Efektivitas Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa SD

Authors

  • Sabila Rakhma Universitas Muhammadiyah Kendal Batang
  • Ade Bagus P Universitas Muhammadiyah Kendal Batang
  • Meilan Tri W Universitas Muhammadiyah Kendal Batang

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1782

Abstract

Siswa mudah bosan dengan proses pembelajaran yang hanya bergantung pada buku dan metode ceramah oleh guru. Pada era digital yang semakin maju membuat kalangan pendidik berpikir untuk mengikuti arus perkembangan teknnologi yang sedang berkembang. Memanfaatkan teknologi yang sudah ada untuk dimanfaatkan sebagai salah satu penyelesaian masalah saat proses pembelajaran sangat dianjurkan. Media pembelajaran berbasis teknologi yaitu video semakin populer di lingkungan pendidikan karena kemampuannya untuk menarik perhatian siswa saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan video sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SDN Kranggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video sebagai media pembelajaran secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media video merupakan media yang sangat efektif digunakan pada saat pembelajaran, khususnya untuk siswa sekolah dasar yang membutuhkan banyak dukungan motivasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustini, H., Nugraha, R. G., & Hanifah, N. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Padlet ULIK (Ular Tangga Interaktif Kreatif) terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV. Journal of Education Research, 5(1), 807–814.

Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905

Fakhrurrazi. (2018). HAKIKAT PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF Oleh : Fakhrurrazi ∗ ABSTRAK. At-Tafkir, XI(1), 85–99.

Firmansyah, M., Masrun, M., & Yudha S, I. D. K. (2021). Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif. Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), 156–159. https://doi.org/10.29303/e-jep.v3i2.46

Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394.Men. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394.

Is, S. I. (2020). PEMANFAATAN MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTsN JAMBI TIMUR KOTA JAMBI. Jurnal Literasiologi, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v3i1.79

Lailan, A. (2024). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(7), 3257–3262. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i7.3115

Rahmawati, P. (2019). Pengembangan Picture Storybook Masa Penjajahan Portugis di Indonesia guna Meningkatkan Pemahaman Konsep Sejarah dan Semangat Kebangsaan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Lumbung Pustakan Universitas Negeri Yogyakarta, 15018, 1–23.

Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18

Wardani, N. W., Kusumaningsih, W., & Kusniati, S. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 134–140. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.389

Waruwu, L., Zebua, A. M., Lase, F. K., & Harefa, O. (2024). Evaluasi Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran di SMK: Tantangan, Peluang dan Solusi. Journal of Education Research, 5(3), 3790–3799. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1328

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Rakhma, S., Bagus P, A., & Tri W, M. (2024). Efektivitas Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa SD . Journal of Education Research, 5(4), 6552–6556. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1782

Issue

Section

Articles

Categories