Pengaruh Penilaian Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Nilai Akhir Blok pada Mahasiswa Program Studi Kedokteran

Authors

  • Jodie Josephine Pendidikan Kedokteran, Universitas Kristen Krida Wacana, Indonesia
  • Clara Valentia Josephine Anestesi, Universitas Kristen Krida Wacana, Indonesia
  • Angelina Angelina Kedokteran, Universitas Kristen Krida Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1784

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Masalah, Critical Thinking, Keaktifan

Abstract

Kurikulum pendidikan kedokteran saat ini yaitu kurikulum berbasis kompetensi dengan menggunakan strategi pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM), yaitu aktivitas pembelajarannya berdasarkan masalah dan ini penting dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif dan rasional mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh antara penilaian Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Nilai Akhir Blok (NAB) pada mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Kristen Krida Wacana Angkatan 2020.Penelitian ini dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Krida Wacana menggunakan design cross sectional study. Subjek penelitian ini sebanyak 46 orang responden dengan teknik probability sampling yaitu dengan menggunakan jenis sampel acak sederhana (simple random sampling). . Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan data sekunder yaitu data lembar penilaian tutorial dan hasil nilai blok dari divisi asesmen prodi kedokteran FKIK Ukrida serta dianalisis secara bivariat dan multivariat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara komponen keaktifan dan critical thinking pada Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Nilai Akhir Blok oleh mahasiswa semester 5 angkatan 2020 Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Krida Wacana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Neang FRD, Artawan IM, Woda RR, Rini DI. The correlation between learning approach and learning achievement among medical education students. J Psikol Pendidik dan Konseling J Kaji Psikol Pendidik dan Bimbing Konseling. 2022;8(1):16.

Asri M. Dinamika Kurikulum Di Indonesia. Model J Progr Stud PGMI. 2017;4(2):192-202.

Anggraeni P, Akbar A. Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dan Proses Pembelajaran. J Pesona Dasar. 2018;6(2):55–65.

Fitri AD. Penerapan Problem-Based Learning (PBL) dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. J JMJ. 2016;4(1):95–100.

Hartono B. Self Directed Learning dalam Problem Based Learning di FK UKRIDA. J. Kedokteran Meditek [Internet]. 2014 Jul. 25 [cited 2022 Dec. 26];18(48).

Akbar S, Claramita M, Kristina TN. Pengembangan Kuesioner Penilaian Proses Belajar Problem-Based Learning dengan Model SPICES. J Pendidik Kedokt Indones Indones J Med Educ. 2014;3(3):137.

Pioh VE, Mewo Y, Berhimpon S. Efektivitas kelompok diskusi tutorial problem based learning. J e-Biomedik. 2016;4(1).

Yenny LGS, Wandia IM. Penggunaan Metode Role playing Meningkatkan Nilai Ujian Akhir Mahasiswa Blok Profesionalisme Kedokteran. WMJ (Warmadewa Med Journal). 2017;1(1):17.

Menawati T. Problem Based Learning sebagai Metode Perkuliahan Kedokteran yang Efektif. Jurnal Pedagogik. 2015; 8(1): 55-61.

Permatasari TO, Khasanah U. Analisis Hasil Belajar PBL Mahasiswa Tahun Pertama, Kedua dan Ketiga di Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati. Tunas Med J Kedokt. 2019;5(2):6–10.

Dahlan S. Besar Sampel dalam Penelitian Kedokteran dan Kesehatan. Epidemiologi Indonesia. 2016; edisi 4: 309-311

Dahlan S.Statistik untuk Kedokteran dan Kesehatan. Epidemiologi Indonesia. 2016; edisi 6: 223-231

Sumber no 35

Maharani A, Laelasari L. Experimentation of Spices Learning Strategies With the Method of Problem Based Learning (Pbl) To Build Motivation and the Ability To Think Logically for Vocational School Students. Infin J. 2017;6(2):149.

Halonen JS, Bosack T, Clay S, et al. A rubric for learning, teaching, and assessing scientific inquiry in psychology. Teaching of Psychology 2018, 30(3), 196–208.

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Josephine, J., Josephine, C. V., & Angelina, A. (2024). Pengaruh Penilaian Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Nilai Akhir Blok pada Mahasiswa Program Studi Kedokteran . Journal of Education Research, 5(4), 5545–5550. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1784

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check