Pengembangan Media Kartun Berbasis Cerita Rakyat Mbojo pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas X SMAN 1 Dompu

Authors

  • Muh Irfan Pendidikan Biologi, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Amin Dompu, Indonesia, Indonesia
  • Julkifli Julkifli PGSD, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Amin Dompu, Indonesia , Indonesia
  • Aby Candra Pendidikan Biologi, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Amin Dompu, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1797

Keywords:

Media Kartun, Cerita Rakyat, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media kartun berbasis cerita rakyat Mbojo pada mata pelajaran bahasa Indonesia untuk siswa kelas X SMAN 1 Dompu. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D (Research and Development) yang berjenis pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 6 prosedur pengembangan. sampel penelitian adalah 24 siswa kelas X di SMA Negeri 1 Dompu. Penelitian ini menggunakan tiga validator ahli yaitu ahli materi, ahli Bahasa dan ahli media. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket dan soal tes. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket yang berjenis skala likert dan soal tes yang berjenis esai. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan aplikasi SPSS vs 29.0. Penelitian memperoleh hasil validasi ahli media memperoleh nilai 77.33333% kategori sangat layak. Hasil validator ahli dari ahli Bahasa 97.5% dengan kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan sangat layat untuk digunakan. Implementasi media yang dilakukan pada siswa memperoleh hasil analisis data menggunakan uji paired sample t-test menunjukkan bahwa nilai Two-Sided p kurang dari 0,001 (< 0,001). Yang menunjukkan bahwa nilai Two-Sided p lebih kecil dari nilai signifikansi 0,05 (0,001 < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan dari nilai pre-test dan post-test hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh dan perbedaan penggunaan media kartun berbasis cerita rakyat Mbojo terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Dompu

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisah, N. S., & Sukidi, M. (2020). Pengembangan Media Cerita Kartun Putar Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II Sekolah Dasar. JPGSD-Ejournal.Unesa.Ac.Id, 8(4), 802–811. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd

Alisa, S., Hamsiah, A., & Angreani, A. (2022). Penggunaan Media Animasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Di Sdi Paccerakang. Embrio Pendidikan : Urnal Pendidikan Dasar, 7(2), 201–211.

Andriyana, R., & Romansyah, R. (2024). Group Investigation Berbantuan Media Visual Kartun Terhadap Keterampilan Investigasi Dan Penguasaan Konsep. Jurnal Wahana Pendidikan, 11(1), 131. https://doi.org/10.25157/jwp.v11i1.13089

Aprilianti, R., Meilana, S., & Saputra, N. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Komik Terhadap Keterampilan Bercerita Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iii Jaticempaka Vi Bekasi. JURNAL EKSPERIMENTAL : Media Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(2), 27–35. https://doi.org/10.58645/eksperimental.v9i2.136

Danis, A., & Pratiwi, A. P. (2024). Pengaruh Media Film Animasi Larva Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi pada Siswa Kelas IV SD Hang Tuah I Belawan Tahun Pembelajaran 2023/2024. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(2), 221–229. https://doi.org/10.69896/modeling.v11i2.2407

Fatonah, D. (2019). Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa SD Negeri 1 Sukamaju. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Dan Pendidikan Dasar: Scholastica Jorunal, Vol. 2(No.2), 13–23.

Frikas, S., Nurdin, K., Yamin, M., Nasruddin, H., & Hamdany, M. (2024). Pengembangan Media Video Animasi Berbantuan Aplikasi Canva pada Materi Adab Kepada Sesama Manusia di Kelas IX MTsN Kota Palopo. Refleksi, 12(4), 275–286. https://p3i.my.id/index.php/refleksi

Hariati, P., Lily, R., & Islamiani, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Respon Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 6(1), 18–22. https://doi.org/10.36987/jpms.v6i1.1657

Irfan, M., & Islamiati, N. (2021). Pengaruh Media Komik terhadap Keterampilan Membaca Cerpen. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 125–131. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.608

Kadri, K. (2020). Strategi Komunikasi Masyarakat Bima dalam Mentransfer Nilai Kearifan Lokal Mbojo pada Anak Usia Dini. Al-I’lam: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 3(2), 1–16. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jail/article/view/2533

Kartika, Y. D., Egok, A. S., & Yuneti, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri 82 Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 111–118. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i1.427

Komalasari, L., & Islamiati, N. (2021). Pengaruh Media Komik Nggahi Mbojo (Bahasa Bima) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 105–112.

Kurnawan, B., Hidayah, S., & Rahmawati, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Bahasa Indonesia Terhadap Budaya Lokal Pada Masyarakat Madura. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(7), xx.

Maharani, A., Putri, S. I., Shelia, N., Lestari, T., Safitri, S., & Syarufuddin. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Menggunakan Aplikasi Kinemaster. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(November), 67–78. http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/2083

Mawaddah, I. A., Rohana, & Rizhardi, R. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Saintifik Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(1), 59–67. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i1.1093

Nabiillah. (2023). Pengembangan Media Animasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP. Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication, 3(1), 33–37.

Nurlatifa, N. (2022). Kearifan Lokal Masyarakat Adat Sambori Sebagai Penguat Identitas Nasional. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 9(2), 17–28. https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v9i2.378

Ramadhani, D. A., Ardhi, W., & Hartuti, S. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Dadu Pancasila Di Sd Negeri Pilangbango Kota Madiun. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 1–23.

Ratri, D. K., & Janattaka, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbantuan “ AI ” pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 3 Talang. Journal on Education, 07(01), 1941–1948.

Riyanti, M., & Jarmita, N. (2021). Pengembangan Media Animasi Pembelajaran Berbasis Powtoon pada Materi Unsur-Unsur Bangun Datar. Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 13(01), 73–88. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/4698

Sabila, L., Marhayani, D., & Kariadi, D. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Film Kartun Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas V. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(2), 1–23.

Saputra, H., Nisa, K., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Kearifan Lokal NTB untuk Menanamkan Nilai-nilai Karakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 1–11. http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/6007

Sekarningsih, Setiawan, A., & Ramadhan, G. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Berbantu Media Film Kartun Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Sekolah. Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(3), 2580–2594.

Setiadi, Y., Widiyanti, S., & Setiawan, M. (2024). Pengembangan Animasi 2d Mengenai Kesopanan Pada Pendidikan Berkarakter Untuk Membuat Suasana Menyenangkan. Scientica : Jurnal Ilmiah Sain Dan Teknologi, 2(1), 2–7.

Sihite, S., Tamba, I., Malik, V., Mario, M., & Febriana, I. (2024). Pengaruh Media Sosial Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar Di Era Revolusi 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(4), 2986–6340. https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/MAJIM/article/view/57

Tussifa, B. N., Fikriyah, & Nurhabibah, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Wayang Kartun Pada Materi Cerita Fabel Kelas Ii Sdn 1 Grogolkabupaten Cirebon. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(3), 152–158.

Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141

Wibowo, S. E., & Ardiasyah, R. (2023). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kearifan Lokal Bima Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa. 11(2), 240–250.

Yohani, A. M., Rahayu, N., & Nasution, Y. A. (2022). Pengembangan Media Komik Cerita Rakyat Melayu Untuk Peningkatan Minat Baca Mahasiswa. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(6), 1789–1799. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i6.8945

Zairima, E., Rustam, R., & Siregar, L. N. K. (2024). Penerapan Media Film Kartun pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesiadi SD Swasta Patria Al-Ittihadiyah Percut Sei Tuan Deli Serdang. PENDEKAR: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(2), 259–272. https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i2.677

Downloads

Published

2024-11-28

How to Cite

Irfan, M., Julkifli, J., & Candra, A. (2024). Pengembangan Media Kartun Berbasis Cerita Rakyat Mbojo pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas X SMAN 1 Dompu. Journal of Education Research, 5(4), 5768–5776. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1797

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check