Analisis Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Persfektif Akidah Akhlak

Authors

  • Nurlaili Nurlaili UINFAS Bengkulu, Indonesia
  • Qolbi Khoiri UINFAS Bengkulu, Indonesia
  • Sandra Hidayat UINFAS Bengkulu, Indonesia
  • Yenni Pusvita Dewi UINFAS Bengkulu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1829

Keywords:

Analisis, Strategi Pembelajaran, Akidah

Abstract

Strategi pembelajaran merupakan cara pandang dan pola pikir guru dalam mengajar. Dalam mengembangkan strategi pembelajaran, setidaknya guru harus mempertimbangkan beberapa hal, antara lain: cara mengaktifkan siswa, cara siswa membangun peta konsep, cara mengumpulkan informasi dengan stimulus pertanyaan yang efektif, cara mengekstrak informasi dari media cetak. Pembelajaran membentuk suatu strategi, karena strategi pembelajaran merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang harus dilaksanakan oleh guru dan siswa agar tujuan kegiatan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien. Pendapat lain juga menyatakan bahwa strategi pembelajaran adalah seperangkat bahan dan prosedur pembelajaran yang digunakan secara bersama-sama untuk menghasilkan hasil belajar bagi siswa. Aqidah merupakan salah satu mata pelajaran agama Islam yang dijadikan sebagai sumber hukum untuk mencapai kemajuan lahiriah dan kebahagiaan rohani. Pelajaran aqidah merupakan ruang lingkup pendidikan agama Islam, yaitu upaya sadar dan terencana dalam mempersiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati dan beriman kepada Allah serta mewujudkannya dalam perilaku akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari melalui bimbingan, pengajaran, pelatihan, dan penggunaan pengalaman. Strategi yang digunakan untuk pembelajaran tersebut berbagai macam, diantaranya bisa menggunakan strategi ceramah, tanya jawab, demonstrasi, diskusi dan juga dapat menggunakan contoh-contoh atau perandaian yang dapat mendekatkan kepada pemahaman peserta didik tersebut. Dengan menggunakan strategi yang jitu, tepat sasaran pembelajaran aqidah pun berkesan terhadap peserta didik, memperkokoh keimanan, baik keimanan kepada yang nampak maupun yang ghaib sehingga dapat diaplikasikan di dalam kehidupan sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alifah, F. N. (2019). Pengembangan strategi pembelajaran afektif. Tadrib, 5(1), 68-86.

Harmita, D., Sofiana, F., & Amin, A. (2022). Inovasi Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2195-2204.

Ifadah, L., & Utomo, S. T. (2019). Strategi pembelajaran pendidikan agama islam dalam menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0. Al Ghazali, 2(2), 51-62.

Nasution, W. N. (2018). Pengaruh strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama islam (PAI).

Rohmah, N. (2014). Inovasi Strategi Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan PAI. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 24.

Syaâ, M., & Chumaidah, N. (2020). Strategi Pembelajaran PAI Anti Radikalisme di SMP Negeri 1 Ngoro Jombang. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(1), 36-56.

Tabroni, I., & Qutbiyah, S. M. (2022). Strategi Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Di Masa Pandemi COVID-19 Di SMP Plus Al-Hidayah Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1(3), 353-360.

Tang, M. (2018). Pengembangan strategi pembelajaran pendidikan agama islam (pai) dalam merespon era digital. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 7(01), 717-740.

Zainiyati, H. S. (2010). Model dan strategi pembelajaran aktif: teori dan praktek dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Zubairi, M. P. I. (2023). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penerbit Adab.

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Nurlaili, N., Khoiri, Q., Hidayat, S., & Pusvita Dewi, Y. (2024). Analisis Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Persfektif Akidah Akhlak. Journal of Education Research, 5(4), 5418–5424. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1829

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check