Penerapan Metode Pembelajaran TPS (Think, Pair, Share) untuk Menstimulus Keterampilan Menulis Mahasiswa

Authors

  • Christina Purwanti Pendidikan Bahasa, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • I Made Sutama Pendidikan Bahasa, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • Putu Mas Dewantara Pendidikan Bahasa, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • Kadek Wirahyuni Pendidikan Bahasa, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1811

Keywords:

Think Pair Share, Keterampilan Menulis, Pembelajaran Aktif, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode pembelajaran Think, Pair, Share (TPS) dalam meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa. Metode TPS dirancang untuk mendorong kolaborasi dan partisipasi aktif di antara mahasiswa melalui tahapan berpikir secara individu, berpasangan, dan berbagi ide. Studi ini dilakukan di sebuah perguruan tinggi dengan melibatkan 60 mahasiswa dari program studi Bahasa dan Sastra. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan menulis sebelum dan sesudah penerapan metode, serta melalui kuesioner untuk mengukur respons mahasiswa terhadap metode pembelajaran yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada keterampilan menulis mahasiswa setelah diterapkannya metode TPS, dengan rata-rata nilai tes menulis meningkat dari 70 menjadi 85. Selain itu, mayoritas mahasiswa menyatakan bahwa metode ini membantu mereka lebih memahami materi dan meningkatkan rasa percaya diri dalam mengekspresikan ide-ide mereka. Temuan ini menunjukkan bahwa metode TPS efektif dalam menstimulus keterampilan menulis mahasiswa, serta dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang inovatif di lingkungan pendidikan. Penelitian ini merekomendasikan penerapan metode serupa dalam mata kuliah lain untuk meningkatkan interaksi dan partisipasi mahasiswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahyar, D. a., & dkk. (2021). Model-model pembelajaran. Pradina Pustaka.

Bastian, A., & Reswita. (2022). Model dan pendekatan pembelajaran. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata.

Guntara, R. A. (2021). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think-pair- share (tps) terhadap hasil belajar mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 3- 8.

Kertati, D. I., & dkk. (2023). Model & metode pembelajaran inovatif era digital. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Lestari, E. P. (2023). Model pembelajaran think pair share solusi menumbuhkan keberanian berpendapat. Nusa Tenggara Barat: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Mulghalib, I. (2017). Model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share.

Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Ponidi, & dkk. (2021). Model pembelajaran inovatif dan efektif. Jawa Barat: Penerbit Adab.

Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Uwais Inspirasi Indonesia.

Sulistio, A., & Haryanti, D. N. (2022). Model pembelajaran kooperatif (cooperative learning model). Jawa Tengah: Eureka Media Aksara.

Widiyarto, S. (2017). Pengaruh metode think pair and share dan struktur kalimat terhadap keterampilan berbicara bahasa indonesia. Jurnal Deiksis, 2-4.

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Purwanti, C., Sutama, I. M., Dewantara, P. M., & Wirahyuni, K. (2024). Penerapan Metode Pembelajaran TPS (Think, Pair, Share) untuk Menstimulus Keterampilan Menulis Mahasiswa. Journal of Education Research, 5(4), 5551–5556. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1811

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check