Membentuk Karakter Unggul dengan Sistem Boarding School di Muhammadiyah Boarding School (MBS) Sorong
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1808Keywords:
Boarding School, Karakter, Unggul, Pembinaan, BakatAbstract
Peran sistem boarding school dalam membentuk karakter unggul pada siswa dengan menggabungkan pendidikan akademis dan pembinaan karakter secara intensif, boarding school menawarkan lingkungan yang kondusif untuk pengembangan diri siswa secara holistik. Penelitian ini ini merupaka penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui pembentukan karakter unggul dengan sistem boarding school. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan karakter unggul dengan sistem boarding school dapat dilakukan dengan Pembiasaan positif, penanaman nilai secara intensif dan integral, monitoring seluruh aktifitas siswa secara ketat, keterlibatan kegiatan sosial dan kemasyarakatan, dan refleksi diri. Adapung keunggulan boarding school dalam pembentukan karakter unggul adalah lingkungan yang terkontrol, pembinaan intensif, pengembangan kemandirian, interaksi sosial yang luas, dan pengembangan bakat dan minat.
Downloads
References
Hendriyenti. (2014). Pelaksanaan Program Boarding School dalam Pembinaan Moral Siswa di SMA Taruna Indonesia Palembang. Ta'dib, 19(2), 203-226.
Rizkiani, A. (2012). Pengaruh Sistem Boarding School terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 6(1), 10-18.
Sueb, A. (2013). Sistem Pendidikan Boarding School dalam Membangun Karakter Siswa di MTs Nurussalam Sidogede Sumberrejo Bojonegoro. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Thahir, A. (2016). Sistem Pesantren Boarding School di Sekolah Umum sebagai Media Pengembangan Kepribadian Siswa. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 1-22.
Zakiyah, Q. Y., Minarti, S., & Zulqarnain. (2018). Boarding School dan Peranannya dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Jurnal Tarbawi, 15(1), 95-106.
Amrizal, M. A., Fuad, N., & Karnati, N. (2022). Manajemen Pembinaan Akhlak di Pesantren. Jurnal Basicedu, 6(3), 3602–3612. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2706
Biasa, L., Manunggal, P., Kebumen, G., Jannah, V. N., Setiyani, S., & Fatimah, S. (2024). Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Tindakan: Sebuah Risalah dalam Pemanfaatan Pendekatan Kualitatif. Tarbi : Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(55), 281–287.
Lingga, Z. (2024). Peran Pendidikan Karakter Melalui Sistem Boarding School Santri MAS Pesantren Hujjaturrahmah Kecamatan Tanjung Pura. Journal Millia Islamia, 467–476.
Masrur, M., & Arwani, A. (2022). Pengembangan Kemandirian Ekonomi Pondok Pesantren. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(03), 2755–2764.
MUKHLISIN, M. (2021). Pola Asuh Dan Pembinaan Sosial Remaja Pada Pondok Pesantren. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(2), 225–238. https://doi.org/10.51878/academia.v1i2.715
Nawangsasi, D., & Kurniawati, A. B. (2022). Peningkatan Kemandirian Anak Usia Dini melalui Program Pengembangan Kemandirian. El-Athfal : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 2(02), 112–119. https://doi.org/10.56872/elathfal.v2i02.834
Nurmawati, Suhaidi, Taufiqurrahman, N. A. (2024). Al-Tarbiyah wa Thuruqu al-Tadris : Strategi Pendidikan Islam untuk Membentuk Generasi Unggul. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9, 531–538.
Sari, P., & Andini, M. (2024). Penyuluhan Pencegahan Bulliying di Pondok Pesantren pada SMP Darussalam Argomulyo : Studi Kuantitatif. Jurnal Cakrawala Akademika (JCA), 1(3).
ULUM, M. (2018). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pendidikan Berbasis Pondok Pesantren. journal EVALUASI, 2(2), 382. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i2.161
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333
Yudianto, E. F. (2021). Pembentukan Karakter Siswa dalam Pendidikan Karakter Ditinjau dari Aliran Progresivisme. Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH), 1(8), 840–847.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Ambo Tang, Arif Pramana Aji, Achmad Bachtiar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).