Analisis Praktikum Menyublim dan Mengkristal pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.179Keywords:
Praktikum, Menyublim, Mengkristal, Siswa Sekolah DasarAbstract
Dengan melakukan pembelajaran berbasis eksperimen dapat mengembangkan pengetahuan siswa dan melatih keterampilan siswa sehingga dengan pembelajaran ini dapat meningkatkan kreatifitas siswa. Pembelajaran yang baik adalah pembelajan yang dapat melibatkan siswa secara langsung. Pembelajaran ini dapat dilakukan didalam kelas maupun diluar kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis praktikum menyublim dan mengkristal pada siswa kelas lima sekolah dasar Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang dilakukan di Sekolah Dasar dengan menggunakan seluruh populasi di kelas V yaitu kelas VA dan kelas VB dengan jumlah empat puluh siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes lembar angket yang disesuaikan dengan indikator keterampilan praktikum siswa pada bab menyublim dan mengkristal. Lembar tes disusun sejumlah sepuluh butir soal dalam bentuk soal essay. Lembar angket disusun menggunakan skala Likert dengan empat kriteria pilihan. Masing-masing data dianalisis dengan menggunakan Model Miles dan Huberman. Kemudian dibandingkan dengan tabel klasifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa mengenai praktikum menyublim dan mengkristal pada siswa kelas 5 sekolah dasar termasuk kriteria baik.
Downloads
References
Anjarwati, A., Setyawati, I., Wijaya, N. A., & ... (2022). Meningkatkan Pengetahuan Peserta Didik Mengenai Perubahan Wujud Benda Pada Mata Pelajaran IPA. … Sains Dan Teknologi, 1(2), 60–66. http://www.jurnal.minartis.com/index.php/jpst/article/view/276
Azura, A. R., Kamariyah, N., & Taufiq, M. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Dengan Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V Di Sd Al-Islah Surabaya. Natural Science Education Research, 1(2), 171–180. https://doi.org/10.21107/nser.v1i2.5187
Baitty, A. N., & Sukmawati, W. (2022). Pengaruh Praktikum Perubahan Wujud Materi Berbasis Video Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 944. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.859
Dasi, N. L. K., & Putra, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Perubahan Wujud Benda Muatan IPA Kelas V SD. Al-Irsyad, 4(3), 354. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
Febriyani, S., Belajar, H., Ourcames, L., Akhbar, M. T., & Dedy, A. (2022). Irje : Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(1), 59–63.
Kartikasari, A. D. (2022). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mapel Ipa Materi Perubahan Wujud Benda. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(1), 57–66. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i1.2074
Nawawi, A., Mansur, H., & Utama, A. H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berbasis Pop-Up Book Materi Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Untuk Siswa Sd. Journal of Instructional Technology, 2(2), 22. https://doi.org/10.20527/j-instech.v2i2.3822
Permatasari, F., Ghozali, M.I.A & Purwati, R. (2022). Efektivitas Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Wujud Benda Kelas IV MI Ma’arif Sutawinangun Kabupaten Cirebon. EduBase : Journal of Basic Education, 3(1), 110–116. https://www.neliti.com/publications/374558/efektivitas-metode-eksperimen-terhadap-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-i
Putri, A. A., Nurdian, D., Rohmatulloh, G., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2022). Analisis dan Rekonstruksi Kegiatan Laboratorium Alternatif: Meningkatkan Keterampilan Literasi Kuantitatif melalui Praktikum Ingenhousz. Jurnal Basicedu, 6(4), 7396–7407. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3524
Risnawati, M., Sudrajat, A., & ... (2022). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Ipa Materi Perubahan Wujud Benda. JESA-Jurnal Edukasi …, 1(1), 371–380. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jesa/article/view/230%0Ahttps://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jesa/article/download/230/152
Sari, N., & Suryanti. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Praktikum Sederhana PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PRAKTIKUM SEDERHANA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS V SDN SAMBIKEREP 2 SURABAYA. Jpgsd, 10(3), 620–634.
Sugiarti, S., Koto, I., & Hambali, D. (2021). Pengembangan Panduan Praktikum IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Tadris IAIN Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(2), 158–171. https://doi.org/10.33369/dikdas.v4i2.14642
Suryawati, E. (2022). Penerapan Metode Inquiri Dalam Meningkatkan Keterampilan Memprediksi Dan Pemahaman Konsep Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Perubahan Wujud Benda Kelas V Sd Islam Nw Ceking Tahun Pelajaran 2021-2022. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1), 1131–1139. https://doi.org/10.58258/jime.v8i1.2949
Tuan, M. N., & Akbari, U. F. (2021). Pengembangan Buku Panduan Praktikum Materi Perubahan Wujud Benda untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VB SD Inpres Perumnas 2 Kupang. Seminar Nasional Kependidikan (SNK)-I, 232–241.
Wandini, R., Harahap, E., Mutia, C., Adila, N., Amalia, Ay., & Sari, R. (2022). Penerapan Model Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan Wujud Benda. Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 2032–2035.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Tri Julianto Midjan, Bayu Pambudi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).