Efektivitas Project Based Learning Terhadap Karakter Peduli Lingkungan Anak

Authors

  • Elsa Fitriani Indra Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Delfi Eliza Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1810

Keywords:

Anak Usia Dini, Karakter Peduli Lingkungan, Project Based learning

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal yang ditemukan peneliti, anak tidak menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan. Kondisi ini terjadi akibat kurang efisiennya model pembelajaran yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap kepribadian sadar lingkungan anak di TK Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Subjek penelitian berjumlah 28 orang, yaitu Kelas B1 sebanyak 14 orang sebagai kelas kontrol dan Kelas B3 sebanyak 14 orang sebagai kelas eksperimen. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan tiga uji yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Pada hasil penelitian, karakter peduli lingkungan dikelas eksperimen lebih berpengaruh dari pada hasil karakter peduli lingkungan anak dikelas kontrol karena anak antusias dan terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga anak mendapat pengalaman secara langsung dibandingkan kelas kontrol dengan hanya guru menjelaskan di depan kelas dan anak mengkerjakan lembar kerja. Hasil rata-rata menunjukkan bahwa 62,8% pembelajaran berbasis proyek memberikan dampak terhadap kesadaran lingkungan anak di TK Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang. Jadi, disimpulkan bahwa project based learning sangat efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran di Taman Kanak-kanak untuk menstimulasi karakter peduli lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, E. S., Djoehaeni, H., & Listiana, A. (2023). Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan Anak Usia Dini melalui Implementasi Project Based Learning. 6(2), 205–212. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i1.501

Chandra Silvia Anggraini, K. (2022). Penerapan Metode Project Base Learning Pada Mata Kuliah Kewirausahaan Bagi Mahasiswa Semester Vi Prodi Pgmi. Jurnal Sosial Dan Sains, 2(10), 1106–1114. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i10.495

Christin Souisa, F., Dwi Lestari, G., & Yusuf, A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 752–765. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.616

Eliza, D. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Karakter Berbasis Cerita Tradisional Minangkabau Untuk Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia DIni, 5, 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.30651/pedagogi.v3i3b.1072

Eliza, D. (2019). Wordless and Picture Books Model Development based on Minangkabau Folklore to Build Early Childhood Character and Literacy. 178(ICoIE 2018), 498–504. https://doi.org/10.2991/icoie-18.2019.107

Faridy, F., & Rohendi, A. (2022). The effect of project-based learning in developing naturalist intelligence in children. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 8(1), 23. https://doi.org/10.22373/equality.v8i1.11973

Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Penerapan Metode Project Based Learning. Journal of Education, 3(1), 7. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.76

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivatiate Dengan Program IBM SPSS 25-Edisi 9. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Isnawan, M. G. (2020). Kuasi-Eksperimen (Sudirman (Ed.)). Https://Www.Researchgate.Net/Profile/Muhamad-GalangIsnawan/Publication/339040496_Kuasi Eksperimen/Links/5e3a27c092851c7f7f1d01b9/Kuasi-Eksperimen.Pdf

Junita, N. P., Ilyas, S. N., & Alriani, I. (2021). Penerapan Model Project Based Learning ( PJBL ) untuk Meningkatkan Kemampuan Motoric Halus Peserta Didik Kelompok B TK IT Mumtazah Kota Bengkulu. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(4), 9–17. https://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/178

Kurnia, I., Sugiyanto, & Dewantari, T. (2024). Pengaruh Metode Project Based Learning terhadap Kemampuan Bercerita untuk Anak Usia Dini di TK Cahaya Mentari Langkapura Bandar Lampung. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(7), 3362–3375. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i7.4165

L Tabun, N., Yolanita Maureen, I., Patria Saroinsong, W., & Khotimah, N. (2024). Pengaruh Penerapan Metode Project Based Learning dan Media Playdough terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 636–648. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.631

Laila, A., & Sahari, S. (2016). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa dalam Pemanfaatan Barang-barang Bekas pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. JPDN: Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2), 1–15. http://efektor.unpkediri.ac.id

Maya, B., & Charles, F. (2015). Skills for the 21 st Century: What should students learn? Center for Curriculum Redesign, 3(4), 29.

Ningsih, R., Bachtiar, M. Y., & Indrawati. (2022). Meningkatkan Kreativitas Membuat Karya Seni pada Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Project Based Learning TK Kurnia Simomulyo Baru Surabaya Jawa Timur. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(2), 304–309. https://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/415

Nisfa, N. L., Latiana, L., Pranoto, Y. K. S., & Diana, D. (2022). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Sosial dan Emosi Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5982–5995. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3032

Nurhayanti, D., Hajerah, H., & Zainuddin, I. (2021). Penerapan Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Membilang Anak 1- 10 dengan Media Kongkrit Pohon Angka pada Kelompok A di TK Tunas Bangsa Indramayu Jawa Barat. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(4), 18–24. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=project+based+learning+untuk+mengembangkan+kemampuan+mengenal+konsep+bilangan+&btnG=#d=gs_qabs&t=1674649748848&u=%23p%3Dk_eKB7A7zG0J

Nuriah, C. I., Silvia, O., Pratiwi, P. D. N., Sari, S. R., Rhomadoni, S., & Zad, T. F. K. (2023). Meningkatkan Kemandirian dan Kreativitas Siswa dalam Pendidikan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 11. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i2.172

Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. 1(2), 14–20. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622

Silitonga, C. R., & Susanti, D. (2023). Penggunaan Project-Based Learning (PBL) Eco-Enzim untuk Mengembangkan Kemampuan Menyimak dan Bicara Anak. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 6(2), 151–164. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.2.2023.2673

Sukmana, I. K., & Amalia, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Peningkatan Motivasi Belajar dan Kerja Sama Siswa dan Orang Tua di Era Pandemi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3163–3172. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1068

Suminar, U. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 5(3), 248–253.

Utoyo, S., Rawanti, S., & Ningsih, S. (2023). Pelatihan Pembelajaran Pjbl Menggunakan Media Loose Part Dalam Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Lingkungan Pesisir Pantai Desa Huangobotu Kecamatan Kabila Bone. Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta, 2(1), 297–303.

Wahyuni, S., & Hasriani, H. (2023). Upaya Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini Menggunakan Model Project Based Learning. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 1163–1168. http://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/496%0Ahttps://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/download/496/498

Zulkarnaen, Z., Wardhani, J. D., Katoningsih, S., & Asmawulan, T. (2023). Manfaat model Pembelajaran Project Based Learning untuk Pendidikan Anak Usia Dini dan Implementasinya dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 9(2), 394. https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52951

Downloads

Published

2024-12-03

How to Cite

Indra, E. F., & Eliza, D. (2024). Efektivitas Project Based Learning Terhadap Karakter Peduli Lingkungan Anak. Journal of Education Research, 5(4), 5820–5833. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1810

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)