Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Usap Abur Kelompok A di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Jajag

Authors

  • Pranitasari Pranitasari Pendidikan Guru Pendidik Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Choirun Nisak Aulina Pendidikan Guru Pendidik Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1754

Keywords:

Usap abur, Motorik halus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menstimulasi perkembangan motorik halus anak agar siap menulis di kelompok A TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek 19 anak dari kelompok A. Desain penelitian melibatkan empat langkah: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan usap abur berdampak positif dan signifikan dalam meningkatkan stimulasi motorik halus anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, M. (2023). Usap Abur Membuat Motorik Anak Usia Dini Tidak Kabur. Pendidikan Tambusai, 7(1), 2949–2954.

Gidion, H. (2020). The Importance of Measuring Fine Motor Skill in Early Children’s Education. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 426(23), 313–319. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200331.160

Indrijati, H. (2016). Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini (1st ed.). Prenada Media Group.

Kholilah, I., & Mayar, F. (2023). Pengaruh Kegiatan Usap Abur terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2235–2244. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4392

Kurniawati, F. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Usap Abur Di TK Hubbulwattan Duri. Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 1(1), 117–136.

Mujiwati, Amalia, R., & Joni. (2023). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai Dengan Teknik Usap Abur. Pendidikan Tuntas, 1(4), 147–155.

Nasihuddin, A. (2016). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Melipat dengan Berbagai Media pada Anak Kelompok B3 di TK ABA Karangmalang. Pendidikan Anak Usia Dini, 8(5), 847–855.

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian (R. Sikumbang (ed.); 10th ed.). Ghalia Indonesia.

Nuryani, W. (2019). Hubungan antara Kegiatan Usap Abur dengan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Pendidikan Raudhatul Athfal, 2(2), 65–73.

Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas (1st ed.). Deepublish.

Revormis, R., & Saridewi, S. (2022). Teacher’s Strategies in Developing 5-6 Years Old Kindergarteners’ Fine Motor Skills: A Study in Pesisir Selatan, West Sumatra, Indonesia. GENIUS Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(1), 43–54. https://doi.org/10.35719/gns.v3i1.81

Risaldy, S. (2015). Manajemen Pengelolaan Sekolah Usia Dini (2nd ed.). Luxima.

Rosalianisa, R., Purwoko, B., & Nurchayati, N. (2023). Analysis of Early Childhood Fine Motor Skills Through the Application of Learning Media. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 4(3), 309–328. https://doi.org/10.46245/ijorer.v4i3.307

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif (3rd ed.). Alfabeta.

Suryana, D. (2016). Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Prenada Media.

Susanto, H. S. (2024). the Influence of Modified One-Hole Game Media in Improving Fine Motor Skills in Early Childhood. Sportske Nauke i Zdravlje, 14(5), 151–156. https://doi.org/10.7251/SSH24V151S

Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory (Masbur (ed.)). FTK Ar-Raniry Press.

Wati, M., Pabunga, D. B., & Aisyah. (2020). Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menggambar Dengan Teknik Usap Abur. Amal Pendidikan, 1(3), 274–286.

Downloads

Published

2024-10-30

How to Cite

Pranitasari, P., & Aulina, C. N. (2024). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Usap Abur Kelompok A di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Jajag. Journal of Education Research, 5(4), 5119–5127. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1754

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check