Penerapan Blue Ocean Strategy pada Pendidikan Mikro Menengah
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1819Abstract
Saat ini pendidikan menengah menjadi pusat perhatian karena tidak hanya untuk menjembatani untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, tetapi juga menghubungkan sistem sekolah dengan dunia kerja. Seiring dengan hal tersebut, tingkat persaingan antar lembaga pendidikan menjadi sangat ketat dan kompetitif. Berbagai strategi dilakukan oleh lembaga pendidikan menengah guna meningkatkan mutu pendidikannya mulai persaingan penerimaan peserta didik baru (PPDB), maupun persaingan dalam hal mutu proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui bagaimana kemungkinan penerapan BOS pada pendidikan mikro menengah survei pada Madrasah Aliyah Al-Imaroh. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus di Madrasah Aliyah Al-‘Imaroh. Hasil penelitian bahwa penerapan Blue Ocean Strategy sangat memungkinkan diterapkan pada pendidikan mikro menengah. Hal tersebut telah dilakukan oleh Madrasah Aliyah Al ‘Imaroh dalam melakukan strateginya fokus terhadap prinsip-prinsip Blue Ocean Strategy yaitu; hilangkan, kurangi, tingkatkan dan ciptakan, dan melakukan divergensi, serta membuat moto yang menarik dan memikat.
Downloads
References
Alam, S., & Islam, M. T. (2017). Impact of Blue Ocean Strategy on Organizational Performance: A literature review toward implementation logic. IOSR Journal of Business and Management, 19(1).
Chrismardani, Y. (2019). Implementasi Blue Ocean Strategy Di Indonesia . Journal for Decision Makers, 6(7), 1–8.
Dwi Narullia, Sheila Febriani Putri, Fitri Purnamasari, Dhika Maha Putri, Yana Respati Dewi, & Nila Cahayati. (2021). Sosialisasi Red Ocean Strategy Dan Blue Ocean Strategy Sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing Ukm Mahasiswa Di Kota Malang. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(7), 1453–1462. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i7.671
Huberman, A. (2014). Qualitative data analysis a methods sourcebook.
Jarkawi, Sultani, & M. (2018). The Study on Blue Ocean Strategy in Guiding and Counselling of Senior High School in Indonesia. Journal of Management and Marketing Review, 3(3), 111–118.
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL, (2003).
Kim, W. C., & Mauborgne, R. (2005). Blue Ocean Strategy. Harvard Business School Press.
Kim, W. C., & Mauborgne, R. A. (2014). Blue ocean strategy, expanded edition: How to create uncontested market space and make the competition irrelevant. Harvard business review Press.
Manajemen Plus. (2015). Blue Ocean Strategy. Manajemen Plus.
Mazhaly, N. (2014). Penerapan Blue Ocean Strategy Di PT X Dalam Menghadapi Persaingan Penjualan Automatic Tank Gauging Di Indonesia. Jurnal Teknik Industri. ISSN, 1411–6340.
Murti, A. P., Setyowati, T., & Samsuryaningrum, I. P. (2022). Implementasi Blue Ocean Strategy Pada UMKM Rezti’s Batik Di Desa Tegalsari Kabupaten Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(1), 128–136. https://doi.org/10.32528/jmbi.v8i1.5046
Rofiqi, M. A., & Kolis, N. (2020). Pengembangan Madrasah Perspektif Blue Ocean Strategy MTs Al-Islam Joresan Ponorogo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 270–283.
Samrin, S., Irawan, M., & Se, M. (2019). Analisis Blue Ocean Strategy Bagi Industri Kerajinan Di Kota Tanjung Balai. Jurnal Manajemen, 11(1), 93–100.
Septarini, E. C. (2014). Perumusan Strategi Samudra Biru Kt-Gongsin. Magister Manajemen, 1(3).
Susanto, A. K. (2015). Analisis Value Innovation Pada Pt.Wijaya Panca Sentosa Food Melalui Strategi Blue Ocean. Agora, 3, 691–695.
Sutanto, Y., Suyanto, M., & Al Fatta, H. (2017). Analisis inovasi nilai sebagai perancangan strategi perusahaan pada stmik amikom yogyakarta. Respati, 8(22).
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Eka Abdul Hamid, M Farid Yudha Bahari, Endri Hendrayana, Heriyanto Heriyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).