Pengembangan LKPD Berbasis Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik pada Materi Bangun Datar

Authors

  • Nola Nari Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia
  • Ainul Mardhiyah Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1767

Keywords:

LKPD, Pengembangan, Scaffolding, Literasi Numerasi, Bangun Datar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan LKPD berbasisi scaffolding untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik pada materi bangun datar yang valid, praktis, dan efektif karena kurangnya kemampuan literasi numerasi dan sumber belajar yang tersedia disekolah. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4- D. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validasi, analisis praktikalitas, analisis efektivitas. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa LKPD berbasis scaffolding untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi sisiwa pada meteri bangun datar telah valid, praktis, dan efektif. Hasil validasi LKPD berbasis scaffolding untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik pada meteri bangun datar adalah 77,38% dengan kategori valid. Hasil praktikalitas yang diperoleh dari angket respon peserta didik adalah 84,89% dengan kategori sangat valid. Sementara hasil efektivitas adalah 77,48% dengan kategori baik, oleh karena itu LKPD berbasisi scaffolding pada materi bangun datar efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A, M. (2021). Literasi Matematis dan Self-Efficacy Peserta didik Sekolah Menengah Atas Dengan Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematka.

Ab marisyah, f. (2019). pemikiran ki hadjar dewantara tentang pendidikan (Vol. 3).

Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Atana Sa'adah. (2021). Scaffolding Dalam Pembelajaran Trigonometri Berbantuan soal HOTS Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika.

Bulletin BNSP. (2007). Kapal Itu Bernama UN. Badan Standar Nasional Pendidikan, 2.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Desi pristiwanti, b. b. (2022). pengertian pendidikan. jurnal pendidikan dan konseling.

Dewanti, S. C. (2019). Analisis Literasi Matematis Ditinjau dari Kemampuan matematika Siswa MTs darul Hikmah Tahun Ajaran 2018/2019. repo.iain-tulungagung.ac.id. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/13380

Ekonawi, D W,. Astuti. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar.

Fajriyah, E. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/824

Friehat, R. H., & Al-Khresha, A. (2021). The Role of RAMP Initiative (Reading and Mathematics Project) in Raising the Level of Students in the Basic stage in Reading and Numeracy Skills. International Education Studies, 14(5), 109. https://doi.org/10.5539/ies.v14n5p109

Han, d. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta. kementerian pendidikan nasional.

Heriyadi, Ruli Charitas Indra Prahmana. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta didik Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (Vol. 9).

Hidayat. (2019). pengenbangan e-modul matematika untuk sd.

İlhan, A. (2021). The Impact of Game-Based, Modeling, and Collaborative Learning Methods on the Achievements, Motivations, and Visual Mathematical Literacy Perceptions. SAGE Open, 11(1). https://doi.org/10.1177/21582440211003567

Iswari, S. P. (2022). Pemberian Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Quantity. repository.uksw.edu. https://repository.uksw.edu/handle/123456789/24288

Jailani, J., Heri Retnawati, H. R., Wulandari, N. F., & Djidu, H. (2020). Mathematical Literacy Proficiency Development Based on Content, Context, and Process. Problems of Education in the 21st Century, 78(1), 80–101. https://doi.org/10.33225/pec/20.78.80

Kemdikbud. (2023). Peringkat Indonesia pada PISA 2022 Naik 5-6 Posisi Dibanding 2018. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/peringkat-indonesia-pada-pisa-2022-naik-56-posisi-dibanding-2018

Kebudayaan, k. d. (2017). Materi Pendukung Literasi. Jakarta.

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta.

Kolar, V. M., & Hodnik, T. (2021). Mathematical literacy from the perspective of solving contextual problems. European Journal of Educational Research, 10(1), 467–483. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.1.467

Kusmaryono, Adi dkk. (2020). Strategi Scaffolding Pada Pembelajaran Matematika. Semarang: Unissula Press.

Miftah, R. N., & Setyaningsih, R. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Pada Materi Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2199. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5780

Nari, N., Khaidir, C., Gustituati, N., & Bentri, A. (2024). Analysis of the Implementation of the Independent Curriculum Program at the Middle School Level Through Mathematics Teaching Modules. 280–286. https://doi.org/10.5220/0012199700003738

Norshanty, Chairani. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik (LKS) Materi Lingkaran Berbasis Pembelajaran Guide Discovery Untuk Peserta didik SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika.

Nursakiah, N., Arriah, F., & Dharma, S. (2022). Developing mathematical literacy test with context of Bugis-Makassar local wisdom for junior high school students. Jurnal Elemen, 8(1), 16–28. https://doi.org/10.29408/jel.v8i1.4049

OECD. (2023). Is Education Losing the Race with Technology? https://app.dimensions.ai/details/publication/pub.1156581452

Ozgen, K. (2019). Problem-posing skills for mathematical literacy: The sample of teachers and pre-service teachers. Eurasian Journal of Educational Research, 2019(84), 179–214. https://doi.org/10.14689/ejer.2019.84.9

Pujiastuti, H., & Haryadi, R. (2023). Enhancing mathematical literacy ability through guided inquiry learning with augmented reality. Journal of Education and E-Learning Research, 10(1), 43–50. https://doi.org/10.20448/jeelr.v10i1.4338

Rezky, M., Hidayanto, E., & Parta, I. N. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Konteks Sosial Budaya Pada Topik Geometri Jenjang Smp. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1548. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4879

Safitri, A. S. (2023). Pembiasaan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Matematika di MA Al-Mahrusiyah. Griya Journal of Mathematics Education and …. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/article/view/339

Santika, A., & Khotimah, R. P. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Quantity Ditinjau Dari Self-Regulation. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/2359

Setiono, I., Susanta, A., & Muktadir, A. (2019). Pengaruh Strategi Polya terhadap Kemampuan Proses dalam Literasi Matematika Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V SD Negeri 68 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan …. https://ejournal.unib.ac.id/dikdas/article/download/8682/4182

Surya Ibrahim, S., Napfiah, S., & Budi Utomo, I. (2023). Studi Etnomatematika: Bangun Datar Pada Motif Seni Rumah Budaya Sumba. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(1), 102–111.

Unaenah, E., Hidyah, A., Aditya, A. M., Yolawati, N. N., Maghfiroh, N., Dewanti, R. R., Safitri, T., & Tangerang, U. M. (2020). Teori Brunner pada Konsep Bangun Datar Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 327–349. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Walida, A. K. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X Pada Materi Trigonometri Berdasar Pelevelan PISA. repository.unissula.ac.id. http://repository.unissula.ac.id/18952/

Winarni, S., Kumalasari, A., Marlina, M., & Rohati, R. (2021). Efektivitas Video Pembelajaran Matematika Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Numerasi Dan Digital Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 574. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3345

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Nari, N., & Mardhiyah, A. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik pada Materi Bangun Datar. Journal of Education Research, 5(4), 6893–6904. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1767

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check