Penerapan Metode Pembelajaran TPS (Think, Pair, Share) untuk Menstimulus Keterampilan Menulis Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1811Keywords:
Think Pair Share, Keterampilan Menulis, Pembelajaran Aktif, MahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode pembelajaran Think, Pair, Share (TPS) dalam meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa. Metode TPS dirancang untuk mendorong kolaborasi dan partisipasi aktif di antara mahasiswa melalui tahapan berpikir secara individu, berpasangan, dan berbagi ide. Studi ini dilakukan di sebuah perguruan tinggi dengan melibatkan 60 mahasiswa dari program studi Bahasa dan Sastra. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan menulis sebelum dan sesudah penerapan metode, serta melalui kuesioner untuk mengukur respons mahasiswa terhadap metode pembelajaran yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada keterampilan menulis mahasiswa setelah diterapkannya metode TPS, dengan rata-rata nilai tes menulis meningkat dari 70 menjadi 85. Selain itu, mayoritas mahasiswa menyatakan bahwa metode ini membantu mereka lebih memahami materi dan meningkatkan rasa percaya diri dalam mengekspresikan ide-ide mereka. Temuan ini menunjukkan bahwa metode TPS efektif dalam menstimulus keterampilan menulis mahasiswa, serta dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang inovatif di lingkungan pendidikan. Penelitian ini merekomendasikan penerapan metode serupa dalam mata kuliah lain untuk meningkatkan interaksi dan partisipasi mahasiswa
Downloads
References
Ahyar, D. a., & dkk. (2021). Model-model pembelajaran. Pradina Pustaka.
Bastian, A., & Reswita. (2022). Model dan pendekatan pembelajaran. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata.
Guntara, R. A. (2021). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think-pair- share (tps) terhadap hasil belajar mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 3- 8.
Kertati, D. I., & dkk. (2023). Model & metode pembelajaran inovatif era digital. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Lestari, E. P. (2023). Model pembelajaran think pair share solusi menumbuhkan keberanian berpendapat. Nusa Tenggara Barat: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Mulghalib, I. (2017). Model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share.
Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Ponidi, & dkk. (2021). Model pembelajaran inovatif dan efektif. Jawa Barat: Penerbit Adab.
Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Uwais Inspirasi Indonesia.
Sulistio, A., & Haryanti, D. N. (2022). Model pembelajaran kooperatif (cooperative learning model). Jawa Tengah: Eureka Media Aksara.
Widiyarto, S. (2017). Pengaruh metode think pair and share dan struktur kalimat terhadap keterampilan berbicara bahasa indonesia. Jurnal Deiksis, 2-4.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Christina Purwanti, I Made Sutama, Putu Mas Dewantara, Kadek Wirahyuni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).