Analisis Kemampuan Literasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal AKM Ditinjau dari Kemampuan Kognitif Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1796Keywords:
AKM, Literasi Matematis, Kemampuan KognitifAbstract
Berdasarkan hasil PISA 2022, Indonesia sudah mengalami kenaikan posisi dibandingkan 2018. Salah satu bentuk usaha pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia yaitu dengan melaksanakan Assesmen Nasional yaitu termuat dalam AKM literasi dan numerasi. Peserta AKM diambil secara acak dengan jumlah yang berbeda untuk setiap jenjang pada satuan pendidikan. Sedangkan peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana kemampuan literasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal AKM dengan kemampuan kognitif yang berbeda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metodologi penelitian studi kasus. Instrumen penelitian adalah wawancara dan tes literasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif peserta didik sangat berpengaruh dalam menyelesaikan permasalahan literasi matematis. Peserta didik dengan kemampuan kognitif level tinggi mampu menyelesaikan soal AKM lebih baik dibandingkan peserta didik dengan peserta didik dengan kemampuan kognitif sedang dan kemampuan kognitif rendah
Downloads
References
Dwi Lestari, R., & Nia Sania Effendi, K. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Datar. 8(1), 63–73. http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP
Hananda, A., Adam, E., Dwijayanti, I., Endahwuri, D., & Matematika, P. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Negeri 1 Juwana Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Adversity Quotient (Vol. 13, Issue 2).
Kemendikbud. (n.d.). Soal AKM Numerasi SMP/MTs.
Kemendikbud. (2023). Adiksimba Adiksimba Adiksimba Asesmen Asesmen Asesmen Nasional Nasional Nasional.
Kemendikbud. (2022). Laporan Pisa Kemendikbudristek (1).
Nurmaya, R., Muzdalipah, I., & Heryani, Y. (2022). Analisis Proses Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Model Asesmen Kompetensi Minimum. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i1.6378
OECD. (2018). PISA 2022 Mathematics Framework Draft.
Pusat Asesmen dan Pembelajaran, K., Litbang dan Perbukuan, B., Penyusun, K., Substansi Asesmen Akademik, T., Asesmen dan Pembelajaran, P., Aryadi Wijaya, K., Negeri Yogyakarta Sofie Dewayani, U., Litara, Y., Effendi, A., Negeri Yogyakarta Hendra Gunawan, U., & Teknologi Bandung, I. (n.d.). Framework Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).
Rusli Baharuddin, M., Wahyuni, S., Studi Pendidikan Guru dan Sekolah Dasar, P., Cokroaminoto Palopo, U., & Studi Pendidikan Matematika, P. (2022). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematis Pada Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa.
Selan, M., Daniel, F., Babys, U., Studi Pendidikan Matematika, P., & Soe, S. (2020). Analisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pisa konten change and relationship (Vol. 11, Issue 2).
Trisnaningtyas, N. O., & Khotimah, R. P. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Akm Ditinjau Dari Gaya Belajar. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2714. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5662
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Hitdayaturahmi Hitdayaturahmi, Fitria Handayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).