Pengembangan LKPD Berbasis Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik pada Materi Bangun Datar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1767Keywords:
LKPD, Pengembangan, Scaffolding, Literasi Numerasi, Bangun DatarAbstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan LKPD berbasisi scaffolding untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik pada materi bangun datar yang valid, praktis, dan efektif karena kurangnya kemampuan literasi numerasi dan sumber belajar yang tersedia disekolah. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4- D. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validasi, analisis praktikalitas, analisis efektivitas. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa LKPD berbasis scaffolding untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi sisiwa pada meteri bangun datar telah valid, praktis, dan efektif. Hasil validasi LKPD berbasis scaffolding untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik pada meteri bangun datar adalah 77,38% dengan kategori valid. Hasil praktikalitas yang diperoleh dari angket respon peserta didik adalah 84,89% dengan kategori sangat valid. Sementara hasil efektivitas adalah 77,48% dengan kategori baik, oleh karena itu LKPD berbasisi scaffolding pada materi bangun datar efektif.
Downloads
References
A, M. (2021). Literasi Matematis dan Self-Efficacy Peserta didik Sekolah Menengah Atas Dengan Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematka.
Ab marisyah, f. (2019). pemikiran ki hadjar dewantara tentang pendidikan (Vol. 3).
Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Atana Sa'adah. (2021). Scaffolding Dalam Pembelajaran Trigonometri Berbantuan soal HOTS Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika.
Bulletin BNSP. (2007). Kapal Itu Bernama UN. Badan Standar Nasional Pendidikan, 2.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Desi pristiwanti, b. b. (2022). pengertian pendidikan. jurnal pendidikan dan konseling.
Dewanti, S. C. (2019). Analisis Literasi Matematis Ditinjau dari Kemampuan matematika Siswa MTs darul Hikmah Tahun Ajaran 2018/2019. repo.iain-tulungagung.ac.id. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/13380
Ekonawi, D W,. Astuti. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar.
Fajriyah, E. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/824
Friehat, R. H., & Al-Khresha, A. (2021). The Role of RAMP Initiative (Reading and Mathematics Project) in Raising the Level of Students in the Basic stage in Reading and Numeracy Skills. International Education Studies, 14(5), 109. https://doi.org/10.5539/ies.v14n5p109
Han, d. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta. kementerian pendidikan nasional.
Heriyadi, Ruli Charitas Indra Prahmana. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta didik Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (Vol. 9).
Hidayat. (2019). pengenbangan e-modul matematika untuk sd.
İlhan, A. (2021). The Impact of Game-Based, Modeling, and Collaborative Learning Methods on the Achievements, Motivations, and Visual Mathematical Literacy Perceptions. SAGE Open, 11(1). https://doi.org/10.1177/21582440211003567
Iswari, S. P. (2022). Pemberian Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Quantity. repository.uksw.edu. https://repository.uksw.edu/handle/123456789/24288
Jailani, J., Heri Retnawati, H. R., Wulandari, N. F., & Djidu, H. (2020). Mathematical Literacy Proficiency Development Based on Content, Context, and Process. Problems of Education in the 21st Century, 78(1), 80–101. https://doi.org/10.33225/pec/20.78.80
Kemdikbud. (2023). Peringkat Indonesia pada PISA 2022 Naik 5-6 Posisi Dibanding 2018. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/peringkat-indonesia-pada-pisa-2022-naik-56-posisi-dibanding-2018
Kebudayaan, k. d. (2017). Materi Pendukung Literasi. Jakarta.
Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta.
Kolar, V. M., & Hodnik, T. (2021). Mathematical literacy from the perspective of solving contextual problems. European Journal of Educational Research, 10(1), 467–483. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.1.467
Kusmaryono, Adi dkk. (2020). Strategi Scaffolding Pada Pembelajaran Matematika. Semarang: Unissula Press.
Miftah, R. N., & Setyaningsih, R. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Pada Materi Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2199. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5780
Nari, N., Khaidir, C., Gustituati, N., & Bentri, A. (2024). Analysis of the Implementation of the Independent Curriculum Program at the Middle School Level Through Mathematics Teaching Modules. 280–286. https://doi.org/10.5220/0012199700003738
Norshanty, Chairani. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik (LKS) Materi Lingkaran Berbasis Pembelajaran Guide Discovery Untuk Peserta didik SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika.
Nursakiah, N., Arriah, F., & Dharma, S. (2022). Developing mathematical literacy test with context of Bugis-Makassar local wisdom for junior high school students. Jurnal Elemen, 8(1), 16–28. https://doi.org/10.29408/jel.v8i1.4049
OECD. (2023). Is Education Losing the Race with Technology? https://app.dimensions.ai/details/publication/pub.1156581452
Ozgen, K. (2019). Problem-posing skills for mathematical literacy: The sample of teachers and pre-service teachers. Eurasian Journal of Educational Research, 2019(84), 179–214. https://doi.org/10.14689/ejer.2019.84.9
Pujiastuti, H., & Haryadi, R. (2023). Enhancing mathematical literacy ability through guided inquiry learning with augmented reality. Journal of Education and E-Learning Research, 10(1), 43–50. https://doi.org/10.20448/jeelr.v10i1.4338
Rezky, M., Hidayanto, E., & Parta, I. N. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Konteks Sosial Budaya Pada Topik Geometri Jenjang Smp. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1548. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4879
Safitri, A. S. (2023). Pembiasaan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Matematika di MA Al-Mahrusiyah. Griya Journal of Mathematics Education and …. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/article/view/339
Santika, A., & Khotimah, R. P. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Quantity Ditinjau Dari Self-Regulation. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/2359
Setiono, I., Susanta, A., & Muktadir, A. (2019). Pengaruh Strategi Polya terhadap Kemampuan Proses dalam Literasi Matematika Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V SD Negeri 68 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan …. https://ejournal.unib.ac.id/dikdas/article/download/8682/4182
Surya Ibrahim, S., Napfiah, S., & Budi Utomo, I. (2023). Studi Etnomatematika: Bangun Datar Pada Motif Seni Rumah Budaya Sumba. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(1), 102–111.
Unaenah, E., Hidyah, A., Aditya, A. M., Yolawati, N. N., Maghfiroh, N., Dewanti, R. R., Safitri, T., & Tangerang, U. M. (2020). Teori Brunner pada Konsep Bangun Datar Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 327–349. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Walida, A. K. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X Pada Materi Trigonometri Berdasar Pelevelan PISA. repository.unissula.ac.id. http://repository.unissula.ac.id/18952/
Winarni, S., Kumalasari, A., Marlina, M., & Rohati, R. (2021). Efektivitas Video Pembelajaran Matematika Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Numerasi Dan Digital Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 574. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3345
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nola Nari, Ainul Mardhiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).