Pentingnya Penerapan Sikap Kepedulian dan Tanggung Jawab di Sekolah Dasar dalam Pembelajaran PKn

Authors

  • Titin Sunaryati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pelita Bangsa, Indonesia
  • Ellsa Oktaviany Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pelita Bangsa, Indonesia
  • Alda Nurkholifah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pelita Bangsa, Indonesia
  • Rika Rahmawati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pelita Bangsa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1795

Keywords:

Tanggung Jawab, Kepedulian, Penerapan

Abstract

Penelitian ini mengidentifikasi masalah terkait dengan masalah terkait dengan sikap kepedulian dan tanggung jawab dalam pembelajaran PKn di Sekolah Dasar, ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kurangnya dukungan dari orang tua, masih rendahnya kesadaran siswa akan pentingnya nilai-nilai kepedulian dan tanggung jawab. Selain itu penelitian ini juga terdapat solusi, beberapa diantaranya adalah perlu adanya upaya yang lebih serius dari semua pihak, termasuk guru, sekolah dan orang tua untuk mengintegrasikan nilai-nilai kepedulian dan tanggung jawab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Admizal, A., & Fitri, E. (2018). Pendidikan Nilai Kepedulian Sosial Pada Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 163-180.

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak.

Hendriana & Jacobus. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan dan Keteladanan. Tabawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 249.

Irwan, I. (2021). Revitalisasi Civic Disposition dalam Menumbuhkan Nilai-nilai Pancasila di Sekolah Dasar. Wakaf.

Irwan, I., & Hanaswi, H. (2021). Analisis Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar PPkn di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.

Nanda, F. A. & Maulina, I. (2021). Pembentukan Karakter Siswa Kelas III SDN 054871 KW. Begumit Melalui Fabel Pendidikan Kewarganegaraan. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan.

Nofiaturrahmah, F. (2018). Penanaman Karakter Dermawan Melalui Sedekah. ZISWAF: Jurnal Zakat dan Wakaf.

Putra, L. V., & Suryani, E. (2020). Penanaman Pendidikan Karakter Peduli Sosial Melalui Budaya Sekolah Pada Siswa SDN Genuk 01. Losari: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Suhardiyansyah, M. Y., Budiono, B. & Widodo, R. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Bidang Studi Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civic Hukum.

Tanto, O. D., Hapidin, H., & Supena, A. (2019). Penanaman Karakter Anak Usia Dini Dalam Kesenian Trasidional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Triyani, E. (2020). Apel Penguatan Pendidikan Karakter Bentuk Pemahaman Sikap Tanggung Jawab Siswa SD. Jooyful Learning Journal.

Downloads

Published

2024-12-04

How to Cite

Sunaryati, T., Oktaviany, E., Nurkholifah, A., & Rahmawati, R. (2024). Pentingnya Penerapan Sikap Kepedulian dan Tanggung Jawab di Sekolah Dasar dalam Pembelajaran PKn. Journal of Education Research, 5(4), 5840–5847. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1795

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check