Analisis Praktikum Menyublim dan Mengkristal pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar

Authors

  • Tri Julianto Midjan Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Bayu Pambudi Pendidikan Profesi Guru (SD), Universitas PGRI Madiun, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.179

Keywords:

Praktikum, Menyublim, Mengkristal, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Dengan melakukan pembelajaran berbasis eksperimen dapat mengembangkan pengetahuan siswa dan melatih keterampilan siswa sehingga dengan pembelajaran ini dapat meningkatkan kreatifitas siswa. Pembelajaran yang baik adalah pembelajan yang dapat melibatkan siswa secara langsung. Pembelajaran ini dapat dilakukan didalam kelas maupun diluar kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis praktikum menyublim dan mengkristal pada siswa kelas lima sekolah dasar Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang dilakukan di Sekolah Dasar dengan menggunakan seluruh populasi di kelas V yaitu kelas VA dan kelas VB dengan jumlah empat puluh siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes lembar angket yang disesuaikan dengan indikator keterampilan praktikum siswa pada bab menyublim dan mengkristal. Lembar tes disusun sejumlah sepuluh butir soal dalam bentuk soal essay. Lembar angket disusun menggunakan skala Likert dengan empat kriteria pilihan. Masing-masing data dianalisis dengan menggunakan Model Miles dan Huberman. Kemudian dibandingkan dengan tabel klasifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa mengenai praktikum menyublim dan mengkristal pada siswa kelas 5 sekolah dasar termasuk kriteria baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anjarwati, A., Setyawati, I., Wijaya, N. A., & ... (2022). Meningkatkan Pengetahuan Peserta Didik Mengenai Perubahan Wujud Benda Pada Mata Pelajaran IPA. … Sains Dan Teknologi, 1(2), 60–66. http://www.jurnal.minartis.com/index.php/jpst/article/view/276

Azura, A. R., Kamariyah, N., & Taufiq, M. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Dengan Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V Di Sd Al-Islah Surabaya. Natural Science Education Research, 1(2), 171–180. https://doi.org/10.21107/nser.v1i2.5187

Baitty, A. N., & Sukmawati, W. (2022). Pengaruh Praktikum Perubahan Wujud Materi Berbasis Video Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 944. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.859

Dasi, N. L. K., & Putra, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Perubahan Wujud Benda Muatan IPA Kelas V SD. Al-Irsyad, 4(3), 354. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Febriyani, S., Belajar, H., Ourcames, L., Akhbar, M. T., & Dedy, A. (2022). Irje : Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(1), 59–63.

Kartikasari, A. D. (2022). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mapel Ipa Materi Perubahan Wujud Benda. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(1), 57–66. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i1.2074

Nawawi, A., Mansur, H., & Utama, A. H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berbasis Pop-Up Book Materi Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Untuk Siswa Sd. Journal of Instructional Technology, 2(2), 22. https://doi.org/10.20527/j-instech.v2i2.3822

Permatasari, F., Ghozali, M.I.A & Purwati, R. (2022). Efektivitas Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Wujud Benda Kelas IV MI Ma’arif Sutawinangun Kabupaten Cirebon. EduBase : Journal of Basic Education, 3(1), 110–116. https://www.neliti.com/publications/374558/efektivitas-metode-eksperimen-terhadap-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-i

Putri, A. A., Nurdian, D., Rohmatulloh, G., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2022). Analisis dan Rekonstruksi Kegiatan Laboratorium Alternatif: Meningkatkan Keterampilan Literasi Kuantitatif melalui Praktikum Ingenhousz. Jurnal Basicedu, 6(4), 7396–7407. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3524

Risnawati, M., Sudrajat, A., & ... (2022). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Ipa Materi Perubahan Wujud Benda. JESA-Jurnal Edukasi …, 1(1), 371–380. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jesa/article/view/230%0Ahttps://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jesa/article/download/230/152

Sari, N., & Suryanti. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Praktikum Sederhana PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PRAKTIKUM SEDERHANA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS V SDN SAMBIKEREP 2 SURABAYA. Jpgsd, 10(3), 620–634.

Sugiarti, S., Koto, I., & Hambali, D. (2021). Pengembangan Panduan Praktikum IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Tadris IAIN Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(2), 158–171. https://doi.org/10.33369/dikdas.v4i2.14642

Suryawati, E. (2022). Penerapan Metode Inquiri Dalam Meningkatkan Keterampilan Memprediksi Dan Pemahaman Konsep Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Perubahan Wujud Benda Kelas V Sd Islam Nw Ceking Tahun Pelajaran 2021-2022. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1), 1131–1139. https://doi.org/10.58258/jime.v8i1.2949

Tuan, M. N., & Akbari, U. F. (2021). Pengembangan Buku Panduan Praktikum Materi Perubahan Wujud Benda untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VB SD Inpres Perumnas 2 Kupang. Seminar Nasional Kependidikan (SNK)-I, 232–241.

Wandini, R., Harahap, E., Mutia, C., Adila, N., Amalia, Ay., & Sari, R. (2022). Penerapan Model Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan Wujud Benda. Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 2032–2035.

Downloads

Published

2023-05-18

How to Cite

Midjan, T. J., & Pambudi , B. (2023). Analisis Praktikum Menyublim dan Mengkristal pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(2), 531–535. https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.179

Issue

Section

Articles

Citation Check