Perilaku Konsumtif terhadap Belanja Online pada Pelajar di SMAS Arrahman Medan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1750Keywords:
Perilaku Konsumtif, Belanja OnlineAbstract
Sangat banyak perilaku konsumtif yang ditemukan di masyarakat, baik di seluruh Indonesia tanpa membatasi usia, maupun di kalangan remaja, yang mendorong penelitian ini. Kehidupan remaja sekarang telah mengenal gaya hidup modern. Hal ini dapat dilihat dari cara remaja mengenakan pakaian dan barang bermerek setiap hari. Remaja modern biasanya tertarik untuk membeli barang atau produk secara teratur, memilih yang terbaik dan terutama yang terbaru. Dengan munculnya globalisasi dan perubahan ekonomi, perilaku membeli remaja juga berubah. Mereka kadang-kadang membeli barang hanya untuk kesenangan daripada kebutuhan sebenarnya, menyebabkan boros. Jadi, remaja modern dikategorikan sebagai konsumtif dalam hal ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana perilaku konsumtif pelajar di SMAS Arraman Medan berkembang terkait dengan belanja online. Penelitian ini menggunakan metode survei dan wawancara untuk mengumpulkan informasi tentang tingkat konsumtif siswa di SMA Arrahman Medan dan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif mereka. Penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku konsumtif di kalangan pelajar SMAS Arrahman Medan cukup tinggi, terutama terkait belanja online. Mayoritas pelajar, yaitu 95%, telah mengenal belanja online, dan 65% di antaranya aktif melakukan pembelian secara online. Faktor pendorong utama perilaku konsumtif ini adalah adanya diskon, diikuti oleh keinginan untuk mengikuti tren dan promosi dari figur idola. Kebiasaan ini mengindikasikan potensi risiko bagi manajemen keuangan pelajar, yang dapat memicu masalah finansial di masa mendatang.
Downloads
References
Adingnityas, R. A., Sunaryanto, H., Nopianti, H. 2018. Perilaki Konsumtif Pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA): Studi Kasus di Restoran Siap Saji Panties Pizza, Kota Bengkulu. Jurnal Sosiologi Nusantara. Vol 4(1). 1-9.
Agustina.R, M. Zainudin, & Ali Mujahidin. PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN TINGKAT PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA. JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA.
Azizah., Aswad. 2022. Pengaruh Belanja Online Pada E-commerce Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Millenial di Blitar. Jurnal Cendikia Ilmiah. Vol 1(4).
Khaidarsyah, S., & Haruna, H. (2021). The Effect Of Lifestyle And SelfConcept On Consumptive Behavior In Students Of The Department Of Economics Education Stkip Pembangunan Indonesian Makassar. Jurnal Administrare: Jurnal Pemikiran Ilmiah Dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(2), 359–368.
Khan. 2006. Tindak Perilaku Komsumtif Dikalangan Masyarakat. Jakarta. CV. Media Jaya.
Melinda.dkk. 2022. Perilaku Konsumtif Dan Kehidupan Sosial Ekonomi Mahasiswa Rantau (Studi Kasus Mahasiswa Toraja Di Universitas Sam Ratulangi Manado). Jurnal Ilmiah Society. Vol 2(1).
Purwakti Ratih dkk. 2023. Analisis Perilaku Konsumtif Terhadap Belanja Online sebagai Kebutuhan ataukah Gaya Hidup. Jurnal Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah. Vol 6(2).
Salomon, M.R.2013. Perilaku Komsumtif Masyarakat. Jurnal pendidikan ekonomi uin. Vol (4).
Zahra, D. R., & Anoraga, P. (2021). The Influence Of Lifestyle, Financial Literacy, And Social Demographics On Consumptive Behavior. Journal Of Asian Finance, Economics And Business, https://Doi.Org/10.13106/Jafeb.2021. Vol8.No2.1033
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Pami Jeciou Purba, Ahcmad Yuhdi, Febina Maharani Br Tarigan, Windi Dwi Ningsih, Yosika Silaen, Vika Maria Sagala

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).