Membentuk Karakter Unggul dengan Sistem Boarding School di Muhammadiyah Boarding School (MBS) Sorong

Authors

  • Ambo Tang Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Arif Pramana Aji Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Achmad Bachtiar Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1808

Keywords:

Boarding School, Karakter, Unggul, Pembinaan, Bakat

Abstract

Peran sistem boarding school dalam membentuk karakter unggul pada siswa dengan menggabungkan pendidikan akademis dan pembinaan karakter secara intensif, boarding school menawarkan lingkungan yang kondusif untuk pengembangan diri siswa secara holistik. Penelitian ini ini merupaka penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui pembentukan karakter unggul dengan sistem boarding school. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan karakter unggul dengan sistem boarding school dapat dilakukan dengan Pembiasaan positif, penanaman nilai secara intensif dan integral, monitoring seluruh aktifitas siswa secara ketat, keterlibatan kegiatan sosial dan kemasyarakatan, dan refleksi diri. Adapung keunggulan boarding school dalam pembentukan karakter unggul adalah lingkungan yang terkontrol, pembinaan intensif, pengembangan kemandirian, interaksi sosial yang luas, dan pengembangan bakat dan minat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hendriyenti. (2014). Pelaksanaan Program Boarding School dalam Pembinaan Moral Siswa di SMA Taruna Indonesia Palembang. Ta'dib, 19(2), 203-226.

Rizkiani, A. (2012). Pengaruh Sistem Boarding School terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 6(1), 10-18.

Sueb, A. (2013). Sistem Pendidikan Boarding School dalam Membangun Karakter Siswa di MTs Nurussalam Sidogede Sumberrejo Bojonegoro. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Thahir, A. (2016). Sistem Pesantren Boarding School di Sekolah Umum sebagai Media Pengembangan Kepribadian Siswa. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 1-22.

Zakiyah, Q. Y., Minarti, S., & Zulqarnain. (2018). Boarding School dan Peranannya dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Jurnal Tarbawi, 15(1), 95-106.

Amrizal, M. A., Fuad, N., & Karnati, N. (2022). Manajemen Pembinaan Akhlak di Pesantren. Jurnal Basicedu, 6(3), 3602–3612. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2706

Biasa, L., Manunggal, P., Kebumen, G., Jannah, V. N., Setiyani, S., & Fatimah, S. (2024). Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Tindakan: Sebuah Risalah dalam Pemanfaatan Pendekatan Kualitatif. Tarbi : Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(55), 281–287.

Lingga, Z. (2024). Peran Pendidikan Karakter Melalui Sistem Boarding School Santri MAS Pesantren Hujjaturrahmah Kecamatan Tanjung Pura. Journal Millia Islamia, 467–476.

Masrur, M., & Arwani, A. (2022). Pengembangan Kemandirian Ekonomi Pondok Pesantren. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(03), 2755–2764.

MUKHLISIN, M. (2021). Pola Asuh Dan Pembinaan Sosial Remaja Pada Pondok Pesantren. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(2), 225–238. https://doi.org/10.51878/academia.v1i2.715

Nawangsasi, D., & Kurniawati, A. B. (2022). Peningkatan Kemandirian Anak Usia Dini melalui Program Pengembangan Kemandirian. El-Athfal : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 2(02), 112–119. https://doi.org/10.56872/elathfal.v2i02.834

Nurmawati, Suhaidi, Taufiqurrahman, N. A. (2024). Al-Tarbiyah wa Thuruqu al-Tadris : Strategi Pendidikan Islam untuk Membentuk Generasi Unggul. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9, 531–538.

Sari, P., & Andini, M. (2024). Penyuluhan Pencegahan Bulliying di Pondok Pesantren pada SMP Darussalam Argomulyo : Studi Kuantitatif. Jurnal Cakrawala Akademika (JCA), 1(3).

ULUM, M. (2018). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pendidikan Berbasis Pondok Pesantren. journal EVALUASI, 2(2), 382. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i2.161

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333

Yudianto, E. F. (2021). Pembentukan Karakter Siswa dalam Pendidikan Karakter Ditinjau dari Aliran Progresivisme. Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH), 1(8), 840–847.

Downloads

Published

2024-11-25

How to Cite

Tang, A., Aji, A. P., & Bachtiar, A. (2024). Membentuk Karakter Unggul dengan Sistem Boarding School di Muhammadiyah Boarding School (MBS) Sorong. Journal of Education Research, 5(4), 5711–5721. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1808

Issue

Section

Articles

Categories