Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Web WordPress untuk Siswa Kelas IX

Authors

  • Jihan Nabila Luqiana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Harun Al Rasyid Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.181

Abstract

Artikel ini memaparkan tentang pengembangan bahasa Arab berbasis web wordpress yang penggunaannya cukup praktis dan mudah diakses sehingga membantu dalam proses pengembangan bahasa  Arab. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah: mendeskripsikan produk media pembelajaran bahasa Arab berbasis web wordpress untuk kelas IX MT's Swasta Bustanul Ulum Batang Kuis, mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran bahasa Arab berbasis web wordpress untuk kelas IX MTs Swasta Bustanul Ulum Batang Kuis, dan mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran bahasa Arab berbasis web wordpress untuk kelas IX MTs Swasta Bustanul Ulum Batang Kuis. Penelitian ini menggunakan model Research and Development Borg & Gall. Data yang digunakan adalah data verbal dan numerik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti dan kuesioner. Subjek uji dalam penelitian pengembangan ini meliputi: ahli materi, ahli media, keduanya merupakan dosen di Pendidikan Bahasa Aran Universitas Islam Negeri Sumatera Utara dan guru mata pelajaran MT's yang mengajar bahasa Arab, dua puluh enam siswa MTs kelas IX. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran bahasa Arab berbasis web wordpress yang berbentuk website online yang diakses melalui link yang di share oleh peneliti kepada siswa pada saat uji lapangan. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-qalam, J. (2022). PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN. 23(1), 8–14.

Amrina, A., Mudinillah, A., & Sari, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Media Mixpad Mts Kelas Viii Kota Baru. Akademika, 10(02), 417–424. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1616

Anshori, S. (n.d.). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. 9924, 88–100.

Gemilang, D. (2020). Teaching Media in the Teaching of Arabic Language / Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Bahasa Arab. 1, 49–64.

Gunarti, T. T. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MAHARAH ISTIMA ’ PADA SISWA-SISWI. 3, 122–129.

Hamijoyo, S. S. (1984). Menjelajah Ranah ‘ Keterampilan Hidup .’ 241–248.

Inovasi, J., & Pembelajaran, T. (2014). MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN BERKUALITAS Punaji Setyosari Jurusan Teknologi Pendidikan , Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Malang Jl . Semarang No . 5 Malang Jawa Timur 65145 CREATING THE EFFECTIVE AND THE QUALITY OF THE LEARNING. 1(5), 20–30.

Islam, J. P., & Sudirman, S. (2022). Tawazun Metode Abdurrahman Al- Fauzān dalam pembelajaran Bahasa Arab. 15(2), 247–258. https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i2.4521

Journal, L. (2016). Lantanida Journal, Vol. 4 No. 1, 2016. 4(1).

Maulani, H., Abdurrahman, M., & Saleh, N. (n.d.). Implementation of Aptitude Treatment Interaction ( ATI ) in Nahwu Learning : Identification of Student Ability Characteristics Arabiyât. 9(1), 30–43.

Media, P., Bahasa, P., Berbasis, A., & Offline, W. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Web Offline. 2(2), 89–100.

Mukaromah, E. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa. 4(1).

Nur Fadhilah, F. (2022). Pengembangan Media Bahasa Arab Menggunakan Web Educandy. Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Bahasa Arab, 14(1), 51–62.

Nurfadillah, S., & Azhar, C. R. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI PINANG 1. 3(April), 153–163.

Padangsidimpuan, I. (2017). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN Aprida Pane Muhammad Darwis Dasopang. 03(2), 333–352.

Prananingrum, A. V., Rois, I. N., & Sholikhah, A. (2020). Kajian Teoritis Media Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 303–319. https://journal.staimsyk.ac.id/index.php/ihtimam/article/viewFile/220/162

Putri, W. N., & Billah, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab berwawasan Sains berbasis Mobile Android. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 3(2), 163–179. https://doi.org/10.18326/lisania.v3i2.163-179

Rahmi, M. N., & Samsudi, M. A. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknlologi Sesuai Dengan karakteristik Gaya Belajar. 4(2), 355–363.

Salsabila, U. H., & Agustian, N. (2021). DALAM PEMBELAJARAN. 3, 123–133.

Teatantia, & Nurhadi. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Portable Engklek Arabic Di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(1), 23–38. https://doi.org/10.14421/almahara.2020.061.02

Tekege, M., Studi, P., Informatika, T., Satya, U., Mandala, W., & Informasi, T. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran sma yppgi nabire. 2(1), 40–52.

Downloads

Published

2023-05-01

How to Cite

Luqiana, J. N., & Rasyid, H. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Web WordPress untuk Siswa Kelas IX. Journal of Education Research, 4(2), 473–483. https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.181

Issue

Section

Articles