Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Web WordPress untuk Siswa Kelas IX
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.181Abstract
Artikel ini memaparkan tentang pengembangan bahasa Arab berbasis web wordpress yang penggunaannya cukup praktis dan mudah diakses sehingga membantu dalam proses pengembangan bahasa Arab. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah: mendeskripsikan produk media pembelajaran bahasa Arab berbasis web wordpress untuk kelas IX MT's Swasta Bustanul Ulum Batang Kuis, mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran bahasa Arab berbasis web wordpress untuk kelas IX MTs Swasta Bustanul Ulum Batang Kuis, dan mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran bahasa Arab berbasis web wordpress untuk kelas IX MTs Swasta Bustanul Ulum Batang Kuis. Penelitian ini menggunakan model Research and Development Borg & Gall. Data yang digunakan adalah data verbal dan numerik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti dan kuesioner. Subjek uji dalam penelitian pengembangan ini meliputi: ahli materi, ahli media, keduanya merupakan dosen di Pendidikan Bahasa Aran Universitas Islam Negeri Sumatera Utara dan guru mata pelajaran MT's yang mengajar bahasa Arab, dua puluh enam siswa MTs kelas IX. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran bahasa Arab berbasis web wordpress yang berbentuk website online yang diakses melalui link yang di share oleh peneliti kepada siswa pada saat uji lapangan.
Downloads
References
Al-qalam, J. (2022). PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN. 23(1), 8–14.
Amrina, A., Mudinillah, A., & Sari, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Media Mixpad Mts Kelas Viii Kota Baru. Akademika, 10(02), 417–424. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1616
Anshori, S. (n.d.). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. 9924, 88–100.
Gemilang, D. (2020). Teaching Media in the Teaching of Arabic Language / Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Bahasa Arab. 1, 49–64.
Gunarti, T. T. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MAHARAH ISTIMA ’ PADA SISWA-SISWI. 3, 122–129.
Hamijoyo, S. S. (1984). Menjelajah Ranah ‘ Keterampilan Hidup .’ 241–248.
Inovasi, J., & Pembelajaran, T. (2014). MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN BERKUALITAS Punaji Setyosari Jurusan Teknologi Pendidikan , Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Malang Jl . Semarang No . 5 Malang Jawa Timur 65145 CREATING THE EFFECTIVE AND THE QUALITY OF THE LEARNING. 1(5), 20–30.
Islam, J. P., & Sudirman, S. (2022). Tawazun Metode Abdurrahman Al- Fauzān dalam pembelajaran Bahasa Arab. 15(2), 247–258. https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i2.4521
Journal, L. (2016). Lantanida Journal, Vol. 4 No. 1, 2016. 4(1).
Maulani, H., Abdurrahman, M., & Saleh, N. (n.d.). Implementation of Aptitude Treatment Interaction ( ATI ) in Nahwu Learning : Identification of Student Ability Characteristics Arabiyât. 9(1), 30–43.
Media, P., Bahasa, P., Berbasis, A., & Offline, W. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Web Offline. 2(2), 89–100.
Mukaromah, E. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa. 4(1).
Nur Fadhilah, F. (2022). Pengembangan Media Bahasa Arab Menggunakan Web Educandy. Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Bahasa Arab, 14(1), 51–62.
Nurfadillah, S., & Azhar, C. R. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI PINANG 1. 3(April), 153–163.
Padangsidimpuan, I. (2017). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN Aprida Pane Muhammad Darwis Dasopang. 03(2), 333–352.
Prananingrum, A. V., Rois, I. N., & Sholikhah, A. (2020). Kajian Teoritis Media Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 303–319. https://journal.staimsyk.ac.id/index.php/ihtimam/article/viewFile/220/162
Putri, W. N., & Billah, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab berwawasan Sains berbasis Mobile Android. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 3(2), 163–179. https://doi.org/10.18326/lisania.v3i2.163-179
Rahmi, M. N., & Samsudi, M. A. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknlologi Sesuai Dengan karakteristik Gaya Belajar. 4(2), 355–363.
Salsabila, U. H., & Agustian, N. (2021). DALAM PEMBELAJARAN. 3, 123–133.
Teatantia, & Nurhadi. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Portable Engklek Arabic Di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(1), 23–38. https://doi.org/10.14421/almahara.2020.061.02
Tekege, M., Studi, P., Informatika, T., Satya, U., Mandala, W., & Informasi, T. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran sma yppgi nabire. 2(1), 40–52.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jihan Nabila Luqiana, Harun Al Rasyid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).