Pengembangan Media Pembelajaran Komik Bahasa Arab Berbasis Canva

Authors

  • Nurul Aisyah Salsabila Panjaitan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Harun Al Rasyid Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.182

Abstract

Artikel ini memaparkan hasil penelitian tentang pengembangan media pembelajaran bahasa Arab berupa komik berbasis canva yang penggunaannya cukup mudah dan efektif dalam membantu proses pembelajaran bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan kualitas media komik bahasa Arab berbasis canva. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model four-D (4-D) yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Model 4-D terdiri dari empat tahapan, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan) dan dissemination (penyebaran). Namun, pada penelitian ini hanya sampai pada tahapan development (penyebaran) dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya.  Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket lembar validasi ahli, angket respon guru bahasa Arab dan respon siswa. Media ini divalidasi oleh dua ahli bahasa Arab yakni ahli media dan ahli materi. Hasil kelayakan yang diperoleh dari ahli media dengan rata-rata nilai persentase 79 % dengan kategori layak dan memperoleh rata-rata nilai persentase 96 % dengan kategori sangat layak dari ahli materi. Respon guru bahasa Arab mengenai media mendapatkan hasil persentase sebesar 95 % dengan kategori sangat layak. Sedangkan respon siswa terhadap kepraktisan media komik bahasa Arab memperoleh hasil persentase sebesar 94 % dengan kategori sangat layak. Berdasarkan data yang telah diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa media komik bahasa Arab berbasis canva untuk siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Qur’an Kisaran layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Arab.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Admelia, M., Farhana, N., Agustiana, S. S., Fitri, A. I., & Nurmalia, L. (2022). Efektifitas penggunaan aplikasi Canva dalam pembuatan modul pembelajaran interaktif Hypercontent di Sekolah Dasar Al Ikhwan. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 177. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v5i2.1087

Agustinova, D. E., & Wijayanti, A. T. (2014). Refleksi Pendidikan Indonesia (1st ed.). Penerbit Ombak.

Arkadiantika, I., Ramansyah, W., Effindi, M. A., & Dellia, P. (2020). JDPP. 3800.

Damayanti, A. E., Syafei, I., Komikesari, H., & Rahayu, R. (2018). Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Saku Berbasis Android Pada Materi Fluida Statis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 01(1), 63–70.

Garris Pelangi. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 1–18.

Hasan, A. A., & Baroroh, U. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI APLIKASI VIDEOSCRIBE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Lisanuna, 9(2), 143. https://doi.org/http://dx.doi.org./10.22373/Is.v9i2.6738

Hidayat Agusvian, Asep Sopian, & Nunung Nursyamsiah. (2021). Development of Comic in Qiroah Learning Introduction Material for VII Grade at Mts Muallimin NW Pancor / Pengembangan Media Komik Pada Pembelajaran Qiroah Materi Perkenalan Kelas VII Mts Muallimin NW Pancor. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(1), 45–63. https://doi.org/10.14421/almahara.2021.071-03

Indaryati, I., & Jailani, J. (2015). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 84–96. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4067

Luthfi, H., & Rakhmawati, F. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 98–109. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1877

Ningrum, A. A. L., & Talib, J. (2023). Pemanfaatan Canva for Education Untuk Pembuatan Komik Bahan Ajar Bahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Sma Negeri 1 Bantaeng. Anterior Jurnal, 22(1), 119–123. https://doi.org/10.33084/anterior.v22i1.4188

Nurafrilian, S., Sukamanasa, E., & Suchyadi, Y. (2022). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Canva Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Sumber Energi. Didaktik, 08, 1–23.

Prawiradilaga, D. S. (2016). WAWASAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN (Suwito (ed.); 3rd ed.). Kencana.

Rahmatin, U., Katili, M. R., Hadjaratie, L., & Suhada, S. (2021). Pengembangan Media Komik Untuk Pembelajaran Materi Logika dan Algoritma Komputer. Jambura Journal of Informatics, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.37905/jji.v3i1.10367

Saputro, H. B., & Soeharto. (2015). Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik-Integratif Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 64. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4065

Senjaya, R. P., Indriani, I., Mahdarani, N., Muharam, A., & Mustikaati, W. (2022). Pengembangan Media Komik Digital (MEKODIG) dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS, 1(2), 99–106. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i2.248

Sugiyono. (2020). METODE PENELITIAN PARIWISATA (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D) (N. Yuniati (ed.); 1st ed.). Penerbit Alfabeta.

Supriani, Y., Giyanti, G., & Syafana, Z. (2023). Pengembangan Interactive Digital Comic Menggunakan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(1), 167. https://doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.14779

Suryani, N., & Agung, L. (2012). Strategi Belajar Mengajar (A. Pratama (ed.); 1st ed.). Penerbit Ombak.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF DAN PENGEMBANGANNYA (P. Latifah (ed.); 1st ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261

Wahyuni, R., & Napitupulu, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Tematik Tema Kayanya Negeriku Kelas IV SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian …, 01(September), 55–67.

Downloads

Published

2023-05-01

How to Cite

Panjaitan, N. A. S., & Rasyid, H. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Bahasa Arab Berbasis Canva. Journal of Education Research, 4(2), 484–495. https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.182

Issue

Section

Articles