Pengembangan Media Pembelajaran Komik Bahasa Arab Berbasis Canva
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.182Abstract
Artikel ini memaparkan hasil penelitian tentang pengembangan media pembelajaran bahasa Arab berupa komik berbasis canva yang penggunaannya cukup mudah dan efektif dalam membantu proses pembelajaran bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan kualitas media komik bahasa Arab berbasis canva. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Research and Development dengan menggunakan model four D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Model empat D terdiri dari empat tahapan, yaitu define pendefinisian, design perancangan, development pengembangan dan dissemination penyebaran. Namun, pada penelitian ini hanya sampai pada tahapan development penyebaran dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket lembar validasi ahli, angket respon guru bahasa Arab dan respon siswa. Media ini divalidasi oleh dua ahli bahasa Arab yakni ahli media dan ahli materi. Hasil kelayakan dapat disimpulkan bahwa media komik bahasa Arab berbasis canva untuk siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Qur’an Kisaran layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Arab.
Downloads
References
Admelia, M., Farhana, N., Agustiana, S. S., Fitri, A. I., & Nurmalia, L. (2022). Efektifitas penggunaan aplikasi Canva dalam pembuatan modul pembelajaran interaktif Hypercontent di Sekolah Dasar Al Ikhwan. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 177. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v5i2.1087
Agustinova, D. E., & Wijayanti, A. T. (2014). Refleksi Pendidikan Indonesia (1st ed.). Penerbit Ombak.
Arkadiantika, I., Ramansyah, W., Effindi, M. A., & Dellia, P. (2020). JDPP. 3800.
Damayanti, A. E., Syafei, I., Komikesari, H., & Rahayu, R. (2018). Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Saku Berbasis Android Pada Materi Fluida Statis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 01(1), 63–70.
Garris Pelangi. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 1–18.
Hasan, A. A., & Baroroh, U. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI APLIKASI VIDEOSCRIBE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Lisanuna, 9(2), 143. https://doi.org/http://dx.doi.org./10.22373/Is.v9i2.6738
Hidayat Agusvian, Asep Sopian, & Nunung Nursyamsiah. (2021). Development of Comic in Qiroah Learning Introduction Material for VII Grade at Mts Muallimin NW Pancor / Pengembangan Media Komik Pada Pembelajaran Qiroah Materi Perkenalan Kelas VII Mts Muallimin NW Pancor. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(1), 45–63. https://doi.org/10.14421/almahara.2021.071-03
Indaryati, I., & Jailani, J. (2015). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 84–96. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4067
Luthfi, H., & Rakhmawati, F. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 98–109. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1877
Ningrum, A. A. L., & Talib, J. (2023). Pemanfaatan Canva for Education Untuk Pembuatan Komik Bahan Ajar Bahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Sma Negeri 1 Bantaeng. Anterior Jurnal, 22(1), 119–123. https://doi.org/10.33084/anterior.v22i1.4188
Nurafrilian, S., Sukamanasa, E., & Suchyadi, Y. (2022). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Canva Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Sumber Energi. Didaktik, 08, 1–23.
Prawiradilaga, D. S. (2016). WAWASAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN (Suwito (ed.); 3rd ed.). Kencana.
Rahmatin, U., Katili, M. R., Hadjaratie, L., & Suhada, S. (2021). Pengembangan Media Komik Untuk Pembelajaran Materi Logika dan Algoritma Komputer. Jambura Journal of Informatics, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.37905/jji.v3i1.10367
Saputro, H. B., & Soeharto. (2015). Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik-Integratif Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 64. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4065
Senjaya, R. P., Indriani, I., Mahdarani, N., Muharam, A., & Mustikaati, W. (2022). Pengembangan Media Komik Digital (MEKODIG) dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS, 1(2), 99–106. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i2.248
Sugiyono. (2020). METODE PENELITIAN PARIWISATA (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D) (N. Yuniati (ed.); 1st ed.). Penerbit Alfabeta.
Supriani, Y., Giyanti, G., & Syafana, Z. (2023). Pengembangan Interactive Digital Comic Menggunakan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(1), 167. https://doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.14779
Suryani, N., & Agung, L. (2012). Strategi Belajar Mengajar (A. Pratama (ed.); 1st ed.). Penerbit Ombak.
Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF DAN PENGEMBANGANNYA (P. Latifah (ed.); 1st ed.). PT Remaja Rosdakarya.
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261
Wahyuni, R., & Napitupulu, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Tematik Tema Kayanya Negeriku Kelas IV SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian …, 01(September), 55–67.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Nurul Aisyah Salsabila Panjaitan, Harun Al Rasyid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).