Efektivitas Project Based Learning Terhadap Karakter Peduli Lingkungan Anak
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1810Keywords:
Anak Usia Dini, Karakter Peduli Lingkungan, Project Based learningAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal yang ditemukan peneliti, anak tidak menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan. Kondisi ini terjadi akibat kurang efisiennya model pembelajaran yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap kepribadian sadar lingkungan anak di TK Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Subjek penelitian berjumlah 28 orang, yaitu Kelas B1 sebanyak 14 orang sebagai kelas kontrol dan Kelas B3 sebanyak 14 orang sebagai kelas eksperimen. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan tiga uji yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Pada hasil penelitian, karakter peduli lingkungan dikelas eksperimen lebih berpengaruh dari pada hasil karakter peduli lingkungan anak dikelas kontrol karena anak antusias dan terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga anak mendapat pengalaman secara langsung dibandingkan kelas kontrol dengan hanya guru menjelaskan di depan kelas dan anak mengkerjakan lembar kerja. Hasil rata-rata menunjukkan bahwa 62,8% pembelajaran berbasis proyek memberikan dampak terhadap kesadaran lingkungan anak di TK Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang. Jadi, disimpulkan bahwa project based learning sangat efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran di Taman Kanak-kanak untuk menstimulasi karakter peduli lingkungan.
Downloads
References
Aisyah, E. S., Djoehaeni, H., & Listiana, A. (2023). Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan Anak Usia Dini melalui Implementasi Project Based Learning. 6(2), 205–212. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i1.501
Chandra Silvia Anggraini, K. (2022). Penerapan Metode Project Base Learning Pada Mata Kuliah Kewirausahaan Bagi Mahasiswa Semester Vi Prodi Pgmi. Jurnal Sosial Dan Sains, 2(10), 1106–1114. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i10.495
Christin Souisa, F., Dwi Lestari, G., & Yusuf, A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 752–765. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.616
Eliza, D. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Karakter Berbasis Cerita Tradisional Minangkabau Untuk Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia DIni, 5, 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.30651/pedagogi.v3i3b.1072
Eliza, D. (2019). Wordless and Picture Books Model Development based on Minangkabau Folklore to Build Early Childhood Character and Literacy. 178(ICoIE 2018), 498–504. https://doi.org/10.2991/icoie-18.2019.107
Faridy, F., & Rohendi, A. (2022). The effect of project-based learning in developing naturalist intelligence in children. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 8(1), 23. https://doi.org/10.22373/equality.v8i1.11973
Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Penerapan Metode Project Based Learning. Journal of Education, 3(1), 7. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.76
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivatiate Dengan Program IBM SPSS 25-Edisi 9. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Isnawan, M. G. (2020). Kuasi-Eksperimen (Sudirman (Ed.)). Https://Www.Researchgate.Net/Profile/Muhamad-GalangIsnawan/Publication/339040496_Kuasi Eksperimen/Links/5e3a27c092851c7f7f1d01b9/Kuasi-Eksperimen.Pdf
Junita, N. P., Ilyas, S. N., & Alriani, I. (2021). Penerapan Model Project Based Learning ( PJBL ) untuk Meningkatkan Kemampuan Motoric Halus Peserta Didik Kelompok B TK IT Mumtazah Kota Bengkulu. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(4), 9–17. https://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/178
Kurnia, I., Sugiyanto, & Dewantari, T. (2024). Pengaruh Metode Project Based Learning terhadap Kemampuan Bercerita untuk Anak Usia Dini di TK Cahaya Mentari Langkapura Bandar Lampung. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(7), 3362–3375. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i7.4165
L Tabun, N., Yolanita Maureen, I., Patria Saroinsong, W., & Khotimah, N. (2024). Pengaruh Penerapan Metode Project Based Learning dan Media Playdough terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 636–648. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.631
Laila, A., & Sahari, S. (2016). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa dalam Pemanfaatan Barang-barang Bekas pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. JPDN: Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2), 1–15. http://efektor.unpkediri.ac.id
Maya, B., & Charles, F. (2015). Skills for the 21 st Century: What should students learn? Center for Curriculum Redesign, 3(4), 29.
Ningsih, R., Bachtiar, M. Y., & Indrawati. (2022). Meningkatkan Kreativitas Membuat Karya Seni pada Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Project Based Learning TK Kurnia Simomulyo Baru Surabaya Jawa Timur. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(2), 304–309. https://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/415
Nisfa, N. L., Latiana, L., Pranoto, Y. K. S., & Diana, D. (2022). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Sosial dan Emosi Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5982–5995. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3032
Nurhayanti, D., Hajerah, H., & Zainuddin, I. (2021). Penerapan Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Membilang Anak 1- 10 dengan Media Kongkrit Pohon Angka pada Kelompok A di TK Tunas Bangsa Indramayu Jawa Barat. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(4), 18–24. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=project+based+learning+untuk+mengembangkan+kemampuan+mengenal+konsep+bilangan+&btnG=#d=gs_qabs&t=1674649748848&u=%23p%3Dk_eKB7A7zG0J
Nuriah, C. I., Silvia, O., Pratiwi, P. D. N., Sari, S. R., Rhomadoni, S., & Zad, T. F. K. (2023). Meningkatkan Kemandirian dan Kreativitas Siswa dalam Pendidikan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 11. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i2.172
Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. 1(2), 14–20. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622
Silitonga, C. R., & Susanti, D. (2023). Penggunaan Project-Based Learning (PBL) Eco-Enzim untuk Mengembangkan Kemampuan Menyimak dan Bicara Anak. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 6(2), 151–164. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.2.2023.2673
Sukmana, I. K., & Amalia, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Peningkatan Motivasi Belajar dan Kerja Sama Siswa dan Orang Tua di Era Pandemi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3163–3172. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1068
Suminar, U. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 5(3), 248–253.
Utoyo, S., Rawanti, S., & Ningsih, S. (2023). Pelatihan Pembelajaran Pjbl Menggunakan Media Loose Part Dalam Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Lingkungan Pesisir Pantai Desa Huangobotu Kecamatan Kabila Bone. Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta, 2(1), 297–303.
Wahyuni, S., & Hasriani, H. (2023). Upaya Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini Menggunakan Model Project Based Learning. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 1163–1168. http://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/496%0Ahttps://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/download/496/498
Zulkarnaen, Z., Wardhani, J. D., Katoningsih, S., & Asmawulan, T. (2023). Manfaat model Pembelajaran Project Based Learning untuk Pendidikan Anak Usia Dini dan Implementasinya dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 9(2), 394. https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52951
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Elsa Fitriani Indra, Delfi Eliza

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).