Analyzing the Teacher's Central Role in Effort to Realize Quality Character Education
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.176Abstract
Berbagai kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan karakter, nampaknya masih memiliki kekurangan yang sangat mendasar. Kekurangannya adalah pada implementasi pendidikan karakter yang memposisikan peran guru sangat kecil. Padahal, sebaik apapun kebijakan Pemerintah dalam bidang pendidikan karakter, tidak mungkin berjalan dengan baik tanpa adanya dukungan dan peran guru yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran peran sentral dalam upaya mewujudkan pendidikan karakter yang berkualitas sebuah kajian literatur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa peran sentral guru dalam mewujudkan pendidikan karakter yang berkualitas dilakukan melalui pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran, guru berperan sebagai model dan teladan bagi peserta didiknya. Peran sentral guru sebagai model dan teladan dapat dilihat dari pembelajaran yang di dalamnya menginternalisasikan dan menyisipkan nilai-nilai karakter pada diri siswa, seperti: kejujuran, rendah hati, terbuka, mau belajar, disiplin, tanggung jawab, dan adil.
Downloads
References
Abidin, Y. (2012). Model Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Beroreintasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 0(2), 164–178. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.1301
Abidin, Y. (2016). Pembelajaran Menulis Dalam Gamitan Pendidikan Karakter. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(1). https://doi.org/10.17509/eh.v4i1.2823
Althof, W., & Berkowitz, M. W. (2006). Moral education and character education: Their relationship and roles in citizenship education. Journal of Moral Education, 35(4), 495–518. https://doi.org/10.1080/03057240601012204
Andriani, A. (2016). the Position of Pancasila Value on Civics Study in the Formation of Character Nation Karakter Bangsa. Civicus, 20(2). ejournal.upi.edu
Apriyanti, N. (2020). Analisis Evaluasi Pembelajaran Daring Berorientasi pada Karakter Siswa. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar "Transformasi Pendidikan Menyogsong SDM Di Era Society 5.0 ".
Ariandy, M. (2019). Kebijakan kurikulum dan dinamika penguatan pendidikan karakter di indonesia. 3(2), 137–168.
Awaru, A. O. T. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Berbasis Multikultural Di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-Ilmu Sosial, 2, 221–230.
Bjeki, D., & Milo, D. (2010). Teacher Education From E-Learner To E-Teacher : Master. In TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology (Vol. 9, Issue 1).
Cahyani, R. P., Irianto, A., & Yustisia, V. (2020). Pembentukan Karakter Mandiri Melalui Pembelajaran Tematik di SDN Kebondalem Mojosari. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(3), 236–244. http://103.114.35.30/index.php/didaktis/article/view/4789
Choli, I. (2020). Problematika Pendidikan Karakter Pendidikan Tinggi. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 55–66. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v3i1.831
Davies, I., Gorard, S., & Mcguinn, N. (2005). Citizenship education and character education: Similarities and contrasts. British Journal of Educational Studies, 53(3), 341–358. https://doi.org/10.1111/j.1467-8527.2005.00299.x
Desfandi, M. (2015). Mewujudkan Masyarakat Berkarakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 2(1), 31–37. https://doi.org/10.15408/sd.v2i1.1661
Dewi, E. R. (2020). Hubungan Media Sosial dalam Pembentukan Karakter Anak. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 41–49. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.586
Duman, B. (2010). Correlation between the graduate-students’ perception of educational philosophies and their democratic attitudes. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 5830–5834. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.951
English, F. W., & Kaufman, R. A. (2011). Needs Assessment: A Focus for Curriculum Development. Association for Supervision and Curriculum Development. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED107619.pdf
Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1225
Flores, M. A. (2016). Teacher Education Curriculum. In International Handbook of Teacher Education (Vol. 5, Issue 3, pp. 187–230). Springer Press.
Guntur, M., & Aslinda. (2016). Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter Pengaruh Globalisasi. 231–238.
Harris, J. H. (2004). Character Education in America’s Schools. Religious Education, 14(1), 139–150. https://doi.org/10.1080/0034408300250308
Hasan, S. H. (2012). Pendidikan Sejarah untuk Memperkuat Pendidikan Karakter. Paramita: Historical Studies Journal, 22(1), 81–95.
Hidayah, A. R., Hediyati, D., & Setianingsih, S. W. (2018). Penanaman Nilai Kejujuran Melalui Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Dengan Teknik Modeling. Penguatan Karakter Bangsa Melalui Inovasi Di Era Digital, 1(1), 109–114. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/893/573
Hinton, J. (1974). Talking with People about to Die. British Medical Journal, 3(5922), 25–27. https://doi.org/10.1136/bmj.3.5922.25
Kandari, & Afandi. (2021). Guru Sebagai Model dan Teladan Dalam Meningkatkan Moralitas Siswa. Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v13i2.643
Khatimah, H., Kartika, I. M., & Santika, I. G. N. (2022). Pengaruh Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Sikap Sosial Pada Siswa. Widya Accarya, 13(2), 127–132. https://doi.org/10.46650/wa.13.2.1266.127-132
Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, D. A., Gandi, S., Muin, A., Tajeri, Fakhrudin, A., Hamdani, & Suprapno. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. CV. Literasi Nusantara Abadi. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Kosim, M. (2011). Urgensi pendidikan karakter. Karsa, IXI(1), 85–92.
Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 41–49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71
Lickona, T., Schaps, E., & Lewis, C. (1996). Eleven Principles of Effective Character Educationa. Journal of Moral Education, 25(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1080/0305724960250110
Maryati, I., & Priatna, N. (2018). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Matematika Melalui Pembelajaran Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 333–344. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.322
Matiisen, T., & Schulman, J. (2017). Teacher-Student Curriculum Learning. Deep Reinforcement Learning Symposium, 1–15.
Maulida, M., Wati, M., & An’nur, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter Dalam Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1), 11. https://doi.org/10.20527/bipf.v3i1.760
Mustaqim, M. (2015). Model Pendidikan Karakter Terintegrasi Pada Pembelajaran Di Pendidikan Dasar. Elementary, 10(2).
Nasrudin, Herdiana, I., & Nazudi, N. (2015). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Berdasarkan Sifat Fitrah Manusia. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(3), 264–271. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.5631
Nugrahani, F. (2017). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edudikara, 2(2), 113–124.
Octavia, E., & Sumanto, I. (2018). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 2(2), 20–30. http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/20-30
Octavita, R. A. I., & Saraswati, R. (2017). Integrasi Pendidikan Berkarakter Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Terapan Abdimas, 2, 33. https://doi.org/10.25273/jta.v2i0.974
Pedersen, S. (2003). Teachers ’ Beliefs about Issues in the Implementation of a Student-Centered Learning Environment. ETR&D, 51(2), 57–76. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/BF02504526
Pertiwi, R., Suchyadi, Y., . S., & Handayani, R. (2019). Implementasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 01 Kota Bogor. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 41–46. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.994
Peterson, A. (2020). Character education, the individual and the political. Journal of Moral Education, 49(2), 143–157. https://doi.org/10.1080/03057240.2019.1653270
Phenice, L. A., & Griffore, R. J. (2003). Young Children and the Natural World. Contemporary Issues in Early Childhood, 4(2), 167–171. https://doi.org/10.2304/ciec.2003.4.2.6
Raden, I., & Lampung, I. (2015). Penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar 190. 2, 190–204.
Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 16(3). https://doi.org/10.30651/else.v3i2.3011
Safitri, A. R., Anggraini, D. M., Mujahida, S. H., & Muhyatun, M. (2021). Peran pendidikan karakter dalam penggunaan media sosial bagi remaja. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 143–148. https://doi.org/10.30998/ocim.v1i2.5846
Santika, I. G. N. (2019). Pendidikan Karakter: Studi Kasus Peranan Keluarga Terhadap Pembentukan Karakter Anak Ibu Sunah Di Tanjung Benoa. Widya Accarya, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.46650/wa.10.1.864.%25p
Santika, I. G. N. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9(2), 369–377.
Santika, I. G. N. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan: Problematika Hasil Perubahan UUD 1945 Secara Konseptual. In CV. Global Aksara P ers (Issue 1). Global Aksara Pers.
Santika, I. G. N., Kartika, I. M., Ayu, I. G., & Darwati, M. (2021). Reviewing The Handling Of Covid-19 In Indonesia In The Perspective Of The Pancasila Element Theory ( TEP ). Jurnal Etika Demokrasi (JED), 6(2), 40–51. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jed.v6i2.5272
Santika, I. G. N., Kartika, I. M., & Wahyuni, N. W. R. (2019). Pendidikan karakter: studi kasus peranan keluarga terhadap pembentukan karakter anak Ibu Sunah di Tanjung Benoa. Widya Accarya, 10(1).
Santika, I. G. N., Rindawan, I. K., & Sujana, I. G. (2018). Memperkuat Pancasila Melalui Pergub No. 79 Tahun 2018 Dalam Menanggulangi Pengikisan Budaya Di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Inovasi Dalam Penelitian Sains, Teknologi Dan Humaniora-InoBali, 79, 981–990.
Santika, I. G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Analisis Perubahan Kurikulum Ditinjau Dari Kurikulum Sebagai Suatu Ide. Jurnal Education and Development, 10(3), 694–700. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3690
Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar melalui pembelajaran ipa. Jurnal Education and Development, 10(1), 207–212. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v10i1.3382
Santika, I. G. N., & Sudiana, I. N. (2021). Insersi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Ditinjau dari Perspektif Teoretis. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 464–472. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.42052
Santika, I. G. N., Sujana, I. G., Kartika, I. M., & Suastika, I. N. (2022). Alur Pemikiran Finalisasi Pancasila dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(3), 552-561.
Sari, R. I. (2020). Analisis sikap toleransi belajar IPA siswa sekolah menengah pertama Analysis of the tolerance attitudes of junior high school students. 13(2), 120–128.
Simarmata, H. D. (2018). Pendidikan Karakter melalui Metode Refleksi. Jurnal Pendidikan Penabur, 17.
Swarniti, N. W. (2020). Fenomena Morfologi pada Berita-Berita di CNN Indonesia Mengenai Covid-19: Kajian Linguistik. In COVID-19 Perspektif Susastra dan Filsafat (p. 93). Yayasan Kita Menulis.
Swarniti, N. W. (2021a). A Corpus Based Approach to the Analysis of Structures in Prepositional Phrase. Yavana Bhasha: Journal of English Language Education, 4(1), 18–22.
Swarniti, N. W. (2021b). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 133–144.
Wahyuni, N. P. S. W., Widiastuti, N. L. G. K., & Santika, I. G. N. (2022). IMPLEMENTASI METODE EXAMPLES NON EXAMPLES DALAM PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 50–61. https://doi.org/https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.633
Wangid, M. N. (2018). Peran Konselor Dalam Pendidikan Karakter. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 1(1), 35–46. https://doi.org/10.24042/kons.v1i1.313
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Ruty Jacoba Kapoh, Petrus Jacob Pattiasina, Merlyn Rutumalessy, Marlen Wariunsora, Novita Tabelessy, I Gusti Ngurah Santika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).