Penerapan Metode Tsaqifa pada Program Tahsin pada Masyarakat Desa Eka Rasmi Gang Pipa Medan Johor

Authors

  • Nur Afni Pendidikan Agama Islam,Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara,Indonesia, Indonesia
  • Abdul Rahman (1) Pendidikan Agama Islam,Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara,Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1763

Keywords:

Penerapan Metode Tsaqifa, Program Tahsin

Abstract

Adanya murid yang lumayan banyak dalam menggunakan metode iqro tentunya membutuhkan waktu yang lama untuk mempelajarinya.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode Tsaqifa dalam program tahsin di Desa Eka Rasmi, Gang Pipa, Kecamatan Medan Johor. Metode Tsaqifa merupakan salah satu metode pembelajaran Al-Qur'an yang mengutamakan pembenahan bacaan dan pelafalan dengan fokus pada tajwid dan makhraj. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Tsaqifa pada program tahsin mampu meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an masyarakat secara signifikan, terutama dalam aspek ketepatan tajwid dan kefasihan bacaan. Selain itu, program ini juga berperan dalam memperkuat nilai-nilai keagamaan dan solidaritas sosial di kalangan peserta. Kendala yang dihadapi dalam penerapan metode ini antara lain adalah keterbatasan waktu peserta dan kebutuhan akan pendampingan lebih intensif. Namun, antusiasme masyarakat terhadap program tahsin cukup tinggi, sehingga program ini diharapkan dapat terus berkembang dan menjadi model pembelajaran Al-Qur'an yang efektif di lingkungan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfaridzi, M. A., Jafitri, K., & Purwanti, O. (2019). Implementation of Religious Character Education in Students Through Tahfidz Qur’an Activities With Tsaqifa Method in Muhammadiyah Vocational High School 3 Surakarta. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 16(2), 33–54. https://doi.org/10.24239/jsi.v16i2.564.33-54

Adriansyah, V. (2024). Penerapan Metode Utsmani dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran di Lembaga Utsmani Rejang Lebong. Institut Agama Islam Negeri Curup.

Anwar, A., & Mardiana, M. (2022). Hubungan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Baubau. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 4(2), 185–199. https://doi.org/10.31605/ijes.v4i2.1330

Aulia, F. M., Sudarma, M., & Suyadnya, I. M. A. (2019). Pemanfaatan Instant Messaging Untuk Aplikasi Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Dengan Metode Tsaqifa. SINTECH (Science and Information Technology) Journal, 1(2), 25. https://doi.org/10.31598/sintechjournal.v2i1.301

Fauziyah, F., & Alfani, M. (2023). Living Hadis: Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Pada Masyarakat Lansia. Al-Jadwa Jurnal Studi Islam, 03(02), 139–155. https://doi.org/10.38073/aljadwa.v3i2.1524

Hakim, A. N. (2022). Penerapan Metode Tsaqifa Pengentasan Buta Al-Quran Pada Jamaah Masjid At-Taqwa Perumahan Griya Bilurejo, Gondangrejo, Karanganyar. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hasnah, N., & Muliati, I. (2022). Penerapan Metode Iqra’ dalam Pembelajaran Membaca Alquran. An-Nuha, 2(1), 110. https://doi.org/10.24036/annuha.v2i1.161

Joni, R., Rahman, A., & Yanuarti, E. (2020). Strategi Guru Agama Desa dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’a Warga Desa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 3(1), 56. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i1.1289

Kamelia, S. K., Hairiyah, & Susilowati, I. T. (2023). Peran Guru TPA Siti Aisyah dalam Mengatasi Buta Aksara Al-Qur ’ an Terhadap Wanita Lanjut Usia Dusun Mangir Sendangsari Pajangan Bantul. Literasi, XV(3), 173–180.

Moloeng. (2018). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.

Muafiah, A. Fi. (2019). Penerapan Metode Tsaqifa Dengan Metode Kooperatif Pada Pengajaran Baca Al-Quran Kelompok Pengajian Muslimah Dusun Pokoh Desa Wonoboyo Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri. Αγαη, 8(5), 55

Nashir, H. M. J., Suparman, F., Fira, Q. F., Istiqomah, F., & Muzdalifah, W. (2023). Penerapan Metode Tsaqifa Dalam Kerampilan Membaca Al-Quran Di Desa Sepat, Sregan. Al Hazia Journal of Community Service, 2(1), 6.

Perangin-angin, R. B. (2022). Akibat Penggunaan Metode Tsaqifa Terhadap Kemampuan Membaca Alquran Pada Mata Pelajaran Alquran Di SMP Rahmat Islamiyah Medan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (JIMPAI), 2(5), 387–396. http://jurnalmahasiswa.umsu.ac.id/index.php/jimpai/article/view/1856

Rajagukguk, S. R. J., Tumanggor, S., Malau, J. G., & Turnip, H. (2023). Pentingnya Pemerhatian Sarana dan Prasarana bagi Pendidikan di Sekolah yang Terpencil. PEDIAQU: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(1), 204–215. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/76

Saprun, & Mappanyompa. (2020). Penerapan Metode Tsaqifa Dalam Pembelajaran Al Quran Di Rumah Tahsin Desa Gegutu Kacang Kecamatan Rembiga. Ibtida’iy : Jurnal Prodi PGMI, 5(2), 13. https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v5i2.3689

Setiawan, A., Sawitri, D., & Suswati, E. (2019). Pengaruh Minat dan Lingkungan Belajar terhadap Kesiapan Belajar Dimediasi oleh Motivasi Belajar Dyah Sawitri 2) Endang Suswati 3). Jurnal Psikologi, 6(2), 94–113.

Syafifah, N. L. (2022). Problematika Dalam Pembelajaran Tajwid Di SMP Muhammadiyah 7 Medan. 2, 377–386.

Downloads

Published

2024-10-25

How to Cite

Afni, N., & Rahman, A. (2024). Penerapan Metode Tsaqifa pada Program Tahsin pada Masyarakat Desa Eka Rasmi Gang Pipa Medan Johor. Journal of Education Research, 5(4), 5103–5108. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1763

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check