Penerapan Metode Tsaqifa pada Program Tahsin pada Masyarakat Desa Eka Rasmi Gang Pipa Medan Johor
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1763Keywords:
Penerapan Metode Tsaqifa, Program TahsinAbstract
Adanya murid yang lumayan banyak dalam menggunakan metode iqro tentunya membutuhkan waktu yang lama untuk mempelajarinya.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode Tsaqifa dalam program tahsin di Desa Eka Rasmi, Gang Pipa, Kecamatan Medan Johor. Metode Tsaqifa merupakan salah satu metode pembelajaran Al-Qur'an yang mengutamakan pembenahan bacaan dan pelafalan dengan fokus pada tajwid dan makhraj. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Tsaqifa pada program tahsin mampu meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an masyarakat secara signifikan, terutama dalam aspek ketepatan tajwid dan kefasihan bacaan. Selain itu, program ini juga berperan dalam memperkuat nilai-nilai keagamaan dan solidaritas sosial di kalangan peserta. Kendala yang dihadapi dalam penerapan metode ini antara lain adalah keterbatasan waktu peserta dan kebutuhan akan pendampingan lebih intensif. Namun, antusiasme masyarakat terhadap program tahsin cukup tinggi, sehingga program ini diharapkan dapat terus berkembang dan menjadi model pembelajaran Al-Qur'an yang efektif di lingkungan tersebut.
Downloads
References
Alfaridzi, M. A., Jafitri, K., & Purwanti, O. (2019). Implementation of Religious Character Education in Students Through Tahfidz Qur’an Activities With Tsaqifa Method in Muhammadiyah Vocational High School 3 Surakarta. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 16(2), 33–54. https://doi.org/10.24239/jsi.v16i2.564.33-54
Adriansyah, V. (2024). Penerapan Metode Utsmani dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran di Lembaga Utsmani Rejang Lebong. Institut Agama Islam Negeri Curup.
Anwar, A., & Mardiana, M. (2022). Hubungan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Baubau. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 4(2), 185–199. https://doi.org/10.31605/ijes.v4i2.1330
Aulia, F. M., Sudarma, M., & Suyadnya, I. M. A. (2019). Pemanfaatan Instant Messaging Untuk Aplikasi Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Dengan Metode Tsaqifa. SINTECH (Science and Information Technology) Journal, 1(2), 25. https://doi.org/10.31598/sintechjournal.v2i1.301
Fauziyah, F., & Alfani, M. (2023). Living Hadis: Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Pada Masyarakat Lansia. Al-Jadwa Jurnal Studi Islam, 03(02), 139–155. https://doi.org/10.38073/aljadwa.v3i2.1524
Hakim, A. N. (2022). Penerapan Metode Tsaqifa Pengentasan Buta Al-Quran Pada Jamaah Masjid At-Taqwa Perumahan Griya Bilurejo, Gondangrejo, Karanganyar. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Hasnah, N., & Muliati, I. (2022). Penerapan Metode Iqra’ dalam Pembelajaran Membaca Alquran. An-Nuha, 2(1), 110. https://doi.org/10.24036/annuha.v2i1.161
Joni, R., Rahman, A., & Yanuarti, E. (2020). Strategi Guru Agama Desa dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’a Warga Desa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 3(1), 56. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i1.1289
Kamelia, S. K., Hairiyah, & Susilowati, I. T. (2023). Peran Guru TPA Siti Aisyah dalam Mengatasi Buta Aksara Al-Qur ’ an Terhadap Wanita Lanjut Usia Dusun Mangir Sendangsari Pajangan Bantul. Literasi, XV(3), 173–180.
Moloeng. (2018). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.
Muafiah, A. Fi. (2019). Penerapan Metode Tsaqifa Dengan Metode Kooperatif Pada Pengajaran Baca Al-Quran Kelompok Pengajian Muslimah Dusun Pokoh Desa Wonoboyo Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri. Αγαη, 8(5), 55
Nashir, H. M. J., Suparman, F., Fira, Q. F., Istiqomah, F., & Muzdalifah, W. (2023). Penerapan Metode Tsaqifa Dalam Kerampilan Membaca Al-Quran Di Desa Sepat, Sregan. Al Hazia Journal of Community Service, 2(1), 6.
Perangin-angin, R. B. (2022). Akibat Penggunaan Metode Tsaqifa Terhadap Kemampuan Membaca Alquran Pada Mata Pelajaran Alquran Di SMP Rahmat Islamiyah Medan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (JIMPAI), 2(5), 387–396. http://jurnalmahasiswa.umsu.ac.id/index.php/jimpai/article/view/1856
Rajagukguk, S. R. J., Tumanggor, S., Malau, J. G., & Turnip, H. (2023). Pentingnya Pemerhatian Sarana dan Prasarana bagi Pendidikan di Sekolah yang Terpencil. PEDIAQU: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(1), 204–215. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/76
Saprun, & Mappanyompa. (2020). Penerapan Metode Tsaqifa Dalam Pembelajaran Al Quran Di Rumah Tahsin Desa Gegutu Kacang Kecamatan Rembiga. Ibtida’iy : Jurnal Prodi PGMI, 5(2), 13. https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v5i2.3689
Setiawan, A., Sawitri, D., & Suswati, E. (2019). Pengaruh Minat dan Lingkungan Belajar terhadap Kesiapan Belajar Dimediasi oleh Motivasi Belajar Dyah Sawitri 2) Endang Suswati 3). Jurnal Psikologi, 6(2), 94–113.
Syafifah, N. L. (2022). Problematika Dalam Pembelajaran Tajwid Di SMP Muhammadiyah 7 Medan. 2, 377–386.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nur Afni, Abdul Rahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).