Menjadi Guru Profesional: Pandangan, Harapan, dan Tantangan bagi Mahasiswa PPG

Authors

  • Hardika Hardika Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Tomas Iriyanto Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Eny Nur Aisyah Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Rosyidamyani Twinsari Maningtyas Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Sri Utamimah Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Agus Setiyono Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1826

Keywords:

Guru Profesional, Mahasiswa PPG, Pendidikan, Tantangan Profesi, Pengembangan Profesional

Abstract

Guru yang profesional merupakan salah satu pilar penting dalam peningkatan kualitas pendidikan. Menjadi guru profesional tidak hanya menuntut penguasaan pengetahuan dan keterampilan pedagogis, tetapi juga menuntut komitmen terhadap pengembangan diri dan kemampuan menghadapi berbagai tantangan. Penelitian ini berupaya mengeksplorasi pandangan, harapan, dan tantangan yang dihadapi oleh 34 mahasiswa dan alumni Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam perjalanan mereka menuju profesi guru profesional. Berdasarkan hasil wawancara mendalam, observasi partisipan, dan analisis dokumen, ditemukan bahwa mahasiswa PPG memiliki pandangan optimis terhadap peran guru dalam membentuk masa depan bangsa, namun juga menghadapi berbagai kendala, baik dari segi akademik, praktik lapangan, hingga sistem pendidikan itu sendiri. Hasil penelitian ini juga menyoroti harapan mahasiswa terhadap dukungan institusi pendidikan dalam membantu mereka menjadi guru yang kompeten, serta mengidentifikasi strategi-strategi yang dapat dilakukan untuk mengatasi tantangan tersebut. Melalui pendekatan humanis, hasil penelitian ini menggarisbawahi pentingnya dukungan psikologis dan motivasi dalam proses pembelajaran menjadi guru, serta memberikan rekomendasi untuk pengembangan profesionalisme guru di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, R. I. (2018). Learning to Teach (10th ed.). New York: McGraw-Hill Education.

Boyd, D. (2018). The Professional Development of Teachers. Educational Researcher, 47(2), 123-136.

Cochran-Smith, M., & Villegas, A. M. (2020). Preparing Teachers for the Realities of the Classroom. Journal of Teacher Education, 71(5), 531-544.

Darling-Hammond, L., Flook, L., Cook-Harvey, C., Barron, B., & Osher, D. (2019). Implications for Teacher Education and Professional Development. Review of Educational Research, 89(1), 121-157.

Dewi, R. N., & Supriyanto, A. (2021). Pengembangan Kompetensi Guru Melalui Pendidikan Profesi. Malang: Universitas Negeri Malang Press.

Fajar, M. (2019). Inovasi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: Gramedia.

Goldhaber, D., Krieg, J. M., & Theobald, R. (2018). Exploring the Impact of Teacher Preparation Programs on Student Achievement. Education Next, 18(3), 8-15.

Hanushek, E. A., & Rivkin, S. G. (2017). The Evolution of Teacher Quality. Journal of Economic Perspectives, 31(4), 173-196.

Hardika, Iriyanto, T., Soraya, D. U., & Aisyah, E. N. (2023, February). Learning Creativity Through Student Social Life Experiences in Indonesian Higher Education. In International Conference on Educational Management and Technology (ICEMT 2022) (pp. 562-570). Atlantis Press.

Hardika, H., Abdul Razak, A. Z., Soraya, D. U., Aisyah, E. N., Iriyanto, T., & Juharyanto, J. (2021). Analysis of student learning outcomes’ standards in lecturers in the perspective of a disruptive era. Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(5), 2193-2208.

Hardika, Razak, A. Z. B. A., Fui, T. L. K., Aisyah, E. N., Soraya, D. U., & Iriyanto, T. (2022). Increasing Learning Creativity Through Learning the Sharing-Displaying-Analyzing-Constructing (SDAC) Model of Student Learning Experience in Social Life. Tec Empresarial, 17(2), 316-331.

Hidayat, R. (2018). Profesionalisme Guru dalam Pendidikan Abad 21. Jakarta: Bumi Aksara.

Ingersoll, R. M., Merrill, L., & Stuckey, D. (2021). The Status of Teacher Professionalism. Education Policy Analysis Archives, 29(8), 212-235.

Mulyasa, E. (2017). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurhadi, S., & Gunawan, I. (2020). Pembelajaran Berbasis Proyek dan Pengaruhnya terhadap Keterampilan Abad 21. Malang: Universitas Negeri Malang Press.

Sagala, S. (2017). Konsep dan Makna Pembelajaran. Jakarta: Alfabeta.

Sari, D. A., & Sudarman, R. (2021). Efektivitas Praktek Lapangan dalam Pendidikan Profesi Guru. Jurnal Pendidikan Guru, 35(2), 153-167. Malang: Universitas Negeri Malang.

Suharsimi, A. (2018). Pengembangan Karier Guru di Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Susanto, A. (2020). Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Suyanto, S. (2019). Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Profesi Guru. Yogyakarta: Deepublish.

Thompson, S., & Thornton, J. (2018). Effective Teacher Education: Best Practices from Global Education Systems. London: Routledge.

Wang, J., Odell, S. J., Klecka, C. L., & Lin, J. (2020). Teacher Professional Development: New Ideas and Strategies. Teacher Education Quarterly, 47(3), 96-114.

Yamin, M. (2019). Strategi Pembelajaran Efektif. Jakarta: Rajawali Press.

Downloads

Published

2024-11-26

How to Cite

Hardika, H., Iriyanto, T., Aisyah, E. N., Maningtyas, R. T., Utamimah, S., & Setiyono, A. (2024). Menjadi Guru Profesional: Pandangan, Harapan, dan Tantangan bagi Mahasiswa PPG. Journal of Education Research, 5(4), 5736–5746. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1826

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check