pengembangan kurikulum dan metode pendidikan Islam di Indonesia, dengan menekankan pada keseimbangan pengajaran antara ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum.
Downloads
References
Adenan, & Mahendra, A. (2023). Kontradiksi Filsafat Islam Di Era Modern. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 3574–3587. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/11583%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/download/11583/8878
Afandi, R. (2019). Konsep Pendidikan Ikhwan Al-Shafa Dan Relevansinya Dengan Dunia Postmodern. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(1), 150–166. https://doi.org/10.24090/insania.v24i1.2802
Amiruddin. (2024). Pemikiran Pendidikan Islam Perspektif Ikhwanus Shafa. ATTAQWA: Jurnal Pendidikan Islam dan Anak Usia Dini, 3(1), 1–204.
Arrovia, Z. I., & Yuliati. (2021). Perbandingan Konsep Tujuan Pendidikan Ikhwan Al-Safa dengan Pendidikan Islam di Indonesia Masa Pergerakan. AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 1–17. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v2i1.40
Cahyani, D. Y. W., & Bakar, M. Y. A. (2024). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 112–122. https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v4i2.6169
Hasanah, H. (2023). Pendidikan Islam Perspektif Ikhwanus Shafa Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Kontemporer. Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman, 10(4), 425–433. https://doi.org/10.31102/alulum.10.4.2023.425-433
Izzati, H. (2016). Pemikiran Pendidikan Ikhwan Al-Shafa. Jurnal Al-Muta’aliyah, 1, 99–126. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2293
Karim, A. R. (2020). Pemikiran Pendidikan Menurut Ikhwan As-Shafa ’. Jurnal At-Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2),122–132. https://doi.org/10.54621/jiat.v6i2.182
Laily Navi’atul Farah. (2022). Studi Komparatif Aliran-Aliran Utama Filsafat Pendidikan Islam dan Filsafat Pendidikan Barat. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 2(1), 115–128. https://doi.org/10.14421/hjie.2022.21-08
Mughni, M. S., & Bakar, M. Y. A. (2022). Studi Aliran Filsafat Pendidikan Islam serta Implikasinya Terhadap Pengembangan Pendidikan Islam. Jurnal Dirasah, 5(1), 81–99. https://doi.org/10.29062/dirasah.v5i1.456
Noor, M. (2018). Filsafat Ketuhanan. Jurnal Humaniora Teknologi, 3(1). https://doi.org/10.34128/jht.v3i1.31
Rahmadani, A. L., & Achmad, G. H. (2022). Pemikiran Pendidikan Ikhwan Al-Shafa Tentang Religius-Rasional dan Relevansi di Era Modern. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1804–1814. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2293
Rum, M. (2021). Filsafat Jiwa Ikhwan Al-Shafa Sebagai Basis Konsep Pendidikan. Kanz Philosophia A Journal for Islamic Philosophy and Mysticism, 7(1), 111–134. https://doi.org/10.20871/kpjipm.v7i1.135
Rusman, A. (2020). Filsafat Pendidikan Islam Sebuah Pendekatan Filsafat Islam Klasik. CV. Pustaka Learning Center.
Salihin Salihin, & Liesna Andriany. (2024). Relevansi Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara Pada Abad Ke-21. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(2), 164–179. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i2.475
Saputra, M. I. R., & Kurnia PS, A. M. B. (2020). Ikhwan al-Safa, Sains, Agama. Al-Ibrah, 5(1), 143–160. http://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah
Sari, R. K. (2021). Penelitian Kepustakaan Dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Borneo Humaniora, 4(2), 60–69. https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v4i2.2249
Sholehah, N. R. (2024). Pemikiran Ikhwanus Shafa (Religius-Rasional) Tentang Pendidikan Islam Dan Relevansinya Di Masa Kontemporer. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam. 08(01), 151–159. http://dx.doi.org/10.24127/att.v8i1.3334
Sumantri, B. A. (2019). Pemikiran Ikhwanus Shafa Tentang Pendidikan Dan Relevansinya Dengan Dunia Modern. MUKADDIMAH: Jurnal Studi Islam,V(1), 147-166. https://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/mukaddimah/article/view/2857
Syarief Hidayatulloh, F. (2013). Relevansi Pemikiran Ikhwan Al-Shafa Bagi Pengembangan Dunia Pendidikan, XVIII(01), 43–55. https://doi.org/10.19109/td.v18i01.38
Wahyudi, W. E., & dkk. (2018). Diskursus Filsafat Pendidikan Barat dan Islam. In Mitra Karya.
Yanti, E. R., Prasetyo, F. I., & Bakar, M. Y. A. (2024). Upaya Filsafat Pendidikan Islam dalam Mengemabngakan Pendidikan Islam Masyarakat Madani. Foramadiahi: Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 16(01), 15–25. https://doi.org/10.46339/foramadiahi.v16i1.899
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Widia Apriliani, Yunus Abu Bakar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).