The Utilization of Google Classroom As A Means of Blended Learning In 8th Graders English Learning SMPN 6 Tanjung Pinang

Authors

  • Muslim. Basyir English Graduate Program, Universitas Terbuka, Indonesia
  • Andang Saehu English Graduate Program, Universitas Terbuka, Indonesia
  • Lidwina Sri Ardiasih English Graduate Program, Universitas Terbuka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.178

Keywords:

Pengajaran Bahasa Inggris, Blended Learning, Google Classroom

Abstract

Penelitian ini mengkaji pemanfaatan Google Classroom sebagai metode pembelajaran berbasis web pada pelajaran Bahasa Inggris kelas 8 di SMP Negeri 6 Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menganalisis masalah yang dihadapi guru dan siswa dalam menggunakan Google Classroom. Data dikumpulkan dari wawancara mendalam, kuesioner, dan observasi non partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa dalam menggunakan Google Classroom sangat baik. Dimensi penelitian pertama difokuskan pada kemudahan penggunaan, kemudahan mengunduh bahan ajar, dan tugas yang dikirim. Sekitar 68% responden setuju bahwa Google Classroom bermanfaat bagi siswa kelas 8 sehingga meningkatkan produktivitas belajar. Dimensi kedua berfokus pada keefektifan Google Classroom, dengan 44% responden menyetujui kemudahan penggunaannya. Dimensi ketiga membahas kendala dalam penggunaan Google Classroom, antara lain masalah koneksi internet, kendala ketersediaan media, dan kemampuan siswa. 24 responden (47,1%) setuju tentang kendala koneksi jaringan, sedangkan 29,4% tidak setuju. Dimensi keempat berfokus pada solusi terkait jaringan dan solusi kuota internet. Mayoritas responden setuju bahwa menemukan jaringan baru atau mencari bantuan dari sekolah atau orang tua dapat membantu mengatasi tantangan ini.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

(Herdiansyah, 2010) Wawancara, observasi, dan focus groups: Sebagai instrumen penggalian data kualitatif

(Saputri et al, 2022) The Utilization Of Google Classroom On Students ’ Self.

(Marbun & Sinaga, 2021) PemanfaatanAplikasi Google Classroom dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Mahasiswa Berbasis Daring di Masa Pandemik Covid-19

(Setyaningsih & Hidayat, 2021) PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Analisis Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa

(Irawan, 2022) Persepsi Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Daring Http://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium Menggunakan Platform Google Randy

(Proborini & Herawati, 2021) Google Classroom as a Distance Learning Tool during a Pandemic

(Endah Wulantina, 2019)Persepsi Peserta Didik terhadap Metode Blended Learning dengan Google Classroom

(Wahyuni et al., 2021) Analisis Penggunaan Google Classroom Pada MasaPandemi Covid – 19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa

(Dewi et al., 2017)ElSII Learning Model Based Local Wisdom To Improve Students' Problem Solving Skills and Scientific Communication

https://9to5google.com/2014/08/12/google-classroom-now-available-to-all-apps-for-education-users-adds-collaboration-features.

(Harjanto & Sumarni, 2019); Teacher's Experiences on The Use of Google Classroom 3rd English Language and Literature International Conference (ELLiC) :

(Hikmatiar et al., 2020), Pemanfaatan Learning Manegement System Berbasis Google Classroom Dalam Pembelajaran.

(Tinungki & Nurwahyu, 2020), The Implementation of Google Classroom as the E-Learning Platform for Teaching Non-Parametric Statistics during COVID-19 Pandemic in Indonesia.

(Adekola et al., 2017), Development of an institutional framework to guide transitions into enhanced blended learning in higher education.

(Artatiningsih, 2021), Penerapan Aplikasi Google Classroom dalam Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Kejuruan.

Downloads

Published

2023-07-05

How to Cite

Basyir, M., Saehu, A., & Ardiasih, L. S. (2023). The Utilization of Google Classroom As A Means of Blended Learning In 8th Graders English Learning SMPN 6 Tanjung Pinang. Journal of Education Research, 4(3), 894–900. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.178

Issue

Section

Articles

Citation Check