Analisis Kemampuan Literasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal AKM Ditinjau dari Kemampuan Kognitif Peserta Didik

Authors

  • Hitdayaturahmi Hitdayaturahmi Tadris Matematika, UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesi, Indonesia
  • Fitria Handayani

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1796

Keywords:

AKM, Literasi Matematis, Kemampuan Kognitif

Abstract

Berdasarkan hasil PISA 2022, Indonesia sudah mengalami kenaikan posisi dibandingkan 2018. Salah satu bentuk usaha pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia yaitu dengan melaksanakan Assesmen Nasional yaitu termuat dalam AKM literasi dan numerasi. Peserta AKM diambil secara acak dengan jumlah yang berbeda untuk setiap jenjang pada satuan pendidikan. Sedangkan peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana kemampuan literasi matematis peserta didik  dalam menyelesaikan soal AKM dengan kemampuan kognitif yang berbeda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metodologi penelitian studi kasus. Instrumen penelitian adalah wawancara dan tes literasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif peserta didik sangat berpengaruh dalam menyelesaikan permasalahan literasi matematis. Peserta didik dengan kemampuan kognitif level tinggi mampu menyelesaikan soal AKM lebih baik dibandingkan peserta didik dengan peserta didik dengan kemampuan kognitif sedang dan kemampuan kognitif rendah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwi Lestari, R., & Nia Sania Effendi, K. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Datar. 8(1), 63–73. http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP

Hananda, A., Adam, E., Dwijayanti, I., Endahwuri, D., & Matematika, P. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Negeri 1 Juwana Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Adversity Quotient (Vol. 13, Issue 2).

Kemendikbud. (n.d.). Soal AKM Numerasi SMP/MTs.

Kemendikbud. (2023). Adiksimba Adiksimba Adiksimba Asesmen Asesmen Asesmen Nasional Nasional Nasional.

Kemendikbud. (2022). Laporan Pisa Kemendikbudristek (1).

Nurmaya, R., Muzdalipah, I., & Heryani, Y. (2022). Analisis Proses Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Model Asesmen Kompetensi Minimum. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i1.6378

OECD. (2018). PISA 2022 Mathematics Framework Draft.

Pusat Asesmen dan Pembelajaran, K., Litbang dan Perbukuan, B., Penyusun, K., Substansi Asesmen Akademik, T., Asesmen dan Pembelajaran, P., Aryadi Wijaya, K., Negeri Yogyakarta Sofie Dewayani, U., Litara, Y., Effendi, A., Negeri Yogyakarta Hendra Gunawan, U., & Teknologi Bandung, I. (n.d.). Framework Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).

Rusli Baharuddin, M., Wahyuni, S., Studi Pendidikan Guru dan Sekolah Dasar, P., Cokroaminoto Palopo, U., & Studi Pendidikan Matematika, P. (2022). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematis Pada Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa.

Selan, M., Daniel, F., Babys, U., Studi Pendidikan Matematika, P., & Soe, S. (2020). Analisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pisa konten change and relationship (Vol. 11, Issue 2).

Trisnaningtyas, N. O., & Khotimah, R. P. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Akm Ditinjau Dari Gaya Belajar. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2714. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5662

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Hitdayaturahmi, H., & Handayani , F. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal AKM Ditinjau dari Kemampuan Kognitif Peserta Didik. Journal of Education Research, 5(4), 5146–5153. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1796

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check