Analyzing the Teacher's Central Role in Effort to Realize Quality Character Education

Authors

  • Ruty Jacoba Kapoh Universitas Negeri Manado
  • Petrus Jacob Pattiasina Universitas Pattimura Ambon
  • Merlyn Rutumalessy Universitas Pattimura Ambon
  • Marlen Wariunsora Institut Agama Kristen Negeri Ambon
  • Novita Tabelessy Universitas Pattimura Ambon
  • I Gusti Ngurah Santika Universitas Dwijendra

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.176

Abstract

Berbagai kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan karakter, nampaknya masih memiliki kekurangan yang sangat mendasar. Kekurangannya adalah pada implementasi pendidikan karakter yang memposisikan peran guru sangat kecil. Padahal, sebaik apapun kebijakan Pemerintah dalam bidang pendidikan karakter, tidak mungkin berjalan dengan baik tanpa adanya dukungan dan peran guru yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran peran sentral dalam upaya mewujudkan pendidikan karakter yang berkualitas (sebuah kajian literatur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa peran sentral guru dalam mewujudkan pendidikan karakter yang berkualitas dilakukan melalui pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran, guru berperan sebagai model dan teladan bagi peserta didiknya. Peran sentral guru sebagai model dan teladan dapat dilihat dari pembelajaran yang di dalamnya menginternalisasikan dan menyisipkan nilai-nilai karakter pada diri siswa, seperti: kejujuran, rendah hati, terbuka, mau belajar, disiplin, tanggung jawab, dan adil.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Petrus Jacob Pattiasina, Universitas Pattimura Ambon

Sebagai dosen tetap di Universitas Pattimura Ambon

Merlyn Rutumalessy, Universitas Pattimura Ambon

Sebagai dosen tetap di Universitas Pattimura Ambon

Marlen Wariunsora, Institut Agama Kristen Negeri Ambon

Sebagai dosen tetap di Institut Agama Kristen Negeri Ambon

Novita Tabelessy, Universitas Pattimura Ambon

Sebagai dosen tetap di Universitas Pattimura Ambon

I Gusti Ngurah Santika, Universitas Dwijendra

Sebagai dosen tetap di Universitas Dwijendra

References

Abidin, Y. (2012). Model Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Beroreintasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 0(2), 164–178. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.1301

Abidin, Y. (2016). Pembelajaran Menulis Dalam Gamitan Pendidikan Karakter. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(1). https://doi.org/10.17509/eh.v4i1.2823

Althof, W., & Berkowitz, M. W. (2006). Moral education and character education: Their relationship and roles in citizenship education. Journal of Moral Education, 35(4), 495–518. https://doi.org/10.1080/03057240601012204

Andriani, A. (2016). the Position of Pancasila Value on Civics Study in the Formation of Character Nation Karakter Bangsa. Civicus, 20(2). ejournal.upi.edu

Apriyanti, N. (2020). Analisis Evaluasi Pembelajaran Daring Berorientasi pada Karakter Siswa. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar "Transformasi Pendidikan Menyogsong SDM Di Era Society 5.0 ".

Ariandy, M. (2019). Kebijakan kurikulum dan dinamika penguatan pendidikan karakter di indonesia. 3(2), 137–168.

Awaru, A. O. T. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Berbasis Multikultural Di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-Ilmu Sosial, 2, 221–230.

Bjeki, D., & Milo, D. (2010). Teacher Education From E-Learner To E-Teacher : Master. In TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology (Vol. 9, Issue 1).

Cahyani, R. P., Irianto, A., & Yustisia, V. (2020). Pembentukan Karakter Mandiri Melalui Pembelajaran Tematik di SDN Kebondalem Mojosari. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(3), 236–244. http://103.114.35.30/index.php/didaktis/article/view/4789

Choli, I. (2020). Problematika Pendidikan Karakter Pendidikan Tinggi. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 55–66. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v3i1.831

Davies, I., Gorard, S., & Mcguinn, N. (2005). Citizenship education and character education: Similarities and contrasts. British Journal of Educational Studies, 53(3), 341–358. https://doi.org/10.1111/j.1467-8527.2005.00299.x

Desfandi, M. (2015). Mewujudkan Masyarakat Berkarakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 2(1), 31–37. https://doi.org/10.15408/sd.v2i1.1661

Dewi, E. R. (2020). Hubungan Media Sosial dalam Pembentukan Karakter Anak. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 41–49. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.586

Duman, B. (2010). Correlation between the graduate-students’ perception of educational philosophies and their democratic attitudes. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 5830–5834. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.951

English, F. W., & Kaufman, R. A. (2011). Needs Assessment: A Focus for Curriculum Development. Association for Supervision and Curriculum Development. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED107619.pdf

Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1225

Flores, M. A. (2016). Teacher Education Curriculum. In International Handbook of Teacher Education (Vol. 5, Issue 3, pp. 187–230). Springer Press.

Guntur, M., & Aslinda. (2016). Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter Pengaruh Globalisasi. 231–238.

Harris, J. H. (2004). Character Education in America’s Schools. Religious Education, 14(1), 139–150. https://doi.org/10.1080/0034408300250308

Hasan, S. H. (2012). Pendidikan Sejarah untuk Memperkuat Pendidikan Karakter. Paramita: Historical Studies Journal, 22(1), 81–95.

Hidayah, A. R., Hediyati, D., & Setianingsih, S. W. (2018). Penanaman Nilai Kejujuran Melalui Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Dengan Teknik Modeling. Penguatan Karakter Bangsa Melalui Inovasi Di Era Digital, 1(1), 109–114. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/893/573

Hinton, J. (1974). Talking with People about to Die. British Medical Journal, 3(5922), 25–27. https://doi.org/10.1136/bmj.3.5922.25

Kandari, & Afandi. (2021). Guru Sebagai Model dan Teladan Dalam Meningkatkan Moralitas Siswa. Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v13i2.643

Khatimah, H., Kartika, I. M., & Santika, I. G. N. (2022). Pengaruh Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Sikap Sosial Pada Siswa. Widya Accarya, 13(2), 127–132. https://doi.org/10.46650/wa.13.2.1266.127-132

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, D. A., Gandi, S., Muin, A., Tajeri, Fakhrudin, A., Hamdani, & Suprapno. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. CV. Literasi Nusantara Abadi. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Kosim, M. (2011). Urgensi pendidikan karakter. Karsa, IXI(1), 85–92.

Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 41–49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71

Lickona, T., Schaps, E., & Lewis, C. (1996). Eleven Principles of Effective Character Educationa. Journal of Moral Education, 25(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1080/0305724960250110

Maryati, I., & Priatna, N. (2018). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Matematika Melalui Pembelajaran Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 333–344. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.322

Matiisen, T., & Schulman, J. (2017). Teacher-Student Curriculum Learning. Deep Reinforcement Learning Symposium, 1–15.

Maulida, M., Wati, M., & An’nur, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter Dalam Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1), 11. https://doi.org/10.20527/bipf.v3i1.760

Mustaqim, M. (2015). Model Pendidikan Karakter Terintegrasi Pada Pembelajaran Di Pendidikan Dasar. Elementary, 10(2).

Nasrudin, Herdiana, I., & Nazudi, N. (2015). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Berdasarkan Sifat Fitrah Manusia. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(3), 264–271. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.5631

Nugrahani, F. (2017). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edudikara, 2(2), 113–124.

Octavia, E., & Sumanto, I. (2018). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 2(2), 20–30. http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/20-30

Octavita, R. A. I., & Saraswati, R. (2017). Integrasi Pendidikan Berkarakter Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Terapan Abdimas, 2, 33. https://doi.org/10.25273/jta.v2i0.974

Pedersen, S. (2003). Teachers ’ Beliefs about Issues in the Implementation of a Student-Centered Learning Environment. ETR&D, 51(2), 57–76. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/BF02504526

Pertiwi, R., Suchyadi, Y., . S., & Handayani, R. (2019). Implementasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 01 Kota Bogor. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 41–46. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.994

Peterson, A. (2020). Character education, the individual and the political. Journal of Moral Education, 49(2), 143–157. https://doi.org/10.1080/03057240.2019.1653270

Phenice, L. A., & Griffore, R. J. (2003). Young Children and the Natural World. Contemporary Issues in Early Childhood, 4(2), 167–171. https://doi.org/10.2304/ciec.2003.4.2.6

Raden, I., & Lampung, I. (2015). Penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar 190. 2, 190–204.

Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 16(3). https://doi.org/10.30651/else.v3i2.3011

Safitri, A. R., Anggraini, D. M., Mujahida, S. H., & Muhyatun, M. (2021). Peran pendidikan karakter dalam penggunaan media sosial bagi remaja. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 143–148. https://doi.org/10.30998/ocim.v1i2.5846

Santika, I. G. N. (2019). Pendidikan Karakter: Studi Kasus Peranan Keluarga Terhadap Pembentukan Karakter Anak Ibu Sunah Di Tanjung Benoa. Widya Accarya, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.46650/wa.10.1.864.%25p

Santika, I. G. N. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9(2), 369–377.

Santika, I. G. N. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan: Problematika Hasil Perubahan UUD 1945 Secara Konseptual. In CV. Global Aksara P ers (Issue 1). Global Aksara Pers.

Santika, I. G. N., Kartika, I. M., Ayu, I. G., & Darwati, M. (2021). Reviewing The Handling Of Covid-19 In Indonesia In The Perspective Of The Pancasila Element Theory ( TEP ). Jurnal Etika Demokrasi (JED), 6(2), 40–51. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jed.v6i2.5272

Santika, I. G. N., Kartika, I. M., & Wahyuni, N. W. R. (2019). Pendidikan karakter: studi kasus peranan keluarga terhadap pembentukan karakter anak Ibu Sunah di Tanjung Benoa. Widya Accarya, 10(1).

Santika, I. G. N., Rindawan, I. K., & Sujana, I. G. (2018). Memperkuat Pancasila Melalui Pergub No. 79 Tahun 2018 Dalam Menanggulangi Pengikisan Budaya Di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Inovasi Dalam Penelitian Sains, Teknologi Dan Humaniora-InoBali, 79, 981–990.

Santika, I. G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Analisis Perubahan Kurikulum Ditinjau Dari Kurikulum Sebagai Suatu Ide. Jurnal Education and Development, 10(3), 694–700. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3690

Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar melalui pembelajaran ipa. Jurnal Education and Development, 10(1), 207–212. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v10i1.3382

Santika, I. G. N., & Sudiana, I. N. (2021). Insersi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Ditinjau dari Perspektif Teoretis. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 464–472. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.42052

Santika, I. G. N., Sujana, I. G., Kartika, I. M., & Suastika, I. N. (2022). Alur Pemikiran Finalisasi Pancasila dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(3), 552-561.

Sari, R. I. (2020). Analisis sikap toleransi belajar IPA siswa sekolah menengah pertama Analysis of the tolerance attitudes of junior high school students. 13(2), 120–128.

Simarmata, H. D. (2018). Pendidikan Karakter melalui Metode Refleksi. Jurnal Pendidikan Penabur, 17.

Swarniti, N. W. (2020). Fenomena Morfologi pada Berita-Berita di CNN Indonesia Mengenai Covid-19: Kajian Linguistik. In COVID-19 Perspektif Susastra dan Filsafat (p. 93). Yayasan Kita Menulis.

Swarniti, N. W. (2021a). A Corpus Based Approach to the Analysis of Structures in Prepositional Phrase. Yavana Bhasha: Journal of English Language Education, 4(1), 18–22.

Swarniti, N. W. (2021b). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 133–144.

Wahyuni, N. P. S. W., Widiastuti, N. L. G. K., & Santika, I. G. N. (2022). IMPLEMENTASI METODE EXAMPLES NON EXAMPLES DALAM PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 50–61. https://doi.org/https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.633

Wangid, M. N. (2018). Peran Konselor Dalam Pendidikan Karakter. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 1(1), 35–46. https://doi.org/10.24042/kons.v1i1.313

Downloads

Published

2023-04-10

How to Cite

Kapoh, R. J., Pattiasina, P. J., Rutumalessy, M., Wariunsora, M., Tabelessy, N., & Santika, I. G. N. (2023). Analyzing the Teacher’s Central Role in Effort to Realize Quality Character Education . Journal of Education Research, 4(2), 452–459. https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.176

Issue

Section

Articles