The Utilization of Google Classroom As A Means of Blended Learning In 8th Graders English Learning SMPN 6 Tanjung Pinang
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.178Keywords:
Pengajaran Bahasa Inggris, Blended Learning, Google ClassroomAbstract
Penelitian ini mengkaji pemanfaatan Google Classroom sebagai metode pembelajaran berbasis web pada pelajaran Bahasa Inggris kelas delapan di SMP Negeri enam Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menganalisis masalah yang dihadapi guru dan siswa dalam menggunakan Google Classroom. Data dikumpulkan dari wawancara mendalam, kuesioner, dan observasi non partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa dalam menggunakan Google Classroom sangat baik. Dimensi penelitian pertama difokuskan pada kemudahan penggunaan, kemudahan mengunduh bahan ajar, dan tugas yang dikirim. Sekitar enam puluh delapan persen responden setuju bahwa Google Classroom bermanfaat bagi siswa kelas delapan sehingga meningkatkan produktivitas belajar. Dimensi kedua berfokus pada keefektifan Google Classroom, dengan empat puluh empat persen responden menyetujui kemudahan penggunaannya. Dimensi ketiga membahas kendala dalam penggunaan Google Classroom, antara lain masalah koneksi internet, kendala ketersediaan media, dan kemampuan siswa. dua puluh empat responden setuju tentang kendala koneksi jaringan, Dimensi keempat berfokus pada solusi terkait jaringan dan solusi kuota internet. Mayoritas responden setuju bahwa menemukan jaringan baru atau mencari bantuan dari sekolah atau orang tua dapat membantu mengatasi tantangan ini.
Downloads
References
(Herdiansyah, 2010) Wawancara, observasi, dan focus groups: Sebagai instrumen penggalian data kualitatif
(Saputri et al, 2022) The Utilization Of Google Classroom On Students ’ Self.
(Marbun & Sinaga, 2021) PemanfaatanAplikasi Google Classroom dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Mahasiswa Berbasis Daring di Masa Pandemik Covid-19
(Setyaningsih & Hidayat, 2021) PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Analisis Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa
(Irawan, 2022) Persepsi Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Daring Http://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium Menggunakan Platform Google Randy
(Proborini & Herawati, 2021) Google Classroom as a Distance Learning Tool during a Pandemic
(Endah Wulantina, 2019)Persepsi Peserta Didik terhadap Metode Blended Learning dengan Google Classroom
(Wahyuni et al., 2021) Analisis Penggunaan Google Classroom Pada MasaPandemi Covid – 19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa
(Dewi et al., 2017)ElSII Learning Model Based Local Wisdom To Improve Students' Problem Solving Skills and Scientific Communication
(Harjanto & Sumarni, 2019); Teacher's Experiences on The Use of Google Classroom 3rd English Language and Literature International Conference (ELLiC) :
(Hikmatiar et al., 2020), Pemanfaatan Learning Manegement System Berbasis Google Classroom Dalam Pembelajaran.
(Tinungki & Nurwahyu, 2020), The Implementation of Google Classroom as the E-Learning Platform for Teaching Non-Parametric Statistics during COVID-19 Pandemic in Indonesia.
(Adekola et al., 2017), Development of an institutional framework to guide transitions into enhanced blended learning in higher education.
(Artatiningsih, 2021), Penerapan Aplikasi Google Classroom dalam Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Kejuruan.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Muslim. Basyir, Andang Saehu, Lidwina Sri Ardiasih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).