Menghubungkan Budaya,Membina Keberagaman dan Pemahaman Bahasa melalui Program Pertukaran Mahasiswa (PMM) tahun 2023 di Universitas

Authors

  • Marlia Marlia Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Bone, Indonesia
  • Dian Riani Said Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Bone, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1785

Keywords:

Pengenalan Budaya, Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Abstract

Program PMM ( Pertukaran Mahasiswa Merdeka ) merupakan program yang sungguh bermanfaat terlebih dalam segi memperkenalkan budaya khususnya budaya yang ada di pulau Jawa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Jenis prosedur penelitian data berupa data deskriptif seperti tulisan,perkataan dan perilaku yang bisa diamati. Penelitian bersifat deskriptif diidentikkan dengan hasil data yang berupa kata-kata atau gambar dan bukan mengandung angka. Program ini dilaksanakan di seluruh Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia,salah satunya adalah Perguruan Tinggi yang terletak di pulau Jawa. Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ini dilaksanakan selama satu semester yaitu pada semester ganjil. Program ini menawarkan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari dan mendalami keragaman budaya Indonesia melalui Modul Nusantara. Program ini memberikan kesempatan untuk memperdalam dan memperluas pemahaman mahasiswa tentang berbagai aspek budaya Indonesia yang dapat meningkatkan pemahaman dan apresiasi terhadap keanekaragaman budaya Indonesia,sehingga keberagaman asal suku ,budaya,ras,agama yang selalu ada di sekitar kita membuat semakin akrab dan tetap saling menghargai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis dampak Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) terhadap pemahaman mahasiswa tentang keragaman budaya Indonesia, khususnya budaya yang ada di Pulau Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk menggali bagaimana program ini dapat meningkatkan apresiasi mahasiswa terhadap keanekaragaman budaya Indonesia, serta peranannya dalam mempererat hubungan antar mahasiswa dari berbagai latar belakang suku, agama, dan ras. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengkaji efektivitas Modul Nusantara dalam memperdalam pengetahuan dan pemahaman mahasiswa tentang nilai-nilai budaya Indonesia yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, Q., Budiarto, M., Putra, P. O. H., & Santoso, N. P. L. (2021). Gamification-Based The Kampus Merdeka Learning In 4.0 Era. Ijccs (Indonesian Journal Of Computing And Cybernetics Systems), 15(1), 31. Https://Doi.Org/10.22146/Ijccs.59023

Anggraini, S., Palupi, A., Hadi, K., & Arsyad, A. T. (2022). Analisis Dampak Program Pertukaran Pelajar Merdeka Belajar Kampus Merdeka Terhadap Mahasiswa Internal. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 3(2), 62. Https://Doi.Org/10.36722/Jaiss.V3i2.1025

Anugrah, T. M. F. (2021). Implementasi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Terdampak Pandemi Covid-19. Akselerasi: Jurnal Ilmiah Nasional, 3(3), 38–47. Https://Doi.Org/10.54783/Jin.V3i3.458

Anwar, R. N. (2022b). Peran Mata Kuliah Modul Nusantara Dalam Peningkatan Sikap Toleransi Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(2), 646–655. Https://Doi.Org/10.47668/Pkwu.V10i2.471

Eniwati, V., Susandi, S., & Sriwulandari, Y. A

Eniwati, V., Susandi, S., & Sriwulandari, Y. A. (2022). Pengembangan Modul Matakuliah Penulisan Karya Sastra Dengan Memanfaatkan Kearifan Lokal Mantra Batalah SukuDayak Pada Mahasiswa Angkatan 2020 Kelas A Prodi Pbsi Ibu Malang. Prosiding Seminar Nasional Ikip Budi Utomo, 3(01), 188–200.

Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.6084/M9.Figshare.

https://pusatinformasi.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/10315305843097-Manfaat-Program-Pertukaran-Mahasiswa-Merdeka

https://www.uta45jakarta.ac.id/profile/

Insani, N. N., Fitriasari, S., & Iswandi, D. (2021). Persepsi Mahasiswa Tentang Program Merdeka Belajar –Kampus Merdeka Pertukaran Pelajar. Mukadimah: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2), 245–251. Https://Doi.Org/10.30743/Mkd.V5i2.4353

Sari, M. Z., Fitriyani, Y., dan Amalia, D. (2020). Analisis Bahan Ajar Keragaman Suku Bangsa dan Budaya dalam Implementasi Karakter Toleransi di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian

Tohir, M. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Widiansyah, A. (2019). Modul Pendidikan Lingkungan & Budaya Nusantara (Plbn).

Downloads

Published

2024-11-25

How to Cite

Marlia, M., & Said, D. R. (2024). Menghubungkan Budaya,Membina Keberagaman dan Pemahaman Bahasa melalui Program Pertukaran Mahasiswa (PMM) tahun 2023 di Universitas . Journal of Education Research, 5(4), 5691–5699. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1785

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check