Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1812Keywords:
Motivasi, Belajar, Pendidikan, IslamAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui lebih jauh mengenai motivasi belajar dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kajian pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar adalah sesuatu yang mendorong atau menggerakkan baik dari dalam maupun dari luar diri individu dalam melakukan aktivitas belajar untuk menguasai materi pelajaran yang diikutinya yang berkaitan dengan afektif, kognitif dan psikomotor. Penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar dapat mempengaruhi keberhasilan akademik siswa dalam pendidikan agama islam secara signifikan.
Downloads
References
A. Syamsudin, Psikologi Kependidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1996).
Alma Ega Putri Nurrawi and others, ‘Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika’, Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3.1 (2023), 29–38 <https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1220>.
Cendikia Jurnal Pendidikan dan Pengajaran and Jeanny Marcella Cornelia Kaimarehe, ‘Pengaruh Faktor Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Siswa’, 2.6 (2024).
Dimyati, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 2009).
Hamzah B. Uno, Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011).
Harmalis, ‘Motivasi Belajar Dalam Perspektif Islam’, 01.01 (2019), 51–61 .
J. Ellis Omrod, Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang, Alih Bahasa Amitya Kumara (Jakarta: Erlangga 2008).
Lailatul Wafiroh, Muhtar Arifin, and Hidayatus Sholihah, ‘Upaya Guru PAI Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa PAI Teacher Efforts to Increase Learning Motivation’, 2019.
Mudjiran, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2001).
Oemar Hamalik, Psikologsi Belajar dan Mengajar, (Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2000).
Pupu Saeful Rahmat, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2018).
Purwa Atmaja Prawira, Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2020).
Rikah Rikah and Susanti Dwi Ilhami, ‘Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kepuasan Hidup Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Yang Bekerja’, Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (JEBMA), 3.3 (2023). <https://doi.org/10.47709/jebma.v3i3.3006>.
Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belaj Mengajar, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007).
Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rajawali Press, 2011).
Sri Lutfiwati, ‘Motivasi Belajar Dan Prestasi Akademik’, Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 10.1 (2020), 54–63 <http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh>.
Wasty Soemanto, Psikologi Pendidikan ( Jakarta: Rieneka Cipta, 1998).
Yogi Fernando, Popi Andriani, and Hidayani Syam, ‘Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa’, Alfihris : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2.3 (2024), <https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843>.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nurry Marfu'ah, Sari Madani Rambe, Muslim Affandi, Muhammad Subhan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).